MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI ALAT PERAGA MEKATRONIK ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Artikel ini memaparkan tentang peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak umur 5-6 tahun melalui alat peraga mekatronik di TK Labor FKIP Universitas Riau. Peneliti menggunakan metode peneltian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara, selanjutnya akan di analisis secara teknik analisis kuantitatif. Subjek penelitian melibatkan 10 anak, tiga anak laki-laki dan tujuh anak perempuan. Penelitian menghasilkan peningkatan saat pra tindakan kelas siklus I dan II. Rata-rata persentase saat sebelum dilakukan tindakan memperoleh rata-rata persentase 43.13 dengan kriteria mulai berkembang (MB). Siklus I mendapatkan persentase rata-rata 53.86% dengan kriteria mulai berkembang (MB) dan siklus II mendapatkan persentase 78.96% dengan kritria berkembang sangat baik (BSB). Peningkatan tersebut dapat diartikan anak sudah mampu memahami huruf konsonan dan huruf vokal, mampu membedakan huruf abjad besar dan abjad kecil. Selain itu, sebagian anak mulai mampu memahami hubungan apa yang di ucapkan dengan tulisan dan sebagian anak mulai mampu membedakan kata dasar dan kata imbuhan, serta anak mampu untuk merangkai kata dasar dari suku kata. Dari hasil rata-rata persentase kemudian di analisis menggunakan rumus, hasil analisis keterampilan membaca permulaan pada pra tindakan ke siklus I memperoleh nilai peningkatan 24.62%. Kemudian, hasil dari siklus I dengan siklus II memperoleh nilai peningkatan 46.62%, dan hasil saat pratindakan dengan siklus II memperoleh nilai peningkatan 83.07%. Dapat disimpulkan upaya pengembangan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan alat peraga mekatronik anak usia 5-6 tahun di TK Labor FKIP Universitas Riau mengalami peningkatan.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Arikunto, S. S. D. S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Suryani (ed.)). Bumi Aksara.
Basjaruddin Noor Cholis. (2016). Pembelajaran mekatronika berbasis proyekitle. Deepublish. https://opac.perpusnas.go.id/uploaded_files/sampul_koleksi/original/Monograf/1062125.jpg?rnd=1881993512
Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/viewFile/646/476
Kurnia, R., Guslinda, G., & Safriyanti, M. (2020). Meningkatkan Perkembangan Membaca Melalui Buku Cerita Rakyat Melayu pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 803. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.457
Kurnia, R., Mahdum, Azriyenni, & Pernantah, P. S. (2020). Development of Learning Media for Early Childhood Based on the Mechatronics System. 504(ICoIE), 211–216. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.221
Kurnia, R., & Zulkifli, N. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Bahan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Melati Dharma Wanita Air Tiris , Kecamatan Kampar. Educhild, 5(1), 27–36.
Kurnia Rita. (2020). Perkembangan Membaca Anak Usia Dini. Taman Karya.
Ovirianingsih, T., Kurnia, R., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Riau, U., Peran, B., Hewan, P., & Dini, A. U. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Metode Bermain Peran Penokohan Hewan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 2531–2539.
Suryana Dadan. (2016). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=qQRBDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Wibowo, Y. K. F. A. M. (2020). Kesehatan dan Keselamatan Kerja Zerozicks Mekatronika. FAM Group.
Winarti, W., & Suryana, D. (2020). Pengaruh Permainan Puppet Fun terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 873. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.462
Wulandari, T., Rahmawati, A., & Syamsuddin, M. M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Picture Word Inductive Model Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 7(4), 416. https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.35758
Yunita, N., Kurnia, R., & Chairilsyah, D. (2020). Pengaruh Media Typewriter Alphabet terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.51
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8777
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id