ANALISIS KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH MENGEMBANGKAN SEKOLAH UNGGUL DI MASA PANDEMI

Yantoro Yantoro, Muhammad Sholeh

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi pandemi membawa dampak begitu besar pada semua sektor kehidupan termasuk pada sektor pendidikan. Untuk itu diperlukan langkah nyata bagaimana pelaksanaan pendidikan bisa berjalan dengan baik di masa pandemi ini dengan kepemimpinan manajerial kepala sekolah yang handal dan mampu mengembangkan sekolah unggul di masa pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kepemimpinan manajerial kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah unggul di masa pandemi di sekolah Mitra Universitas Jambi dalam mewujudkan sekolah unggul. Tempat penelitian yaitu SDN 47/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (qualitative research) dengan jenis penelitian diskriptif kualitatif. Hasil penelitian  dan pembahasan dapat disimpulkan kepemimpinan manajerial kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah unggul di masa pandemi dimulai pada tahap perencanaan,tahap implementasi, dan tahap evaluasi.  Faktor yang mempengaruhi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah unggul di era pandemi ialah kemampuan kepala sekolah dalam membangun komunikasi dan kerjasama dengan berbagai pihak kemampuan kepala sekolah dan guru, civitas akademik dalam mengembangkan sekolah unggul tercukupinya sarana dan prasarana, pengembangan kualitas pembelajaran, serta peran serta masyarakat (wali murid, komite sekolah dan swasta) dalam mendukung pengembangan sekolah unggul di era pandemi.


Keywords


Kepemimpinan Manajerial,Sekolah Unggul,Masa Pandemi

References


Achmady, Zaenal Arifin, 2005, “Reformasi Administrasi dalam Pendidikan : Beberapa Pelajaran tentang Implementasi Kebijakan“, Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Ilmu Administrasi, Malang, Universitas Brawidjaja.

Adair John, 2005, Cara Menumbuhkan Pemimpin yang Efektif, Gramedia: Jakarta

Akbar, Purnomo Setiady, 1998, “Alternatif Perubahan Pengembangan Guru di Indonesia”, dalam Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan dan kebudayaan, Nomor 014/IV/September 1998, Jakarta : Balitbang Dikbud.

Ambarita. 2015.Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Graha Ilmu

Andang.2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto, S. 2013.Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: rineka cipta

Azhar, S. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah Efektif (Perspektif Pendidikan Islam). Inspiratif Pendidikan, 5(1), 127-140.

Burhanuddin, 1994, Analisis Administrasi, Manajemen, dan Kepemimpinan, Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktoral SLTP. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Konsep dan Pelaksanaan.

Djuniko,D,Fauzan,& Jailani, M .2020. Panduan kepala sekolah untuki mengelola sekolah pada masa pandemi Covid-19. Pedagogik Jurnal pendidikan 15(2),56-69.

Dokumen surat edaran nomor 4 tahun 2020. Tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Corona virus Disease (Covid -19 ) dalam foramat PDf ditandatangani menetri pendidikan dan kebudayaan.

Fachrudi, Soekarto Indra. 1995. Mengantar Bagaimana Memimpin Sekolah yang Baik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Fatchurahman, M., & Supardi, S. 2017.Pemimpin yang Melayani dalam Membangun Bangsa yang Mandiri. Anterior Jurnal, 16(2), 90-103.

Gaffar, Mohammad Fakry, 1995, “Status Pengelola Satuan Pendidikan : Antara Kenyataan dan Harapan “, Makalah Temu Ilmiah Nasional Manajemen Pendidikan, Padang : IKIP Padang.

Kartono, Kartini, 1986, Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: Grafindo.

Li Moro, g,sinigaglia,t.bert.F Savatteri,A, gualano,M.r,& siliquini, R.2020. reopening school during the Covid-19 Pandemic : Overview and rapid review of Guidelines and recommendations on preventive and manajemen of cases ( review). International journal of envirommental Researh and public Health,17(23),1-21.

Maathoha aman. 2017. Bleaded learning (online) dalamhttp://www.academia.edu/38308657/Blanded_Learning_By_Aman_Maathoha. Di akses 12 Desember 2020.

Miftah Toha, 1988, Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta: Rajawali.

Muhamaad hamid,2020. Menyiapkan pembelajaran dimasa pandemi: tantangan dan peluang. Kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Mulyasa. 2013. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja RosdaKarya

Novita sari,D,&asbari,M.2020. Peran kesiapan untuk berubah terhadap kinerja guru dimasa pandemi Covid-19.jurnal of Industrial engineering & manajemen research.I(2),219-237.

Sagala, S.2010. Manajemen strategic dalam meningkatkan mutu Pendidikan.Bandung :Alfabeta.

Siagian, Sondang P. 1984, Manajemen Sumberdaya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Soepardi, Imam, 1988. Dasar-dasar Administrasi Pendidikan, Jakarta: Depdikbud.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2016.Metodologi Penelitian Kualitatif kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Timple, A.Dale. 2000. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia Kepemimpinan. Jakarta: PT

Wahjosumidjo. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahyono.2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id