UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION SMP N 2 SENTAJO RAYA

Ina Darosa

Abstract


Untuk mendapatkan hasil belajar siswa, ada banyak model pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru. Artikel ini mengacu kepada pembahasan sebuah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Group Investigation. Model pembelajaran yang mengajak siswa untuk berperan serta dalam kelompok untuk mengungkapkan pendapatnya serta siswa dituntut untuk melakukan kerjasama dengan para anggota kelompoknya sehingga tercipta pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa dan pembelajaran menjadi tidak membosankan. Penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Sentajo Raya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII (Tujuh), jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Siklus I menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68.25 dan persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 58.62%. Hasil belajar siklus II menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78.50 dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 79.31% dari 29 siswa yang mencapai nilai rata-rata bahkan lebih adalah 23 siswa. Tindakan ini dikatakan berhasil karena persentase ketuntasan siswa sudah lebih dari 70% dan rata-rata hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya.


Keywords


hasil belajar, IPS, group investigation

References


Achmad, S., et al. (2018). Application of Group Investigation (GI) Learning Model in Pendidikan IPS SD Course, To Improve Students’ Critical Thinking Skills At Pgsd Universitas Negeri Makassar. Jounal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 8 (2). 41-46.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Arisanti, D. (2012). Peran guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas x SMA PGRI 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9), 30-45.

Evih, L. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Group Investigation (GI). Jurnal Elementaria Edukasia, 2(1), 50-90.

Harahap, S.S. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Sikap Demokratis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 1(1), 268-272.

Indartik. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation Pada Siswa Kelas VI Semester I SDN 01 Nambangan Lor Kota Madiun. Jurnal Edukasi Gemilang, 3(3). 1-7.

Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe think pair share untuk meningkatkan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 1-20.

Purnomo, A., Muntholib, A., & Amin, S. (2016). Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Materi Kontroversi (Controversy Issues) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 33(1), 13-26.

Putu. Ketut., & Dewa. (2016). Studi Komparatif Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Dan Snowball Throwing Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas X SMA Laboratorium Undiksha. Karmapati. 5(2). 1-10.

Rahmad, R. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67-78.

Utami, Y. S. (2013). Peran guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kranggan 2 Kota Mojokerto (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Wijaya, A. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Group Investigation Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Widyagogik, 5(2), 1-11

Wijiasih, A. T. (2017). Hubungan Aktivitas Belajar Dan Disiplin Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Gugus Werkudara Petanahan Kabupaten Kebumen (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id