ANALISIS KEBUTUHAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TERHADAP MODUL ELEKTRONIK MENULIS TEKS IKLAN BERBASIS FLIP BOOK

Charlina Charlina, Elvrin Septyanti, Tria Putri Mustika, Fitriyanti Fitriyanti

Abstract


Penelitian ini merupakan tahapan dalam pengembangan modul elektronik menulis teks iklan berbasis flip book untuk sekolah menengah pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan siswa dalam menulis teks iklan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Penelitian ini menggunakan skala likert untuk mengukur sikap, pendapat, dan atau persepsi siswa terhadap modul elektronik yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibuat dalam bentuk checklist dengan rentang penilaian 1 sampai 5. Kuesioner yang disusun ditujukan kepada siswa di empat SMP/MTs sederajat di kabupaten Bengkalis. Teknik pengambilan sampel ini berdasarkan kuota sampling yang ditentukan oleh peneliti. Teknik analisis data dilakukan dengan mengubah nilai kategori menjadi skor penilaian dan menganalisis skor tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 66.5% siswa kesulitan dalam memahami materi teks iklan dan 80.1% siswa menginginkan materi menulis teks iklan disampaikan dengan  media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan inovatif, dan 87.1% siswa menginginkan media pembelajaran menulis teks iklan yang memudahkannya belajar secara mandiri. Hal ini menunjukkan perlunya penyusunan modul elektronik untuk menulis teks iklan berbasis flip book.


Keywords


modul elektronik, menulis teks iklan

References


Daryanto & Aris D. C. (2014). Pengembangan Perangkat Belajar. Yogyakarta : Gava Media.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Gunawan, D. (2010). Modul Pembelajaran Interaktif Elektronika Dasar untuk Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Menggunakan Macromedia Flash 8. Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal KomuniTi, 2 (1), 20-35.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E- Modul. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Kosasih. (2014). Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyadi, D., & Udi. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Ipa di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4 (4): 296–301.

Nugraha, A., Subarkah, C. Z., & Sari. (2015). Penggunaan E-modul Pembelajaran pada Konsep Sifat Koligatif Larutan untuk Mengembangkan Literasi Kimia Siswa. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan PembelajaranSains, 201-204.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8 (1), 11-35.

Sugianto, D., dkk. (2013). Modul Virtual : “Multimedia Flipbook Teknik Dasar Digital”. Jurnal INVOTEC. 11(22), 50-65.

Swastika, D. D. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Terintegrasi Keislaman Mata Kuliah Botani Tumbuhan Tinggi Materi Angiospermae Kelas Liliopsida. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.

Widi, R. K. (2009). Asas Metodologi Penelitian. Edisi pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id