ANALISIS FAKTOR PENENTU KUALITAS PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI PERGURUAN TINGGI

Icha Yolanda, Suarman Suarman, Gani Haryana

Abstract


Pembelajaran dalam jaringan (daring) sebenarnya sudah menjadi bagian dari salah satu alternatif proses pembelajaran di perguruan tinggi sejak era 90-an. Dan sejak tahun 2020 telah terjadi pandemic covid-19 mengakibatkan semua Perguruan Tinggi melaksanakan pembelajaran daring ini. Hanya saja dalam pelaksanaannya menimbulkan banyak permasalahan baik dari Dosen maupun dari mahasiswa itu sendiri. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang menentukan berkualitas atau tidaknya pembelajaran dilaksanakan. Oleh karena itu penelitian dala artikel ini bertujuan untuk menganalisis faktor penentu dan pengaruhnya terhadap kualitas pembelajaran daring. Penelitian tersebut menggunakan responden sebanyak 133 mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Riau yang dipilih secara random. Data dikumpulkan melalui angket dengan memanfaatkan google form, dan selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan analisis statistik menggunakan Chi-square. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa ternyata sebahagian besar respoonden menyatakan bahwa kualitas pembelajaran daring yang dilaksanakan sudah terlaksana secara baik sesuai dengan kriteria pembelajaran daring. Selanjutnya bila dilihat dari faktor penentu kualitas pembelajaran daring tersebut ternyata sebahagian besar responden menyatakan baik dari faktor sarana dan prasarana, faktor dari dosen dan faktor dari mahasiswa ternyata secara analisis diskriptif telah memadai dan sesuai dengan yang diharapkan. Akhirnya setelah dilakukan analisis statistik ternyata juga ketiga faktor tersebut mempunyai pengaruh terhadap kualitas pembelajaran daring. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa berkualitas atau tidaknya pembelajaran daring yang dilaksanakan sangat terganturng kepada ketersediaan sarana dan prasarana baik yang disediakan oleh Perguruan Tinggi maupun oleh mahasiswa itu sendiri. Selain itu faktor dosen yang memiliki kualifikasi dan kompetensi serta faktor dari mahasiswa terutama berkaitan dengan semangat dan keterampilan belajarnya, literasi teknologi, dan komunikasi serta berkolaborasi juga menentukan kualitas pembelajaran daring tersebut. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran daring di Perguruan Tinggi, diperlukan sarana & prasarana yang mendukung terutama fasilitas jaringan dan LMS, serta peningkatan kompetensi dosen agar dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tuntutan abad 21 dan RI 4.0, serta peningkatan ketrampilan mahasiswa dalam belajar daring ini.


Keywords


faktor penentu, kualitas pembelajaran daring, persepsi, dosen, mahasiswa

References


Ali, W. (2020). Online and Remote Learning in Higher Education Institute: A Necessity in Light of COVID-19 Pandemic. Higher Education Studies. 2(3), 10-30.

Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Prenadamedia Group.

Ariani, D. 2018. Komponen Pengembangan E-Learning. Jurnal Pembelajaran Inovatif. 1(9), 50-70.

Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education: A Case Study in Peking University. Human Behavior and Emerging Technologies. 2(2), 110-123.

Budhianto, B. (2020). Analisis perkembangan dan faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran daring (e-learning). Jurnal AgriWidya, 1(1), 11-21.

C. L. Dillon and C. N. Gunawardena. (2019). “A framework for the evaluation of telecommunications-based distance education,” in Selected papers from the 17th World Congress of the International Council for Distance Education.

D. E. Leidner and S. L. Jarvenpaa. (2018). “The information age confronts education: Case studies on electronic classrooms,” Inf. Syst. Res.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 1-10.

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of Covid-19 Crisis. Journal of Educational Technology System, 2(1), 20-50.

Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika. 5(1), 12-35.

Khanifah, N. I. (2017). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri Se Kecamatan Seputih Raman Lampung Tengah. Tesis. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I.,& Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1), 56– 60.

Puspaningtyas, Nicky Dwi dan Putri Sukma Dewi. 2020. Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 703-712.

Rinaza, A. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Perkembangan Hewan DimasaPandemi Covid-19. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

Rusli, M., Dadang, H., dan Supuwiningsih, N. N. (2017). Multimedia Pembelajaran yang Inovatif . Yogyakarta: CV Andi Offset.

Siddik, M., & Nastion, A. (2018). Perancangan Aplikasi Push Notification Berbasis Android. Jurteksi, 1(1), 50-70.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.

Supriyanto, W., & Iswandari, R. (2017). Kecenderungan Sivitas Akademika dalam Memilih Sumber Referensi untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Perguruan Tinggi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 38-79.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan COVID-19 Pada Satuan Pendidikan. Jakarta.

Ulfa, M., & Puspaningtyas, N. D. 2020. The Effectiveness of Blended Learning Using A Learning System in Network (SPADA) in Understanding of Mathematical Concept. Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 47–60.

Wang, Y., Wang, H., & Shee, D. (2007). Measuring e-learning systems success in an Organizational context: Scale development and validation. Computers in Human Behavior, 23(4), 1792-1808.

Waruwu, M. (2020). Studi Evaluatif Implementasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 288-295.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id