IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19

Siti Mukroni

Abstract


Berdasarkan pengamatan sementara di SMA Negeri 2 Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi, ditemukan fenomena antara lain; Adanya sebagian guru yang belum melengkapi perangkat pembelajarannya, seperti Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan sebagainya. Adanya sebagian guru yang tidak menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditentukan, hal ini terlihat adanya guru yang meninggalkan sekolah ketika jam mengajar. Kurangnya inisiatif guru dalam mengembangkan model atau metode pembelajaran yang lebih menarik bagi anak. Kurangnya kreatifitas guru dalam penyediaan media dan sumber belajar yang bervariasi, termasuk menggunakan aplikasi pembelajaran online. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) berlokasi di SMA Negeri 2 Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi, yang ditujukan pada guru-guru. Adapun alasan  utamanya adalah dari hasil pengamatan dan  informasi dari guru, bahwa kinerja guru pada masa pandemi tergolong kurang. Tempat penelitian adalah di SMA Negeri 2 Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret 2021. Jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 26 orang guru. Dari uraian pengolahan data dan pembahasan didapatkan kesimpulan bahwa kinerja guru didapatkan pada siklus I sebesar 60% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 91% dengan kategori baik. Artinya bahwa Kegiatan Supervisi dapat Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 2 Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi dikatakan berhasil.


Keywords


supervisi akademik, kinerja

References


Arikunto,S., Suhardjono, S., & Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dahniar, D. (2021). Utilizing Gadget Based Internet Approach during the Pandemic to Improve Students’ Bahasa Indonesia Learning Outcomes at Grade IV of SD Negeri 10 Bagan Punak Kecamatan Bangko. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5(5), 1514-1520. DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i5.8551.

Fatmawati, N., Riyanto, Y., & Setyowati, Rr. N. (2021). The Effect of Information Technology Based Flipped Classroom Learning Model on the Creativity and Learning Outcomes of Civic Education at Grade IV of SDN Bligo. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5(5), 1443-1460. DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i5.8462.

Jawardi, J. (2021). Training by Using Zoom Meeting to Improve Teaching Skills at SDN 017 Sungai Gantang. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5(5), 1434-1442. DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i5.8488.

Kamaruddin, K. (2021). Increasing Teachers' Capabilities in Online Learning by Using Whatsapp during the Pandemic at SDN 18 Bengkalis. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5(5), 1490-1496. DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i5.8521.

Kurniawan, M. F., Sutiah, S., & Purwaningtyas, E. K. (2021). The Effect of Audio Visual Media, Parents’ Participation, and Learning Motivation during the Covid-19 Pandemic on Learning Achievement. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (5), 1118-1131. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i5.8386.

Nurjanah, M., & Prastowo, A. (2021). Utilizing Youtube as a Material for ICT Learning at Elementary School during the Covid-19 Pandemic. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume10 (5), 1132-1141. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i5.8412

Novianti, R., Puspitasari, E., & Maria, I. (2021). Parents’ Involvement in Children's Learning Activities during the Covid-19 Pandemic. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5(2), 384-390. DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i2.8220.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id