PENGARUH MEDIA SMART PARENTING TERHADAP PENGETAHUAN ORANG TUA MENGENAI RESILIENSI ANAK USIA DINI

Ainama Nafisa Putri, Ria Novianti, Daviq Chairilsyah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan orangtua untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak, kurangnya pengetahuan orangtua mengenai cara agar anak tidak merasa tertekan dengan perubahan keadaan yang mendadak, kurangnya pengetahuan orang tua tentang persepsi resiko dan ketakutan dalam diri anak, kurangnya pengetahuan orang tua dalam mengedukasi anak pada saat mengalami kegagalan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Smart Parenting Terhadap Pengetahuan Orang Tua Mengenai Resiliensi Anak Usia 5-6 Tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah 30 orang tua dan sampel yang digunakan sebanyak 30 orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di TK Pembina Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui test objektif true false. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media smart parenting terhadap pengetahuan orang tua mengenai resiliensi anak, hal tersebut dapat dilihat pada hasil skor dan persentase dari pretest ke posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media smart parenting terhadap pengetahuan orang tua mengenai resiliensi anak usia 5-6 tahun.


Keywords


Smart parenting, pengetahuan orang tua, resiliensi

References


Anggraeni, A., & Hendrizal, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa SMA. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 13(1), 64–76.

Cluver, L., Lachman, J. M., Sherr, L., Wessels, I., Krug, E., Rakotomalala, S., Blight, S., Hillis, S., Bachman, G., & Green, O. (2020). Parenting in a time of COVID-19. Lancet, 395(10231).

Detta, B. (2017). DINAMIKA RESILIENSI PADA REMAJA DENGAN KELUARGA BROKEN HOME. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Fatahillah, J. A. (n.d.). Ketahanan Keluarga Penyitas COVID-19 di Masa Bencana Multidimensional Pandemi COVID-19. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….

Fauziyah, N. (n.d.). Category Archives: Psikologi Komunitas.

Hadianti, S. W., NURWATI, N., & DARWIS, R. S. (2017). Resiliensi remaja berprestasi dengan latar belakang orang tua bercerai. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

Hadianti, S. W., Nurwati, N., & Darwis, R. S. (2017). Resiliensi remaja berprestasi dengan latar belakang orang tua bercerai. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2).

Haqiki, M. W. (2021). STUDI DESKRIPTIF RESILIENSI ANGGOTA KELUARGA KORBAN KECELAKAAN MENINGGAL DUNIA. Universitas Muhammadiyah Malang.

Missasi, V., & Izzati, I. D. C. (2019). Faktor–faktor yang mempengaruhi resiliensi. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 433–441.

Munasiroh, M. (2021). PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK RESILIENSI ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS. IAIN PURWOKERTO.

NELI, R. (2020). RESILIENSI PADA KELUARGA BURUH DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID 19 DI MI MUHAMMADIYAH BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. IAIN Purwokerto.

Novianti, R. (2018). Orang Tua sebagai Pemeran Utama dalam Menumbuhkan Resiliensi Anak. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 7(1), 26–33.

Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000–1010.

Shaifudin, A., & Naimah, K. (2021). RESILIENSI: UPAYA MEMBENTUK ANAK USIA DINI TANGGUH. EL WAHDAH, 2(1), 14–39.

Sugiyono, T., Sulistyorini, S., & Rusilowati, A. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa bervisi sets dengan metode outdoor learning untuk menanamkan nilai karakter bangsa. Journal of Primary Education, 6(1), 8–20.

Wirastania, A., & Farid, D. A. M. (2021). Efektivitas Konseling Realita Terhadap Resiliensi Diri Mahasiswa. Jurnal Fokus Konseling, 7(1), 9–13.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id