PENGARUH PENGEMBANGAN DIRI DAN SUPERVISI PEMBELAJARAN TERHADAP KOMPETENSI GURU PKN DI KABUPATEN SOLOK SELATAN

Fidel Efendi

Abstract


Guru yang profesional harus memiliki kompetensi. Mereka harus memiliki pengelolaan pembelajaran, pengembangan potensi, penguasaan akademik dan sikap kepribadian. Artikel ini bertujuan untuk melihat pengaruh pengembangan diri dan supervise pembelajaran terhadap kompetensi guru PKn. Jenis penelitian dalam artikel ini digolongkan kepada penelitian kuantitatif dengan metode path analysis. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru PKn di SMP Kabupaten Solok Selatan yang berjumlah 36 orang. Teknik sampel yang digunakan yaitu total sampling, yang melibatkan seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Analisis data menggunakan uji persyaratan analisis dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh variabel pengembangan diri terhadap kompetensi guru, terdapat pengaruh supervisi pembelajaran terhadap kompetensi guru, terdapat pengaruh pengembangan diri dan supervisi pembelajaran terhadap kompetensi guru.


Keywords


pengembangan diri, supervisi pembelajaran, kompetensi guru

References


Arikunto, S. (2004). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Rajawali Press.

Daft, R. L. (2001). Organization : Theory and design ( tth.ed). Ohio : South- Western College Publishing.

Depdiknas. (2004). Pedoman Pelaksanaan Kompetensi Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hersey, P., and Blanchard, K H.. (1998). Management of organizational behavior: Utilizing human resources. New Jersey: Prentice-hall inc.

Nawawi, H. (2006). Evaluasi dan Manajemen Kerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.

Permendiknas No 16. (2007). Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru. Jakarta: Sekretariat Negara. Depdikbud.

Rivai, A., dkk. (2009). Islamic Leaderrship Mambangun Superleadership melalui kecerdasan Spiritual. Jakarta: Bumi Aksara.

Rifai, M. (1987). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Jammar.

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2008). Pembelajaran Dalam Implementasi KBK. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sarimaya, F. (2008). Sertifikasi guru. Jakarta : Yrama Widya.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang ‐Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Usman, H. (2010). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo. (2012). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Winardi. (2004). Motoivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id