PENGARUH MEDIA CIRCLE NUMBER TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KINALI KECAMATAN KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT

Gusti Emiliya Sari, Enda Puspitasari, Yeni Solfiah

Abstract


Artikel ini melaporkan penelitian tentang pengaruh media Circle Number terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kinali Kecamatan Kinali. Penelitian yang dipaparkan dalam artikel ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang berbentuk eksperimen dengan model penelitian one grup pretest posttest design. Subjek penelitian melibatkan 15 anak kelas B yang terdiri atas 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan mengenal konsep bilangan terhadap anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Tes dijadikan sebagai teknik pengumpulan data, data yang didapat kemudian diolah menggunakan uji-t untuk melihat perbandingan pretest dan posttest. Dari hasil penelitian yang didapatkan nilai pretest lebih kecil dibandingkan dengan nilai posttest. Dan dengan nilai N-Gain berada dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Circle Number berpengaruh dalam kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kinali.


Keywords


circle number, konsep bilangan, kemampuan anak

References


Anita, Y. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Taman Kanak-kanak. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Chandra, R. D. A. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka (1-10) Pada Anak Usia 5-6 tahun Di TK Nusa Indah Desa Gamuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 20182019. Jurnal Pendidikan, 2(1), 32-45.

Fatmaini, S. (2018). Pengaruh Aktivitas Bermain Media Maze Angka Terhadap Perkembangan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan, 4(2), 1-20.

Manurung, A. A. (2019). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Santa Lusia Batang Kuis Kecamatan Percut Sei Tuan Kota Medan T.A 2018/2019. Jurnal Pendidikan, 5(2), 2502-7239.

Masruroh, I. (2014). Pengaruh Bermain Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Kelompok B Di Tk Dharma Wanita Persatuan Sedati-gede Sidoarjo Tahun 2013/2014. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-20.

Mulyaningsih, E. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 1(1), 29-40.

Nurrahmadani. (2017). Memperkenalkan Bilangan Untuk Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Pohon Angka Di TK Darurrahman Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan, 2(1), 70-75.

Parapat, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Make a Match Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Anak Usia 4-5 Tahun di TK Ilmi Insani. Jurnal Usia Dini, 4(2), 2502-7239.

Roliana, E. (2018). Urgensi Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 3(1), 417-420.

Sudaryanti. (2006). Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Mancanan Jaya Cemerlang.

Solfiah, Y. (2018). Kemampuan Mengajar Matematika Guru Taman Kanak-Kanak Di TK Pembina Se-Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan, 1(1), 75-87.

Yanti, H. (2014). Tanya Jawab Seputar Penelitian Sains. Pekanbaru. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id