PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENEGAH PERTAMA

Rosmawaty Rosmawaty, Muh Yahya, Andi Syukriani, Elpisah Elpisah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, yang bertujuan untuk mengetahui: 1) kepemimpinan kepala sekolah , 2) tingkat motivasi guru, 3) tingkat kinerja guru. Populasi penelitian seluruh guru SMPN 14 Tanralili Maros sebanyak 23 orang. Pengambilan sampel mengunakan metode (sampling jenuh), maka sempel berjumlah 23 orang. Pengumpulan data melalui penyebaran angket, dokumentasi. Analisis data mengunak analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja guru, dimana nilai t hitung >t tabel (6.292 > 2.086), 2) motivasi guru berpengaruhan positif secara signifikan terhadap kinerja guru, dimana nilai t hitung >t tabel (7.236 > 2.086), 3) kepemimpinan kepala sekolah motivasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMPN 14 Tanralili Maros, kontribusinya sebesar 89.4 %. Disimpulkan bahwa kepemipinan kepala sekolah motivasi guru berpengaruh positif secara signifikan terhadap peningkatan kinerja guru SMPN 14 Tanralili Maros.


Keywords


kepemimpinan, motivasi, pemicah masalah, kinerja guru

References


Addin, F. N., Taufik, M., Kejora, B., & Kosim, A. (2020). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru di madrasah aliyah ghoyatul jihad kabupaten karawang. JURNAL IDAARAH, IV(2), 153–166.

Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Profesionalisme Guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 10–17.

Asiah, N., Tiro, M. A., Apriyanti, E., Ekonomi, P., & Education, J. (2021). Strategi kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru di smks yapta takalar. Jurnal Education and Development, 9(4), 211–217.

Asmara., & Indahingwati, R. A. H. (2020). Pengaruh kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru mi tarbiyatus syarifah. SPIRIT PRO PATRIA (E-Journal), 6(1), 36–50.

Ginting, R. (2020). Fungsi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 88–92. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/409/230

Gofur, M. A., Sundari, S., & Kustiari, T. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja UMKM Kuliner di Kabupaten Jember Melalui Learning organization Sebagai Variabel Intervening. Jurnal AGRINIKA, 5(2), 129–137.

Harefa, D. (2020). Pengaruh Persepsi Guru Ipa Fisika Atas Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma. Jurnal Education and Development, 8(3), 112–117.

Hasan Baharun. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, Vol. 01 No. 01 Januari-Juni 2015, 01(01), 39.

Hidayat, A. (2020). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Di Gugus Ii Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Revolusi Indonesia, 1(1), 1–12.

Hutagalung, D., Asbari, M., Fayzhall, M., Ariyanto, E., & Agistiawati, E. (2020). Peran Religiusitas , Kepemimpinan Transformasional , Kepuasan Kerja dan Mediasi Organizational Citizenship Behavior terhadap Kinerja Guru. Journal Education, Psychology and Counseling, 2, 311–326.

Kadek, N., Oktaviani, W., & Putra, M. (2021). Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(April), 294–302.

Mubarok, H., & Hikam, S. M. A. A.-. (2020). Principal Leadership (Kepemimpinan Kepala Sekolah). Journal Staima-Alhikam, 1(2), 174–183.

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Senjaya, P., Hadi, A. H., Andriyani, Y., & Harapan, U. P. (2020). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar dengan Keterlibatan Kerja dan Budaya Organisasi sebagai Mediator. Journal Education, Psychology and Counseling, 2.

Rahmah, P. L. (2020). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja dan Lingkungan Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 18 Medan. Jurnal Ilmiah Research, 5(1), 1–15.

Rita Hayati, Yasir Arafat, A. P. S. (2020). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 100–111.

Rosyadi, I. (2020). Pengaruh stres kerja , motivasi kerja, pelatihan kerja terhadap kinerja guru. Indonesian Journal Of Strategic Management, 3(1), 1–5.

Rukmana, I. J. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Smp Bina Bangsa Di Tangerang. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(3), 376–383.

Sanglah, I. N. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 528–534.

Setya, N. L. G., Gst, U. I., & Oka, A. (2021). Kontribusi Budaya Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 168–178.

Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Jurnal Manjemen Pendidikan Isla, 5(2), 157–179. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557

Wele, W. (2021). Upaya Peningkatan Kinerja Guru Melalui Teknik Lesson Study Secara Kolaboratif dan Rutin Di TKK Ade Irma Mataloko Kabupaten Ngada. Jurnal Pendidikan & Budaya Warta Pendidikan, 58(5), 15–22.

Yogi Irfan Rosyadi, P. (2015). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP 1 Cilawu Garut. Jurnal Akuntabilitas Menejemen Pendidikan, 3(1), 437–444.

Yuliansyah, M., Jarkawi, Herman, M., & Junaidy. (2021). Strategi Pemimpin Dalam Mendorong Kinerja Guru Sman 8 Kota Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(03), 437–444.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id