ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI PREFERENSI METODE PEMBELAJARAN DARING

Wise Nursyabani, Hetty Patmawati, Satya Santika

Abstract


Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana menganalisis kemampuan pemahaman matematis peserta didik ditinjau dari preferensi metode pembelajaran daring. Penelitian ini dilaksanakan secara kualitatif dengan subjek penelitian melibatkan peserta didik kelas X IPA 1 di SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Data penelitian dikumpulkan melalui tes kemampuan pemahaman matematis, penyebaran angket preferensi metode pembelajaran daring dan wawancara. Subjek penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan pemahaman matematis yang memenuhi tiga indikator kemampuan pemahaman matematis terlepas dari jawaban benar dan salah pada setiap kategori preferensi, serta dapat memberikan informasi jelas saat diwawancarai. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa peserta didik dengan preferensi synchronous masih keliru dalam mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu. Peserta didik dengan preferensi asynchronous lebih dapat mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu ia mengklasifikasikan pernyataan dengan benar meskipun alasan yang diberikan masih belum sesuai.


Keywords


kemampuan pemahaman matematis, pembelajaran daring, preferensi peserta didik

References


Afrizal. (2019). Metode penelitian kualitatif. Depok: Rajawali Press.

Al Hakim, M. F. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat, 1(1), 337358.

Almog, N., & Ilany, B. S. (2012). Absolute value inequalities: High school students’ solutions and misconceptions. Educational Studies in Mathematics, 81(3), 347-364.

Fitria, A. D., Fajrie N., & Kuryanto, M.S . (2021). The Effectiveness of Using Whatsapp as A Media in Online Learning at Grade 5 SD N 1 Karangnongko Jepara. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5(5), 1244-1251. DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i5.8439.

Hasana, S. N., & Hidayatulloh, H. (2021, January). Preferensi media pembelajaran daring mahasiswa pendidikan matematika pada masa pandemi covid-19 ditinjau dari prestasi belajar. In Seminar Nasional Pendidikan dan Ilmu Matematika (SENANDIKA) 2020.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Kobayashi, M. (2017). Students’ media preferences in online learning. Turkish Online Journal of Distance Education, 4-4. doi:10.17718/tojde.328925.

Loo, R. (2004). Kolb's learning styles and learning preferences: is there a linkage?. Educational Psychology, 24(1), 99-108.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Narayana, I. W. G. (2016). Analisis terhadap hasil penggunaan metode pembelajaran synchronous dan asynchronous. Semnasteknomedia Online, 4(1), 1-4.

Nur, S., & Kartini, K. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Materi Persamaan Pertidaksamaan Nilai Mutlak. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 10(1), 47-56.

Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). Analisis kualitas layanan sistem informasi akademik universitas abdurab terhadap kepuasan pengguna menggunakan metode sevqual (studi kasus: mahasiswa universitas abdurrab pekanbari). Jurnal Teknologi dan Open Source, 3(1), 131-143.

Syarifah, L. L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Thebestschool. (2021). Synchronous learning vs. Asynchronous learning in online education. Thebestschools. Retrieved from: https://thebestschools.org/magazine/synchronous-vs-asynchronous-education/

Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IX pada materi bangun ruang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Yanti, R. A., Nindiasari, H., & Ihsanudin, I. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dengan Pembelajaran Daring. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(3), 245-255.

Yulianto, E., Cahyani, P. D., & Silvianita, S. (2020). Perbandingan Kehadiran Sosial dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp group dan Webinar Zoom Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pada Masa Pandemic COVID-19. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 331-341.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id