Pengembangan Media Pembelajaran Game "Abn Intel's Science Missions" Berbasis Borland Delphi 7 pada Materi Listrik Statis untuk Siswa Kelas IX SMP

Cahya Meirita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa game “An Intel’s Science Missions” berbasis Borland Delphi 7 pada materi listrik statis untuk siswa kelas IX SMP yang valid. Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan sebagai solusi dari kesulitan belajar IPA akibat pelajaran IPA yang abstrak serta kurangnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis (Analyse), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation). Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi yang diberikan kepada tiga orang validator. Teknik analisis data yaitu dengan cara menghitung skor penilaian validasi dengan menggunakan indeks validitas formula Aiken’s V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran game “An Intel’s Science Missions” berbasis Borland Delphi 7 pada materi listrik statis untuk siswa kelas IX SMP yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dari aspek yang divalidasi meliputi aspek kelayakan desain, aspek kelayakan pedagogi, aspek kelayakan konten, dan aspek kelayakan teknikal dengan indeks validitas Aiken’s V sebesar 0,88.


Keywords


Media pembelajaran Game "An intel's Science Missions; borland delphi 7; listrik statis

References


Adita, A., Badukusuma, A., & Risnani, L. Y. (2017). Analisis Kebutuhan Game Edukasi MIPA. Jurnal BOEDUKATIKA, 5(2), 86-91.

Andreas, A., & Suyono. (2016). Dasar Pemrograman Delphi. Yogyakarta: ANDI.

Depdikbud. (1992). Materi Latihan Kerja Guru PMP SLTP. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas.

Dinatha, N. M. (2017). Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2), 214-223.

Grafinger, D.J. (1998). Basics of Instructional Systems Development. Alexandria: American Society for Training and Development.

Haya, F. D., Waskito, S., & Fauzi, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Gasik (Game Fisika Asik) untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 11-14.

Kuswardayan, I., Nikensasi, P., & Sunaryo, D. (2012), Rancang Bangun Permainan Edukasi Matematika dan Fisika dengan Memanfaatkan Accelerometer dan Physics Engine Box2d pada Android. Jurnal Teknik ITS, 1(1), 255-260.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Munadi, Y (2013). Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: REFRENSI.

Rahman, M. J. A., Ismail, M. A. H., Nasir, M. (2014). Development and Evaluation of the Effectiveness of Computer-Assisted Physichs Instruction. International Education Studies 7(13), 14-22.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Samsul, S. H. (2016). Game Edukasi Cepat tepat Dengan Metode Finite State Machine (Fsm) pada Smartphone. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sunaryo, Y. & Fatimah, A. T. (2018). Implementasi Pendekatan kontekstual pada Model Pembelajaran Scaffolding. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(2), 87-96.

Wahyuni. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VII SMP Negeri 4 Terbanggi Besar. Jurnal Sains dan Teknologi 1(1), 19-26.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id