LEARNING ADAPTATION STRATEGIES FOR KAMPUNG INGGRIS STUDENTS IN THE NEW NORMAL ERA

Siti Mar'atus Sholihah, Neni Wahyuningtyas, I Nyoman Ruja

Abstract


Kampung Inggris adalah wilayah yang berhasil mengembangkan pembelajaran bahasa dengan pola pendidikan non-formal, dan telah memenuhi syarat untuk reformasi pendidikan pendidikan dan bahasa. Namun, harus dihadapi dengan gejolak pandemi covid-19. Hal ini berdampak pada sektor pendidikan nonformal Kampung Inggris, yang mengharuskan siswa dapat beradaptasi dengan menggunakan berbagai strategi pembelajaran. Studi ini bertujuan untuk belajar tentang strategi adaptasi kelahiran Inggris normal yang mencakup faktor pendukung dalam pembelajaran siswa dan strategi pembelajaran bahasa Inggris untuk menahan kondisi normal baru. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa ada faktor-faktor yang mempengaruhi siswa untuk bertahan hidup proses pembelajaran di Inggris dalam tunawisma baru internal (motivasi dan cita-cita) dan faktor eksternal (lingkungan, kualitas tutor, dan fasilitas belajar). Kemudian, strategi pembelajaran bahasa Inggris yang digunakan siswa dalam bertahan dari tahap adaptasi adalah strategy kognitif dan sosial. Rekomendasi yang dapat diberikan kepada peneliti lebih lanjut adalah untuk mengkaji perkembangan pembelajaran bahasa yang lebih efisien dan inovatif dalam kondisi new normal untuk mendukung penerapan strategi pembelajaran siswa desa bahasa Inggris.


Keywords


adaptation, learning strategy, student, Kampung Inggris, new normal era

References


Ahmadi, L. K. dan sofan amri. (2011). PAIKEM GEMBROT Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot (H. A. Setyono (ed.)). Prestasi Pustaka Raya.

Alfian. (2018). Proficiency level and language learning strategy choice of islamic university learners in Indonesia. Teflin Journal, 29 (1), 1–18. https://doi.org/10.15639/teflinjournal.v29i1/1-18

Aulia, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2018). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Lisan Melalui Metode Storytelling. Jurnal Manajerial, 3 (4), 110. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9780

Baharuddin, H. dan E. N. W. (2010). Teori belajar & pembelajaran. Penerbit Ar-Ruzz Media.

Covid-19, G. T. (2020). Protokol Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019). 19. 31.

Creswell, J. . (2016). Research Design (cetakan keempat). Pustaka Belajar.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Erlangga.

Dauyah, E. dan Y. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Non-Pendidikan Bahasa Inggris. Jurnal Serambi Ilmu, 19 (2).

Fachruddin, I. (2020). The Dynamics of Community Behavior Changes in “Kampung Inggris”, Kediri. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(SP8), 402–408. https://doi.org/10.5373/jardcs/v12sp8/20202538

Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132313272/pengabdian/model-model-pembelajaran.pdf

Febianti, Y. N. (2014). Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar. Edunomic, 2 (2), 81–87.

Gerungan, W. A. (1996). Psikologi Sosial. PT. Eresco.

Habibi, H. & J. N. (2017). Proses Adaptasi Belajar Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. 2 (2), 1–5.

Hariyadi, A. dan A. D. (2019). Prestasi Dan Motivasi Belajar Dengan Konsep Diri. Prosiding Seminar Nasional PGSD Universitas Muria Kudus.

Hastono, H. (2020). Faktor-Faktor Pendukung Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Penghuni Rumah Kost di Lingkungan Kampus Universitas Teknologi Yogyakarta). Jurnal Guru Kita, 4(3), 59–65.

Hendriansyah, D. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Keterampilan Bermain Ornamen Suling Lubang Enam: Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 4 Subang. (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/id/eprint/4958

Hidayat, A. dan D. A. (2021). Penggunaan Strategi Belajar Bahasa Inggris oleh Pelajar Berprestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia Vokasi Raflesia, 1 (1), 8–13.

Huda, M. N. & P. A. (2013). Komunikasi Pendidikan. Teori Dan Aplikasi Komunikasi Dalam Pembelajaran. Tulungagung: STAIN Tulungagung Press.

Indrianie, N. S. (2015). Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta didik MAN Kota Probolinggo. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1 (1), 126–132.

Ismail, H. B. (2015). Adaptasi Sosial Mahasiswa Asal Tidore Di Kelurahan Titiwungen Selatan Kota Manado. Jurnal Holistik Tahun VIII No. 15.

Karalis, T. (2020). Planning And Evaluation During Educational Disruption: Lessons Learned From Covid-19 Pandemic For Treatment Of Emergencies In Education. European Journal Of Education Studies, 7(4), 125–142. https://doi.org/10.5281/zenodo.3789022

KBBI V. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia V (Daring). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud RI.

Kusmarni, Y. (2012). Studi Kasus (John W . Creswell). UGM Jurnal Edu UGM Press, 1–12.

Kutanegara, P. M. (2014). Manusia, lingkungan dan sungai : transformasi sosial kehidupan masyarakat Sempadan Sungai Code. Ombak.

Lathifah, N. A., Purnomo, A., & Sukamto, S. (2020). Dinamika Pengelolaan Kampung Inggris Oleh Masyarakat Di Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2), 189. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i2.17645

Manizar, E. (2015). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar. Tadrib, 1 (2). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047/883

Marleni, L. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 149–159.

Marwan, A. (2016). Investigating students’ foreign language anxiety. Malaysian Journal of ELT Research, 3 (1), 19.

Miles & Huberman. (2014). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohedi. In UI Press.

Muamanah, H. dan S. (2020). No Title. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5 (1).

Mubarok, I. W. (2009). Sosiologi Untuk Keperawatan: Pengantar dan Teori. Salemba Medika.

Nguyen, H., & Terry, D. R. (2017). English Learning Strategies among EFL Learners: A Narrative Approach. IAFOR Journal of Language Learning, 3(1), 4–19. https://doi.org/10.22492/ijll.3.1.01

Oishi, I. R. V. (2020). Pentingnya Belajar Mandiri Bagi Peserta Didik di Perguruan Tinggi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4 (1).

Ota, M. K., Djou, A. M. G., & Numba, F. F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas Vii Smpn 1 Ende Selatan, Kabupaten Ende. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 (1), 74–81. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769

Oxford, R. L. (1990). Language Learning Strategies : What Every Teacher Should Know (p. 136). Heinle & Heinle Publishers.

Oxford, R. L. (2011). Teaching and Researching Language Learning Strategies. Longman.

Pali, A. (2021). No Title. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11 (1)(1–6).

Pratiwi, W. R., Atmowardoyo, H., & Salija, K. (2020). The Need Analysis of Participation in an English Immersion Village at Kampung Inggris Pare. International Journal of Language Education, 4(1), 158–170. https://doi.org/10.26858/ijole.v4i2.12599

Purnaningsih, P. (2017). Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2 (1), 34. https://doi.org/10.32493/informatika.v2i1.1503

Puspitasari, K. A. dan S. I. (2016). Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa dan Calon Potensial Mahasiswa pada Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 4 (1), 11–12.

Rahmah, N. (2013). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1 (1).

Richards, J. C. (2015). The changing face of language learning: Learning beyond the classroom. RELC Journal, 46(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0033688214561621

Riyanto, G. (2019). Dalam skripsinya “Adaptasi Masyarakat Di Kampung Inggris.” Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

Safira, N. (2021). Dalam Skripsinya “Perilaku Adaptasi Pendatang di Kampung Inggris.” Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang. https://eprints.umm.ac.id/72616/

Saraka. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Non-Formal di Kampung Inggris Kediri. LINGUA, 17 (1). https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.629

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (pp. 54–72). Rineka Cipta.

Suci, A. N. (2021). Dalam Skripsinya “Proses Adaptasi Masyarakat Pendatang Di Kampung Inggris Pare.” Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Komputer Indonesia. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/4272/

Sufiana. (2021). Joyful Learning: Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7 (1), 121–141.

Tahrun. (2021). Strategi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 13 (2), 1–9. http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI/article/view/993

Utami, D. . dan T. E. (2017). Hubungan Antara Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Belajar Dengan Hasil Belajar IPA. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.30738/natural.v4i1.1860

Vandini, I. (2015). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5 (3), 210–219. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article%0A/view/646/573%0D

Wahono, S. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Indeks Permata Putri Media.

Zakaria, S. A. S. (2005). Panduan Dan Strategi Motivasi Diri (Terbitan P). Utasan Publications & Distributors Sdn Bhd. https://books.google.co.id/books?hl=id

Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5 (2). http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3480/3267




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id