PENGARUH KEJENUHAN KERJA DAN KOMPETENSI MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH SMP SWASTA SE-KOTA PEKANBARU

Yenti Widiastuti, Fadly Azhar, Hasnah Faizah AR

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kejenuhan kerja dan kompetensi manajerial terhadap kinerja kepala sekolah SMP Swasta se Kota Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini akan dilaksanakan di seluruh SMP Swasta se-Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Subjek penelitian berjumlah 83 kepala sekolah. Untuk menganalisa data hasil penelitian digunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui Terdapat pengaruh kejenuhan kerja terhadap kinerja kepala sekolah SMP Swasta Se-Kota Pekanbaru. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung>Ftabel (21,484>3,96) dengan signifikan (0,000<0,05). Terdapat pengaruh kompetensi manajerial terhadap kinerja kepala sekolah SMP Swasta Se-Kota Pekanbaru. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung>Ftabel (93,401>3,96) dengan signifikan (0,000<0,05). Terdapat pengaruh kejenuhan kerja dan kompetensi manajerial terhadap kinerja kepala sekolah SMP Swasta Se-Kota Pekanbaru. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung>Ftabel (60,177>3,11) dengan signifikan (0,000<0,05). Dengan determinasi kejenuhan kerja dan kompetensi manajerial terhadap kinerja kepala sekolah SMP Swasta Se-Kota Pekanbaru. yang dihasilkan dari penelitian yaitu sebesar 60,1% dan sisanya 39,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.


Keywords


Kejenuhan Kerja, Kompetensi Manajerial, Kinerja

References


Budi Suhardiman. (2014). Studi Kinerja Kepala Sekolah (Analisis Faktor Rekrutmen, Kompetensi dan Sistem Kompensasi Terhadap Kinerja Kepala SMP dan Dampaknya Terhadap Kinerja Sekolah di Kabupaten Garut. Jurnal: TAKLIM. Edisi khusus No 2. http://jurnal.upi.edu/taklim/view/685/studi-kinerja-kepala-sekolah(analisis-pengaruh-faktor-rekrutmen,-kompetensi,-dan-sistem-kompensasi-terhadap-kinerja-kepala-smp-dan-dampaknya-terhadap-kinerja-sekolah-di-kabupaten-garut).html. Diakses 2 Maret 2021

Fattah, Nanang. (2013). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Freudenberger, H. J. (1974), Staff Burnout, Journal of Social Issues, Vol. 30, No, 1, hal. 159-165

Llorens-Gumbau S., & Salanova-Soria M. (2014). Loss and Gain Cycles ? A Longitudinal Study about Burnout, Engagement, and Self-Efficacy. Journal Burnout Research. Vol. 1 (3-11)

Nur., Zazin, (2011). Gerakan Menata Mutu Pendidikan, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Ar Ruzz Media

Maslach, C., Schaufeli, W.B. dan Leiter, M.P. (2001). Job Burnout. Annual Review of Psychology.Vol. 52, 397–422.

Purwanto. (2012). Kinerja Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran Dengan Menggunakan MPMBS. Naskah Puplikasi, 2012:7-8

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id