PENGARUH KEJENUHAN KERJA DAN KOMPETENSI MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH SMP SWASTA SE-KOTA PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kejenuhan kerja dan kompetensi manajerial terhadap kinerja kepala sekolah SMP Swasta se Kota Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini akan dilaksanakan di seluruh SMP Swasta se-Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Subjek penelitian berjumlah 83 kepala sekolah. Untuk menganalisa data hasil penelitian digunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui Terdapat pengaruh kejenuhan kerja terhadap kinerja kepala sekolah SMP Swasta Se-Kota Pekanbaru. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung>Ftabel (21,484>3,96) dengan signifikan (0,000<0,05). Terdapat pengaruh kompetensi manajerial terhadap kinerja kepala sekolah SMP Swasta Se-Kota Pekanbaru. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung>Ftabel (93,401>3,96) dengan signifikan (0,000<0,05). Terdapat pengaruh kejenuhan kerja dan kompetensi manajerial terhadap kinerja kepala sekolah SMP Swasta Se-Kota Pekanbaru. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung>Ftabel (60,177>3,11) dengan signifikan (0,000<0,05). Dengan determinasi kejenuhan kerja dan kompetensi manajerial terhadap kinerja kepala sekolah SMP Swasta Se-Kota Pekanbaru. yang dihasilkan dari penelitian yaitu sebesar 60,1% dan sisanya 39,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Budi Suhardiman. (2014). Studi Kinerja Kepala Sekolah (Analisis Faktor Rekrutmen, Kompetensi dan Sistem Kompensasi Terhadap Kinerja Kepala SMP dan Dampaknya Terhadap Kinerja Sekolah di Kabupaten Garut. Jurnal: TAKLIM. Edisi khusus No 2. http://jurnal.upi.edu/taklim/view/685/studi-kinerja-kepala-sekolah(analisis-pengaruh-faktor-rekrutmen,-kompetensi,-dan-sistem-kompensasi-terhadap-kinerja-kepala-smp-dan-dampaknya-terhadap-kinerja-sekolah-di-kabupaten-garut).html. Diakses 2 Maret 2021
Fattah, Nanang. (2013). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Freudenberger, H. J. (1974), Staff Burnout, Journal of Social Issues, Vol. 30, No, 1, hal. 159-165
Llorens-Gumbau S., & Salanova-Soria M. (2014). Loss and Gain Cycles ? A Longitudinal Study about Burnout, Engagement, and Self-Efficacy. Journal Burnout Research. Vol. 1 (3-11)
Nur., Zazin, (2011). Gerakan Menata Mutu Pendidikan, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Ar Ruzz Media
Maslach, C., Schaufeli, W.B. dan Leiter, M.P. (2001). Job Burnout. Annual Review of Psychology.Vol. 52, 397–422.
Purwanto. (2012). Kinerja Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran Dengan Menggunakan MPMBS. Naskah Puplikasi, 2012:7-8
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8716
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id