PEMAHAMAN DAN KESIAPAN MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS FLORES TENTANG MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MBKM)

Hamsa Doa, Falentina Lucia Banda, Apriana Marselina

Abstract


Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Artikel ini membahas tentang sebuah penelitian yang bertujuan mengetahui pemahaman dan kesiapan mahasiswa program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Flores tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Penelitian ini mengacu kepada deskriptif kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode survey yaitu mahasiswa mengisi kuesioner di SPDA Dikti . Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa; 53% mahasiswa mengetahui sedikit tentang MBKM, 24.69% mahasiswa mengetahui kebijakan MBKM dari media sosial, 49,08% mahasiswa memilih kegiatan magang/praktek kerja, 46.42% program studi akuntansi sudah memiliki dokumen kurikulum, pedoman dan operasional MBKM, 77.91% mahasiswa sudah siap mengikuti program MBKM,  52.35% mahasiswa khawatir mengeluarkan biaya, 74% mahasiswa prodi akuntansi tertarik dengan program MBKM. Lebih jelasnya, mahasiswa program studi Akuntansi masih sedikit memahami tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan kesiapan mahasiswa program studi akuntansi sudah siap untuk mengikuti program kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).


Keywords


pemahaman dan kesiapan mahasiswa, program studi akuntansi, merdeka belajar kampus merdeka (MBKM)

References


Coccoli, M., Guercio, A., Maresca, P., & Stanganelli, L. (2014). Smarter universities: A vision for the fast changing digital era. Journal of Visual Languages & Computing, 25(6), 1003-1011.

Meke, K. D. P., dkk. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Desain Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Survei pada Program Studi Ilmu Hukum Universitas Flores. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 934 – 943. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2060

Fasha, R. (2021). Sosialisasi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 1.

Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Bagaimana Penerapan Dan Kedala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta Di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi

Muslikh. (2020). Landasan Filosofis dan Analisis Terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka. Jurnal Syntax Transformation, 1(3), 40–46.

Nehe, B. M. (2021). Kampus merdeka dalam mengahadapi era revolusi Industri 4.0 di masa pendemik di STKIP Setia Budhi. Prosiding Seminar Nasional Setiabudhi, 1(1), 13–19. https://jurnal.stkipsetiabudhi.ac.id/index.php/prosiding/article/view/18.

Panduan merdeka belajar – kampus merdeka universitas flores universitas flores 2020. (2020).

Putri, R. A., Dkk. (2021). Analisis Kompetensi Guru Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Medan Dalam Program Magang Kependidikan Mbkm. Bahas, 32(4), 371-384. Https://Doi.Org/10.24114/Bhs.V32i4.30546.

Puspitasari, R., & Nugroho, R. (n.d.). Merdeka Fisip Upn Veteran Jawa Timur Ratna Puspitasari , Riant Nugroho Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Angka pengangguran muda di Indonesia menjadi masalah serius saat ini . Berdasarkan data BPS pada Februari 2020 , 16 , 28 persen ti. 276–292.

Riyadi, S, R. R. Sabtanti, H., & Jazaul, I. (2022). Dampak Implementasi MBKM terhadap Pengembangan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Menuju Research Excellence University. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (1), 1018 – 1029.

Sahid, A., & Hudjimartsu. (2021). Peluang Dan Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Fakultas Teknik Dan Sains Uika Bogor.

Salim & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif.pdf (pp. 141–142).

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q., & Erihadiana, M. (2021). Konsep Dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41. Https://Doi.Org/10.47467/Reslaj.V4i1.458.

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 78–93. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18379.

Sugiono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R and D. Bandung, Alfabeta.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13357.

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id