PERAN KEGIATAN PRAMUKA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SD IT AN-NAJAH

Nurjani Nurjani

Abstract


Berdasarkan observasi awal di SD IT An-Najah bahwa masih ada sebagian dari siswa yang kurang tertib dalam baris berbaris, kemudian kurang fokus mendengarkan nasihat guru, dan masih ada juga menertawakan temannya yang melakukan kesalahan. Berdasarkan permasalahan yang ada berpandangan bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan karakter belum terlihat di dalam diri siswa. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan pramuka. Penelitian dilakukan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Kepala sekolah, guru kelas 3, 4 dan 5, serta beberapa siswa yang mengikuti kegiatan pramuka merupakan subjek penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini ialah adanya perubahan sikap siswa SD IT AN-Najah melalui kegiatan pramuka yang telah dilakukan. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter sudah mulai nampak di dalam diri siswa, sehingga bisa dibawakan kelingkungannya. Nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat mereka kembangkan di dalam diri mereka ialah sikap relegius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, bersahabat/ komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggungjawab.


Keywords


Kegiatan Pramuka, Pendidikan Karakter, Nilai-nilai Pendidikan Karakter.

References


Ajirna, Yusuf, N., & Hasan, H. (2018). Upaya Pembentukan Karakter Siswa melalui Kegiatan Pramuka di SD Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 46–52.

Asha, L. (2015). Pendidikan Kepramukaan. In LP2: STAIN Curup (pp. 1–247).

Damanik, S. A. (2014). Pramuka Ekstrakulikuler di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(2), 16–21. https://hsgm.saglik.gov.tr/depo/birimler/saglikli-beslenme-hareketli-hayat-db/Yayinlar/kitaplar/diger-kitaplar/TBSA-Beslenme-Yayini.pdf

Kusnoto, Y. (2017). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Krakter pada Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247–256.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org

Putri, N. A. (2011). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter melalui Mata Pelajaran Sosiologi. KOMUNITAS: International Journal of Indonesian Society and Culture, 3(2), 205–215. https://doi.org/10.15294/komunitas.v3i2.2317

Putro, R. W. S. (2017). Kiasan Dasar Gerakan Pramuka sebagai Penguat Jati Diri Bangsa Indonesia. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 7(16), 1068–1080.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.

Santosa, S., & Hikmah, A. N. (2015). Upaya Pembentukan Karakter Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka diSDIT Salsabila Klaseman Sinduharjo Ngaglik Sleman. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 64–74. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9130/

Subadi, T. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. In Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, I(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Suriansyah, A. (2011). Landasan pendidikan. Comdes: Banjarmasin. http://idr.uin-antasari.ac.id/6633/1/Buku Landasan Pendidikan.pdf

Woro, S., & Marzuki, M. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter, vi(1), 59–73. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10733




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id