PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA MELALUI EFIKASI DIRI
Abstract
Artikel ini membahas penelitian tentang pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha, lingkungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha, efikasi diri terhadap kesiapan berwirausaha, pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha yang dimediasi oleh efikasi diri, dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha yang dimediasi oleh efikasi diri. Populasi dalam penelitian tersebut melibatkan 141 siswa kelas XII program keahlian Otomasi Administrasi Perkantoran SMK Negeri Mojoagung yang telah mengambil mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Teknik simple random sampling digunakan untuk memilih sampel dan 104 responden dipilih. Teknik penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan tipe kausal asosiatif, dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil yang diperoleh menyimpulkan bahwa pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha (P Value = 0.008), lingkungan keluarga tidak berpengaruh positif terhadap kesiapan berwirausaha (P Value = 0.182), efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha (P Value = 0.019), tidak terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha yang dimediasi oleh efikasi diri (P Value = 0.068), dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha yang dimediasi oleh efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan dengan dampak signifikan (P Value = 0.049).
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Ahmed, I., Islam, T., & Usman, A. (2021). Predicting entrepreneurial intentions through self-efficacy, family support, and regret: A moderated mediation explanation. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 13(1), 26–38. https://doi.org/10.1108/JEEE-07-2019-0093
Alfa, A. A. G., Rachmatin, D., & Agustina, F. (2017). Analisis Pengaruh Faktor Keputusan Konsumen Dengan Structural Equation Modeling Partial Least Square. Jurnal Eurekamatika, 59–71. https://doi.org/10.1109/IRMMW-THz.2014.6956015
Amaliah, R. (2021). The Impact of Entrepreneurial Knowledge , Personality , Motivation and Family Environment on Entrepreneurial Intention Through Self Efficacy. 10(1), 149–157.
Amenan, S. (2016). Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK se-Kabupaten Lombok Tengah ditinjau dari Motivasi, Informasi Bisnis, dan Lingkungan Keluarga. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(1), 1–13. Retrieved from file:///C:/Users/Hewlett-packard/Downloads/9699-28984-1-PB.pdf
Apiatun, R., & Prajanti, S. D. W. (2019). Peran Self-Efficacy Sebagai Variabel Intervening Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Pengalaman Prakerin Terhadap Kesiapan Berwirausaha. 2, 18–23. https://doi.org/10.15294/eeaj.v13i2.17051
Badan Pusat Statistik. (2021). keadaan ketenagakerjaan Indonesia Februari 2021. Bps.Go.Id, 19(37), https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/05/05/1815.
Burnette, J. L., Pollack, J. M., Forsyth, R. B., Hoyt, C. L., Babij, A. D., Thomas, F. N., & Coy, A. E. (2020). A Growth Mindset Intervention: Enhancing Students’ Entrepreneurial Self-Efficacy and Career Development. Entrepreneurship: Theory and Practice, 44(5), 878–908. https://doi.org/10.1177/1042258719864293
Dardiri, A., Irsyada, R., & Sugandi, M. (2019). Contributions of Understanding of Entrepreneurship, Interest in Entrepreneurship, and Self Efficacy to Entrepreneurial Readiness in the Age of the Industrial Revolution 4.0. 242(Icovet 2018), 23–26. https://doi.org/10.2991/icovet-18.2019.6
Elnadi, M., & Gheith, M. H. (2021). Entrepreneurial ecosystem, entrepreneurial self-efficacy, and entrepreneurial intention in higher education: Evidence from Saudi Arabia. The International Journal of Management Education. Retrieved from https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1472811721000070
Garaika, & Margahana, H. (2019). Self efficacy, self personality and self confidence on entrepreneurial intention: Study on young enterprises. Journal of Entrepreneurship Education, 22(1).
Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128
Hendrayanti, S., & Fauziyanti, W. (2021). Entrepreneurship Readiness Towards the Industrial Revolution 4.0. Journal of International Conference Proceedings (JICP), 4(2), 7–18.
Hutasuhut, S. (2018). The Roles of Entrepreneurship Knowledge, Self-Efficacy, Family, Education, and Gender on Entrepreneurial Intention. Dinamika Pendidikan, 13(1), 90–105. https://doi.org/10.15294/dp.v13i1.13785
Idkhan, M., Idris, M., & Sunardi. (2018). The Contribution Knowledge of Entrepreneurship Self Efficiency, and Preparation of Instrumentation to the Entrepreneurial Intension and Its Impact in Entrepreneurial Preparation. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012083
Islami, P. A. F., Elmunsyah, H., & Muladi. (2017). Contribution entrepreneurial knowledge, skills competence, and self-efficacy to student entrepreneurship readiness of multimedia expertise at vocational high school in Malang. AIP Conference Proceedings, 1887(2016). https://doi.org/10.1063/1.5003535
Jusmin, E. (2018). Pengaruh Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik, Dan Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa. Artikel, 42, 144–151.
Kurniawati, A., Rakib, M., Syam, A., Marhawati, & Ahmad, M. ihsan said. (2020). Latar Belakang Keluarga dan Pembelajaran Kewirausahaan Pengaruhnya Terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3((2)), 1–8. https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i2.14294
Lamanepa, A. W., & Sidharta, H. (2020). The Effect of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention. The Journal of Management and Entrepreneurship, 3(1), 1566–1569. https://doi.org/10.5220/0010089115661569
Mahsunah, D. (2013). Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk, Pendidikan Dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan Di Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3), 1–17.
Nurbaya, S. dan M. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Berwirausaha Siswa Smkn Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan UNY, 21(2), 163786. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i2.3260
Pardiman, & ABS, M. K. (2020). Entrepreneurial Readiness: What Are The Roles Of Entrepreneurial Education, Environment And Student’s Mindset? Technium Social Sciences Journal, 11(September), 339–354. https://doi.org/10.47577/tssj.v11i1.1483
Puapradit, T., & Supatn, N. (2021). Influence of Entrepreneurial Alertness and Self-Efficacy on Entrepreneurial Intention. Journal of Business Administration, 1, 214–229. Retrieved from https://so02.tci-thaijo.org/index.php/apheitvu/article/view/248087
Purwanto, A. (2021). The Role of the Use of Social Media and Family Environment on Entrepreneurial Interest of Private University Students. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 33–43.
Ramadani, A. H., Sudjimat, D. A., & Soekopitojo, S. (2015). Kontribusi Pengetahuan Kewirausahaan, Prestasi Prakerin, Kompetensi Keahlian Terhadap Minat Berwirausaha Dan Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Paket Keahlian Teknik Pemesinan Di Madura. Teknologi Dan Kejuruan, 38(2), 199–210.
Ratumbuysang, M. F. N., & Rasyid, A. A. (2015). Peranan orang tua, lingkungan, dan pembelajaran kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 15. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i1.6058
Renaningtyas, D. L., Wahyudin, A., & Khafid, M. (2021). The Effect of Entrepreneurial Knowledge, Industrial Work Practices (Internship), and Family Environment on Entrepreneurial Readiness Through Self-Efficacy. Journal of Economic Education. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec/article/view/52210
Saptono, A., Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Karyaningsih, R. P. D., & Yanto, H. (2020). Does entrepreneurial education matter for Indonesian students’ entrepreneurial preparation: The mediating role of entrepreneurial mindset and knowledge. Cogent Education, 7(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1836728
Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat. Malang: UB Press.
Srianggareni, N. M., Heryanda, K. K., & Telagawathi, N. L. W. S. (2020). Pengaruh Moderasi Self Efficacy Pada Hubungan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Di Universitas Pendidikan Ganesha. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26183
Sugianingrat, I. A. P. W., Wilyadewi, I. I. D. A. Y., & Sarmawa, I. W. G. (2020). Determination of Entrepreneurship Education, Family Environment, and Self-Efficacy on Entrepreneurship Interest. Jurnal Economia, 16(1), 33–43. https://doi.org/10.21831/economia.v16i1.30374
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyorini, Y., & Santoso, B. (2021). Entrepreneurial Knowledge on Entrepreneurial Intention: The Mediating of Perceived Desirability and Perceived Feasibility. Journal of Business and Entrepreneurship, 3(2), 39. https://doi.org/10.24853/baskara.3.2.39-47
Suriasumantri, J. S. (2005). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Utari, F. D., & Sukidjo, S. (2020). The Roles of Need for Achievement and Family Environment in Stimulating Entrepreneurial Interest through Self-Efficacy. Jurnal Economia, 16(2), 143–160. https://doi.org/10.21831/economia.v16i2.28725
Widiyanto, A. S. I. M. (2020). Analisis Empiris Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Berwirausaha Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(1), 28. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i1.5885
Wihardjo, S. D., Sofia, H., Yuliani, N., & Agus, S. (2017). The effects of green schooling knowledge level and intensity of parental guidance on the environmental awareness of the early age student. Educational Research and Reviews, 12(5), 251–257. https://doi.org/10.5897/err2015.2608
Wijayanti, L., Sutikno, T., & Sukarnati, S. (2016). Konstribusi Pengetahuan Kewirausahaan, Pengalaman Prakerin, Dan Kreativitas Terhadap Kesiapan Berwirausaha. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1364—1375-1375. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6565
Wong, K. K.-K. (2013). 28/05 - Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Techniques Using SmartPLS. Marketing Bulletin, 24(1), 1–32. Retrieved from http://marketing-bulletin.massey.ac.nz/v24/mb_v24_t1_wong.pdf%5Cnhttp://www.researchgate.net/profile/Ken_Wong10/publication/268449353_Partial_Least_Squares_Structural_Equation_Modeling_(PLS-SEM)_Techniques_Using_SmartPLS/links/54773b1b0cf293e2da25e3f3.pdf
Yuliani, A. T. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan berwirausaha. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2), 121–124.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8805
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id