PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI AKL SMK

Musdalifah Musdalifah, Suwardi Annas, Alin Liana

Abstract


Dalam dunia pendidikan, kepala sekolah dan guru dituntut untuk lebih memperhatikan penggunaan internet karena sebagai alternatif dalam pelaksanaan media pembelajaran di era saat ini. Penelitian dalam artikel ini bertujuan untuk mengatahui bentuk pemanfaatan internet dan faktor pendukung serta faktor penghambat internet sebagai media pembelajaran akuntansi keuangan siswa kelas XI AKL SMK. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian melibatkan kepala sekolah, guru dan 4 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data mengunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa akses penyampaian materi pada pembelajaran akuntansi keuangan dilakukan melalui aplikasi digital google classroom dan zoom cloud meeting. Faktor pendukungnya seperti ketersediaan perangkat teknologi, keterampilan guru dan siswa, bantuan kouta serta adanya fasilitas wifi di sekolah. Faktor penghambatnya seperti menurunya kecepatan wifi di sekolah, jumlah kouta yang terbatas, kurangnya pengunaan aplikasi digital, dan sedikitnya siswa yang memiliki perangkat teknologi seperti telepon genggam android dan laptop.


Keywords


pemanfaatan internet, pemecahan masalah, pembelajaran akuntansi keuangan

References


Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pendemi Covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Bhagaskara, A. E. (2021). Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Berbasis WhatsApp di SD Yapita. ZAHRA : Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 13–23. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.183

Bachri. (2012). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. (Penerbit : Universitas Negeri Surabaya).

Fatwa, A. (2021). Pemanfataan Teknologi Pendidikan Di Era New Normal. Jurnal : Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(2), 0–216. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/download/18175/16565%0Ahttps://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1236%0Ahttps://journal.kurasinstitute.com/index.php/ijit/article/view/37%0Ahttp://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/eljo

Gustami, S. A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Internet Terhadap Prestasi Siswa Sma. Al’adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(1), 25–33.

Khairani, M., Oktaviana, B., Fitri, Y., & Lubis, A. (2021). Internet Sehat , Hebat , Dilingkungan SMKN 7 Medan. Jurnal TUNAS, 2(2), 48–54.

Listyowati, F. V. (2020). Pengaruh pemanfaatan internet, perpustakaan, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 Universitas Sanata Dharma. In Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sanata Dharma.

Moleong, J. Lexy. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. (Penerbit : Jakarta Depdiknas).

Makdis, N. (2020). Pemanfaatan Internet Untuk Pembelajaran.

Mukhlis, M. (2021). Teknologi Informasi Sebagai Media Inovasi Pendidikan. Inovasi Pendidikan, 1(2), 1–6.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pemanfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. JINTECH: Journal of Information Technology, 2(2), 138–146. https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/jintech

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Purwanto, A., et.al. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.

Journal of Education, Psychology and Counseling, Volume 2(1).

Putria, H, dkk. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 (4). file:///C:/Users/MyPC/ AppData/ Local/Temp/460-1581-2-PB.pdf

Rahmah, R. (2021). Mengefektifkan Pembelajaran Praktik Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Kompotensi Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Marabahan. Jurnal : Pembelajaran & Pendidik (JULAK), 1(2), 2013–2015.

Rahman, D. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Informasi. Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 9–14.

Sahade, H. A. R. (2021). Pengaruh Pengunaan Media Internet Terhadap Motivasi Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi Di SMK Negeri 1 Makassar. Klasikal : Journal of Education, Language Teaching and Science, 3(2), 61–70.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal : Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 99–103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603

Sendi, O. A. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI Mahasiswa IAIN Curup pada Masa Pandemi Covid-19 Okni Aisa Mutiara Sendi Institut Agama Islam Negeri Curup email : Okniaisa10@gmail.com Eli Susanti Institut Agama. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 179–194. https://doi.org/10.29240/belajea.v6i2.2021

Salsabila, dkk. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar Volume 2 (2).| file:///C:/Users/My_PC/AppData/Local/Temp/1070-3861-1-PB.pdf

Sihotang, I. M., & Hasibuan, L. A. (2021). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Quipper School Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Yang Dimoderasi Oleh Kemandirian Belajar Siswa. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 4(2), 177–188. https://doi.org/10.30596/liabilities.v4i2.7861

Suwarni, E. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran Daring Berbasis Learning By Doing Pada Mata Kuliah Akuntansi Dasar II. Simposium Nasional Akuntansi Vokasi (SNAV) Ke-9, 343–358.

Wicaksono, M. D., Hairunisya, N., & ... (2021). Pembelajaran Daring Dengan Metode Resitasi Dan Pemanfaatan Google Classroom Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Ekonomi, 95–109. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/10005

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id