PEMAHAMAN MAHASISWA SASTRA INGGRIS TENTANG PROGRAM MERDEKA BELAJAR- KAMPUS MERDEKA
Abstract
Artikel ini membahas tentang kesiapan mahasiswa dalam implementasi MBKM. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pemahaman Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Universitas Flores tentang Mereka Belajar- Kampus Merdeka. Penelitian dilakukan dengan melakukan survei kepada 112 Mahasiswa. Mahasiswa mengisi kuesioner melalui aplikasi SPADA Dikti, kemudian data dideskripsikan dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman mahasiswa tentang MBKM belum merata, hal ini disebabkan sosialisasi dari program studi dan fakultas belum dilakukan secara baik. Mahasiswa mendapat pengetahuan tentang MBKM melalui media sosial. Kegiatan di luar program studi yang paling banyak diminati oleh mahasiswa adalah kegiatan kewirausahaan sebesar 46.70% dan kesiapan mahasiswa untuk ikut dalam kegiatan MBKM sebesar 66.10% dan kuatir akan mengeluarkan biaya sebesar 58%. Hasil suvei menunjukkan bahwa MBKM bermanfaat meningkatkan soft skill. 58.8% mahasiswa tertarik mempelajari panduan MBKM dan kurikulum yang memfasilitasi MBKM dan akan merekomendasikan MBKM kepada mahasiswa lain dan koleganya dalam kategori sedang. Sosialisasi perlu dilakukan kepada mahasiswa secara berjenjang agar pemahaman MBKM dapat secara utuh dipahami, sehingga akan berdampak pada peningkatan kualitas/kompetensi diri.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Deni, S., Siti, M., Qiqi, Y. Z., & Mohamad, E. (2022). Konsep dan Implikasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar- Kampus Merdeka),Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4 (1), 34-41 P-ISSN 2656-274x E-ISSN 2656-4691
Faiz, A. (2021). Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan General Education. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(3), 649–655.
Fuadi, T. M. (2021). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm): Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Biotik, 9(1).
Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan dan Kedala Yang Dihadapi oleh Perguruan Tinggi Swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614.
Hidayatullah, S., Khouroh, U., Windhyastiti, I., Patalo, R. G., & Waris, A. (2020). Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 6(1), 44–52.
Nyoto. (2021). Perception of PGSD FKIP UPR Students on the Independent Campus Learning Program, Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Volume 4, No. 4, November 2021, Page: 13515-13520, e-ISSN: 2615-3076 (Online), p-ISSN: 2615-1715
Pabollet, E. A., dkk. (2019). The Changing Nature of Works and Skills in the Digital Era. I. Gonzalez Vazquez et.al (Eds.), EUR 29823 EN, Publications Office of the European Union, Luxembourg, ISBN 978-92-76-09207-0, https://doi:10.2760/373892,JRC117505 [Online] Tersedia: https://ec.europa.eu/jrc/en/facts4eufuture/changing-nature-work-skills-digital-age[Diakses: 22 Januari 2022]
Pertiwi, A. K., & Pusparini, R. (2021). Vocational High School English Teachers’ Perspectives On “Merdeka Belajar” Curriculum. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1982–1992. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/672
Purwono, S. P., Ranu, B. A. P., Gustiana, M., & Anggita, E. N. (2021). Persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Tentang Program Merdeka Belajar- Kampus Merdeka, Journal of Sport Coaching and Physical Education
Putra, I., & Nasori, A. (2021). Pengukuran Mutu Pembelajaran di FKIP UNJA dalam Upaya Membangun Generasi Economic Citizen yang Mengelaborasi Program MBKBM Kemendikbud. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(6), 5256–5264.
Putri, U. K., Eka, H. A. (2021). Independent Learning-Independent Campus (MBKM) in Students’ Perception, Jurnal Kependidikan, 7( 4).
Rosmiati, R., Iwan, P., & Ahmad, N. (2021). Pengukuran Mutu Pembelajaran di FKIP UNJA dalam Upaya Membangun Generasi Economic Citizen yang Mengelaborasi Program MBKBM Kemendikbud, Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (6). 5256 – 5264
Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. Dalam: Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 21 Oktober 2020, pp 1-12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13356
Telly, R., dkk. (2021). Book Chapter Changing Trends Pendidikan Tinggi Pada Kampus Merdeka (Gagasan Konstruksi dan Paradigma MBKM), Penerbit & Percetakan Media Madani
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8704
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id