PERAN KEGIATAN PRAMUKA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SD IT AN-NAJAH

Nurjani Nurjani

Abstract


Nilai-nilai pendidikan karakter sangat penting ditanamkan kepada siswa. Berdasarkan observasi awal di SD IT An-Najah, hasilnya menunjukkan bahwa masih ada sebagian dari siswa yang kurang tertib dalam baris berbaris sebelum masuk ke kelas, kemudian siswa kurang fokus mendengarkan nasihat guru, dan masih ada juga menertawakan temannya yang melakukan kesalahan. Berdasarkan permasalahan yang ada, penanaman nilai-nilai pendidikan karakter belum terlihat di dalam diri siswa. Maka tujuan penelitian pada artikel ini untuk mengetahui peran kegiatan pramuka dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di SD IT An-Najah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Kepala sekolah, guru kelas 3, 4 dan 5, serta beberapa siswa dilibatkan untuk mengikuti kegiatan pramuka pada penelitian tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian tersebut ialah adanya perubahan sikap siswa SD IT AN-Najah melalui kegiatan pramuka yang telah dilakukan. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter sudah mulai nampak di dalam diri siswa sehingga bisa dibawakan kelingkungannya. Nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat mereka kembangkan di dalam diri mereka ialah sikap relegius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, bersahabat atau komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab.


Keywords


kegiatan pramuka, nilai-nilai pendidikan karakter

References


Ajirna, Y, N., & Hasan, H. (2018). Upaya Pembentukan Karakter Siswa melalui Kegiatan Pramuka di SD Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 46–52.

Amran, M., Sahabuddin, E. S., & Muslimin. (2018). Peran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Administrasi Pendidikan & Manajemen Pendidikan, 53(9), 254–261.

Asha, L. (2015). Pendidikan Kepramukaan. In LP2: STAIN Curup (pp. 1–247).

Damanik, S. A. (2014). Pramuka Ekstrakulikuler di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(2), 16–21. https://hsgm.saglik.gov.tr/depo/birimler/saglikli-beslenme-hareketli-hayat-db/Yayinlar/kitaplar/diger-kitaplar/TBSA-Beslenme-Yayini.pdf

Erliani, S. (2017). Peran Gerakan Pramuka untuk Membentuk Karakter Kepedulian Sosial dan Kemandirian (Studi Kasus di SDIT Ukhwah dan MIS An-Nuriyyah 2 Banjarmasin). Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, VII(1), 25–52.

Gunawan, I. (2018). Pendidikan Karakter. Academia, 2, 1–10.

Hanif, M. Z. (2018). Re-Desain Buku Panduan Pramuka untuk Anak Sekolah Dasar. In Universitas Negeri Padang.

Harahap, A. C. P. (2019). Character Building Pendidikan Karakter. JAl-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 9(1), 1–11.

Hero, H. (2021). Implementasi Kegiatan Pramuka dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V SD Inpres Boru Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 308–314.

Juwantara, R. A. (2019). Efektifitas Ekstrakurikuler Pramuka dalam Menanamkan Karakter Jujur, Displin dan Bertanggungjawab pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 160–171. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4994

Kusnoto, Y. (2017). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Krakter pada Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247–256.

Mania, S. (2008). Teknik Non Tes: Telaah atas Fungsi Wawancara dan Kuesioner Dalam Evaluasi Pendidikan. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(1), 45–54.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org

Nurfalah, Y. (2016). Urgensi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(1), 170–187. https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i1.264

Putri, N. A. (2011). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter melalui Mata Pelajaran Sosiologi. KOMUNITAS: International Journal of Indonesian Society and Culture, 3(2), 205–215. https://doi.org/10.15294/komunitas.v3i2.2317

Putro, R. W. S. (2017). Kiasan Dasar Gerakan Pramuka sebagai Penguat Jati Diri Bangsa Indonesia. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 7(16), 1068–1080.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.

Santosa, S., & Hikmah, A. N. (2015). Upaya Pembentukan Karakter Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka diSDIT Salsabila Klaseman Sinduharjo Ngaglik Sleman. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 64–74. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9130/

Subadi, T. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. In Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, I(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Suriansyah, A. (2011). Landasan pendidikan. Comdes: Banjarmasin. http://idr.uin-antasari.ac.id/6633/1/Buku Landasan Pendidikan.pdf

Woro, S., & Marzuki, M. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter, vi(1), 59–73. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10733




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id