PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN SIKAP INOVATIF KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI

Agustiani Agustiani, Suarman Suarman, Azhar Azhar

Abstract


Artikel ini membahas bagaimana mengetahui iklim organisasi dan  sikap inovatif kepala sekolah  baik secara simultan  maupun secara parsial terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bagan Sinembah Rokan Hilir. Penelitian ini menggunakan rancangan non eksperimen atau ex post. Penelitian ini meliputi populasi sebanyak 191 guru dan sampel sebanyak 129 guru. Data kinerja guru diperoleh dari dokumentasi berupa nilai Capaian Kinerja Guru, sedangkan data variabel iklim organisasi dan sikap inovatif kepala sekolah diperoleh dengan cara menggunakan angket menggunakan skala likert (skala lima). Untuk melihat validitas dan reliabilitasnya, instrumen dilakukan uji coba terlebih dahulu dan butir-butir yang valid dan reliabel saja yang digunakan dalam penelitian ini. Data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana/berganda, uji korelasi pearson, uji signifikasi, uji t/F dan uji besarnya pengaruh melalui model summary. Berdasarkan hasil dari pengujian tersebut, didapatkan hahwa kedua variabel yaitu iklim organisasi dan sikap inovatif kepala sekolah baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh secara signifikan dengan kontribusi sebesar 62.10% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti yaitu kepemimpinan, pengetahuan guru, kepribadian guru, dedikasi, dan pengembangan profesi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kinerja guru tersebut akan semakin baik dan meningkat apabila didukung oleh adanya iklim organisasi yang kondusif dan juga perlunya sikap inovatif dari kepala sekolah.


Keywords


iklim, organisasi, kinerja, guru, inovatif

References


Alam, S. B. 2020. Pengaruh Sikap Inovatif Guru dan Kedisipinan Guru terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di Gugus SD Inpres Tala-tala Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Tesis. Universitas Muhammdiyah Makassar.

Emda, A. 2016. Strategi Peningkatan Kinerja Guru Yang Professional. Jurnal Lantanida. 4(2) : 111-117.

Fortunately, R., Asmendri dan M. Haviz.2019. Pengaruh Iklim Organisasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Pariangan. Jurnal Al-Fikrah. 7(2) : 87-96.

Iqbal, M. 2019. Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Loyalitas Kinerja Karyawan PT. Cendana Tehnika Utama Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Janah, R., Z. Akbar dan E. Yetti. 2020. Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru PAUD di Kota Depok. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(1): 234-239.

Robirodia, Z. I. J. 2016. Pengaruh Kompensasi Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Non PNS Madrasah Aliyah. Jurnal Administrasi Pendidikan. 23 (1) : 12-25.

Siregar, M. 2021. Pengaruh Manajemen Kinerja Terhadap Perilaku Karyawan Pada PT. POS Indonesia Rantau Prapat. Jurnal Ilmiah Kohesi. 5(1): 126-139.

Situmorang, B. 2012. Pengaruh Perilaku Inovatif Dan Kepemimpinan Pembelajaran Terhadap Kepuasan Kerja Kepala SMP di Medan. Jurnal Kajian dan Pendidikan Dasar. 1(2): 26-41.

Sobirin. 2017. Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Pustakawan Universitas Gadjah Mada. Sangkakala. Yogyakarta.

Tjandra, E. A., dan S. R. Tjandra. 2013. Hubungan Antara Kompenen Kognitif, Komponen Afektif Dan Komponen Prilaku Terhadap Sikap Konsumen Memanfaatkan Teknologi Internet. Jurnal Manajemen. 17(1) : 42-52.

Wachidah, N. 2019. Pengaruh Sikap Inovatif, Kedisiplinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri. Journal of Education Evaluation Studies (JEES). 1(1): 57-63.

West, M. A. 2010. Develoving Creativity in Organizations. Kanisius. Yogyakarta.

Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja. Rajawali Press. Jakarta.

Wirawan. 2017. Teori Kepemimpinan Pengantar untuk Praktek dan Penelitian. Yayasan Bangun Indonesia dan UHAMKA Press. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id