RELEVANSI ISI MATERI BUKU TEKS RANCAGÉ DIAJAR BAHASA SUNDA KELAS VII TINGKAT SMP/MTs TERHADAP KURIKULUM DAERAH 2013 REVISI 201

Ainun Aulia Putri, Dingding Haerudin

Abstract


Dalam kegiatan belajar dan mengajar, buku begitu memiliki peran yang sangat penting dan tidak terpisahkan. Penggunaan buku teks yang tepat sangat mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar. Dengan buku teks mampu membantu pembelajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Oleh karena itu penelitian dalam artikel ini dilatarbelakangi pentingnya penelitian buku teks Bahasa Sunda. Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mendeskripsikan relevansi tujuan dan isi pada buku teks rancage diajar Bahasa Sunda kelas VII tingkat SMP/MTs terhadap kurikulum daerah muatan local 2013 revisi 2017. Metode dalam penelitian tersebut termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan dokumentasi. Instrumen alat bantu yang digunakan yaitu check-list. Sumber data penelitian yaitu buku teks Rancagé Di Ajar Bahasa Sunda kelas VII SMP/MTs. Hasil yang ditemukan menunjukkan  buku teks Rancagé Diajar Bahasa Sunda memiliki tingkat relevansi yang cukup baik. Dari 8 Bab materi, terdapat 2 materi yang relevan dan 6 materi yang kurang relevan. Materi yang memiliki kategori relevan yaitu pada Bab ke-1 Paguneman dan Bab ke-8 Aksara Sunda. Sementara itu, kategori kurang relevan yaitu Bab ke-2 Kaulinan Barudak, Bab ke-3 Pupujian, Bab ke-4 Pangalaman Lalampahan Pribadi, Bab ke-5 Dongéng Sasakala, Bab ke-6 Iklan Layanan Masyarakat, dan Bab ke-7 Sajak.


Keywords


isi materi buku teks, relevansi, bahasa sunda

References


Alawiyah, H. R., Haerudin, D., & Nugraha, H. S. (2021). Relevansi Isi Buku Teks Bahasa Sunda dengan Kurikulum Tingkat Daerah Muatan Lokal 2013 Revisi 2017. Lokabasa, 12(1), 35–47. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jlb.v12i1

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Darwati, D. (2011). Pemanfaatan Buku Teks oleh Guru dalam Pembelajaran Sejarah: Studi Kasus Di Sma Negeri Kabupaten Semarang. Paramita: Historical Studies Journal, 21(1), 75–89. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/paramita.v21i1.1030

Haerudin, D., Suherman, A., & Nugraha, H. S. (2019). The Quality and Values of Character Education in Sundanese Language Text Book of the 2013 Elementary School Curriculum. 257(Icollite 2018), 340–345. https://doi.org/10.2991/icollite-18.2019.75

Nugraha, A. W. (2016). Analisis Kelayaan Buku Ajar Siswa Sd Kelas V Tema Ekosistem Dan Lingkungan Sahabat Kita Ditinjau Dari Aspek Science Literacy. Jurnal Pendidikan Dan …, 1(2), 1–8. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena-sd/article/view/165%0Ahttp://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena-sd/article/download/165/57

Permendiknas No 11 Tahun 2005. (2005). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks Pelajaran. In Depdiknas website: https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/permen _tahun2005_nomor11.pdf. Depdiknas. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/permen _tahun2005_nomor11.pdf

Sudarmansyah, R., Haerudin, D., & Novianita, V. (2021). Analisis Kesesuaian Materi Dengan Kompetensi Pada Buku Ajar Bahasa Sunda €Œpanganteur Basa Sunda Pikeun Murid Sd/Mi Kelas Viâ€. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(1), 528–539. https://doi.org/10.30738/tc.v5i1.9274

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. CV ALFABETA.

Susanti, R. D. (2013). Studi Analisis Materi Ajar “ Buku Teks Pelajaran “ Pada Mata ديرجت ىوتسملل ةيبرعلا ةغللا ةدالم صنلا ليلتح نع ةثحابلا ثحبت ثحبلا اذه في ناونعب باتك وه ليلحتلل باتكلا عوضوم امأ . عبارلا فصلا في ينقوفتلما . يكنجروس اغيت رشانلاو يدويهو سوغأ هفلأ يذلا » ةيبرعل. Arabia, 5(2), 199–223. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Arabia/article/view/1389/1262




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id