Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas VIII

Isnaniah Isnaniah, Festiyed Festiyed, Yuni Ahda

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi belum tersedianya perangkat pembelajaran fisika yang sesuai dengan tuntutan KTSP dan karakteristik siswa, yaitu mampu menciptakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dan menguji validitas, praktikalitas, efektifitasnya, dan untuk mengetahui peningkatan  kompetensi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development) menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (disseminate). Pada tahap define menetapkan danmendefenisikan syarat-syarat pembelajaran yaitu analisis kurikulum KTSP 2006 mata pelajaran fisika, analisis siswa dan analisis konsep. Tahap design menyiapkan perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, Modul, LKS dan penilaian). Tahap development melakukan validitas, praktikalitas, dan efektivitas perangkat pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran fisika yang diuji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan oleh pakar, praktisi dan siswa, menyatakan bahwa silabus, RPP, modul, LKS dan lembar penilaian sangat valid, praktis dan efektif. Presentase nilai rata-rata validasi silabus, RPP, modul, LKS dan penilaian adalah 83.7%. dengan kategori sangat valid. Rata-rata angket kepraktisan perangkat pembelajaran oleh guru 96% dan siswa83.5% dengan kategori produk yang dikembangkan sangat praktis. Pengolahan penilaian efektivitas perangkat pembelajaran dapat diketahui dari analisis aktivitas siswa dan guru, rata-rata persentase aktivitas siswa dari keempat pertemuan yaitu 86.5 % dan rata-rata aktivitas guru adalah 86.8 %.Rata-rata nilai siswa VIII.B padaranah kognitif 74.09, ranah afektif 77.8 dan ranah psikomotor adalah 80.84. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif ketika digunakan dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kompetensi siswa.

Keywords


Pembelajaran fisika, Contextual Teaching and Learning (CTL), Kompetensi Siswa

References


Anwar, syarif. 2009. Penilaian Berbasis Kompetensi. Padang: UNP Press

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmadi, Abu. 1998. Psikologi Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Beni, Yotris. 2009. Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis CTL unutk materi plantae diSMA kelas X semester II. Padang: Pps UNP.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan IPA SMP dan MTs, Fisika SMA dan MA. Jakarta: Dirjen Dikti

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Depdikbud. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Elniati Sri. 2007. Pengembagan Perangkat Matematika Berorientasi Konstruktivisme. Jurnal Guru No.1, Vol. 4, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang.

Hakim, Lukmanul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Hartono,Yusuf. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pokok Bahasan Turunan Di Man 3 Palembang. Tesis tidak diterbitkan. Palebang program pasca sarjana universitas sriwijaya.

Mailfi, Dini. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Ctl Berbasis Imtaq. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pasca Sarjana.

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual (CTL) Dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Permendiknas No 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Riduan. 2009. Belajar Mudah Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Gravindo.

Rochmad. 2011 . Model Pengembangan Perangkat Matematika. Diambil dari http://www.scribd.com/doc/78603233/Desain-Model-an pada 31 Maret 2012.

Sanjaya, wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Soenarto. 2005. Metodologi Penelitian Pengembangan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran (Research Method The Improvement of Instruction Methodology). Makalah 1-4 Agustus di Denpasar. PPTK dan KPT Depdiknas.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2007. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Trisyanto. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif. Diambil Dari http://trisdyanto-pembelajaran-mat.blogspot.Com. pada 31 Maret 2012.

Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakata: Depdiknas

Van den Akker J. 1999. Principles and Methods of Development Research. Pada J. van den Akker, R.Branch, K. Gustafson, Nieven, dan T. Plomp (eds), Design Approaches and Tools in Education and Training (pp. 1-14). Dortrech: Kluwer Academic Publishers




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id