IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER KESENIAN DONGKREK DI SMP NEGERI 1 MEJAYAN

Flariska Ernanda Maiyuni, Nurul Ratnawati

Abstract


Berkembangnya globalisasi memberikan pengaruh besar terhadap pola pikir generasi muda. Oleh karena itu, globalisasi tidak dapat dihindari terutama dalam dunia pendidikan. Proses belajar yang berkualitas tidak hanya mengedepankan aspek kognitif saja, tetapi memberikan porsi yang sama terhadap aspek afektif dan psikomotorik. Dengan demikian pendidikan dapat menumbuhkan jiwa yang berkarakter tinggi. Nilai-nilai karakter antara lain religius, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas. Strategi pengembangan penguatan pendidikan karakter di sekolah salah satunya terdapat pada ekstrakurikuler. Tujuan artikel ini untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai karakter dan menganalisis faktor pendukung serta faktor penghambat dalam ekstrakurikuler kesenian dongkrek. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Mejayan Kabupaten Madiun pada bulan Januari – Februari 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa dapat mengimplementasikan nilai – nilai karakter seperti berdoa sebelum dan sesudah latihan, menjalankan salat pada waktunya, melestarikan kebudayaan daerah, menyiapkan sarana dan prasarana secara mandiri, tolong menolong dan disiplin. 2) Faktor pendukung meliputi orangtua mengizinkan siswa ikut berperan aktif dalam mengikuti ekstrakurikuler kesenian dongkrek. Faktor penghambat meliputi sarana dan prasarana kurang memadai seperti ruangan kurang luas dan banyak peralatan yang rusak.


Keywords


nilai-nilai karakter, ekstrakurikuler, kesenian dongkrek

References


Abidin, A. M. (2019) Penerapan Pendidikan Karakter pada Kegiatan Ekstrakurikuler melalui Metode Pembiasaan. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. DOI: 10.30863/didaktika.v12i2.185.

Affandi, A. R. (2018) Pemaknaan Tingkat Pertama (Denotatif) Cerita Rakyat Dongkrek di Kabupaten Madiun. Jurnal Pesona, 4(2), 41. DOI: 10.26638/jp.704.2080.

Ahsanulkhaq, M. (2019) Membentuk Karakter Religius Peserta Didik melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 13. DOI: 10.24176/jpp.v2i1.4312.

Ali, S. (2016) Degradasi Nilai Gotong Royong pada Lingkungan Sekolah (Studi pada SMA Negeri 1 Bajeng). Jurnal Sosialisasi,4(1), 6. DOI: 10.26858/sosialisasi.v0i0.3169.

Amalina, S. N., Djono, D., & Sutimin, L. A. (2018) The Reflection of Javanese Life Manner on The Dongkrek Art and Ritual Performance in Madiun Society. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 108. DOI: 10.18415/ijmmu.v5i4.204.

Anshori, I. (2017) Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63–74. DOI: 10.21070/halaqa.V1i2.1243.

Anwar, M. K. (2017) Pembelajaran Mendalam untuk Membentuk Karakter Siswa sebagai Pembelajar. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 97. DOI: 10.24042/tadris.v2i2.1559.

Aprilina Wulandari, & Fauzi, A. (2021). Urgensi Pendidikan Moral dan Karakter dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 6(1), 75–85. DOI: 10.35316/edupedia.v6i1.1393.

Auliyairrahmah, A., Djazilan, S., & Hartatik, S. (2021) Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran melalui Program Kantin Kejujuran di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 13. DOI: 10.31004/edukatif.v3i6.939.

Aviyah, E., & Farid, M. (2014) Religiusitas, Kontrol Diri dan Kenakalan Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(2). DOI: 10.30996/persona.v3i02.376.

Bappenas. (2015) Bappenas, (online) , (https://www.bappenas.go.id/index.php?cid=8926), diakses 15 Desember 2021.

Barokad, B., & Sunarto, S. (2021) Manajemen Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler Karawitan dalam Konteks Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 104–116. DOI: 10.30738/mmp.v4i1.8967.

Creswell, J. W. (2017) Qualitative Inquiry and Research Design (Choosing Among Five Approaches). University of Nebraska, Lincoln: Sage Publication.

Dahliyana, A. (2017) Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1), 11. Dari https://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/view/5628.

Damanik, S. A. (2014) Pramuka Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(2), 6. Dari http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1383.

Datuk, A. (2019) Pendidikan Muhammadiyah dalam Memantapkan Karakter Siswa di SMA Muhammadiyah Kupang untuk Menyiapkan Generasi 2045.Artikel disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Ponorogo, 29 Agustus.

Dwi Rita Nova, D., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113. DOI: 10.22460/comm-edu.v2i2.2515.

Fajarini, U. (2014) Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2), 123–130. DOI: 10.15408/Sd.v1i2.1225.

Hambali, M., & Yulianti, E. (2018) Ekstrakurikuler Keagamaan terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di Kota Majapahit. Jurnal Pedagogik, 05(2), 16. DOI: 10.33650/pjp.v5i2.380.

Hanif, M. (2016) Kesenian Dongkrek (Studi Nilai Budaya dan Potensinya sebagai Sumber Pendidikan Karakter). Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 1(2), 132. DOI: 10.25273/gulawentah.v1i2.1036.

Hanif, M. (2020) Values of Dongkrek Art as Sources to Improve Cultural Resilience: Proceedings of The 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (Icoflex 2019). 1st International Conference On Folklore, Language, Education and Exhibition (Icoflex 2019), Jakarta, Indonesia. DOI: 10.2991/assehr.k.201230.002.

Hanif, M., Hartono, Y., & Wibowo, A. M. (2019) Pengembangan Model Internalisasi Nilai Kesenian Dongkrek Guna Meningkatkan Ketahanan Budaya Siswa SMA Kabupaten Madiun. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 3(2), 134. DOI: 10.24114/gondang.v3i2.14252.

Hendarman, & Saryono, D. S. (2017) Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud, R. I.

Inriyani, Y. (2017) Peran Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Artikel disajikan dalam Seminar Nasional, Program Studi Pendidikan Dasar UM, Malang.

Jalil, A. (2016) Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 175–194. DOI: 10.21580/nw.2012.6.2.586.

Kemendikbud. (2017) Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional, (online) , (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional), diakses 15 Desember 2021.

Komara, E. (2018) Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. Sipatahoenan: South-East Asian for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 10. DOI: 10.2121/sip.v4i1.991.

Kusniati, E. (2016) Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, 9(2). DOI: 10.29300/nuansa.v9i2.385.

Lestari, R. Y. (2016) Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, 1(2). DOI: 10.30870/ucej.v1i2.1887.

Luthviyani, I. R., Setianingsih, E. S., & Handayani, D. E. (2019) Analisis Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Nilai-Nilai Karakter Siswa di SD Negeri Pamongan 2. Jurnal PGSD, 12(2), 113–122. DOI: 10.33369/pgsd.12.2.113-122.

Magrisa, T., Wardhani, K. D. K., & Saf, M. R. A. (2018) Implementasi Metode Smart pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Siswa SMA. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 13(1), 49. DOI: 10.30872/jim.v13i1.648.

Masfingatin, T., Sholikhah, O. H., Nahar, A. M., Pratiwi, A. B., & Lestari, W. (2020) Pelestarian Seni Dongkrek di SDN Pandean Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(4), 420–426. DOI: 10.26877/e-dimas.v11i4.3685.

Miles, M., & Huberman, A. (2004) Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru (Penerjemah: T.R Rohidi). Jakarta: Universitas Indonesia.

Muttaqin, M. F., & Raharjo, T. J. (2018) The Implementation Main Values of Character Education Reinforcement in Elementary School. Journal of Primary Education,7(1), 10. DOI: 10.15294/jpe.v7i1.22766.

Nahak, H. M. I. (2019) Upaya Melestarikan Budaya Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. DOI: 10.33369/jsn.5.1.65-76.

Nashikhah, M. (2016) Peranan Soft Skill dalam Menumbuhkan Karakter Anak TPA. Tradis: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah,1(1), 33-39. DOI: 10.24042/tadris.v1i1.888.

Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021) Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959. DOI: 10.31004/obsesi.v6i2.1603.

Nurliyah, N., Bisri, H., & Hartati, Y. (2017) Penerapan Nilai-Nilai Karakter melalui Program Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1). DOI: 10.30997/dt.v4i1.824.

Nuryani, H., Hutagalung, B., Purwaningsih, W., & Mustadi, A. (2020) Implementasi Karakter Cinta Tanah Air pada Kesenian Tradisional Jawa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 12. DOI: 10.21009/JPD.011.08.

Pahlevi, F. S. (2018) Peran Kesenian Tradisional Dongkrek sebagai Media Pendidikan Nilai Moral. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 3(2), 221–234. DOI: 10.21154/ibriez.v3i2.86.

Prasetyo Utomo, E. (2018) Internalisasi Nilai Karakter Gotong Royong dalam Pembelajaran IPS untuk Membangun Modal Sosial Peserta Didik. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 95–102. DOI: 10.17977/um022v3i22018p095.

Prianto, D. A., Pd, M., Putri, T. H., & Pd, S. (2017). Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Belajar, Dukungan Orang Tua yang Dirasakan terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMA PGRI Ngimbang Lamongan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis, dan Manajemen (JPEKBM, 1(2), 26. DOI: 10.32682/JPEKBM.V1I2.475.

Rachmadyanti, P. (2017) Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 201. DOI: 10.30870/jpsd.v3i2.2140.

Rahmawati, H. L., & Gunansyah, G. (2020) Kesenian Dongkrek Desa Mejayan Kabupaten Madiun sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnopedagogi di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(7), 12. Dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/41528.

Riani, A., & Purwanto, A. (2018) Ekstrakurikuler Pencak Silat Membangun Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah. 7. Artikel disajikan dalam Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 31 Januari.

Robson, C. &. (2016) Real world research. Wiley.

Rosardi, R. G., & Zuchdi, D. (2014) Keefektifan Pembelajaran IPS dengan Strategi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian dan Kepedulian Siswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2). DOI: 10.21831/hsjpi.v1i2.2440.

Rozi, F., & Hasanah, U. (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Penguatan Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Pesantren. Manazhim, 3(1), 110–126. DOI: 10.36088/manazhim.v3i1.1075.

Sari, Y. M. (2016) Pembinaan Toleransi dan Peduli Sosial dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1). DOI: 10.17509/jpis.v23i1.2059.

Setiawan, N. A., & Ar, G. (2019) Perbedaan Perilaku Moral Siswa Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan Umum dan Agama. Jurnal Psikologi Malahayati, 1(2). DOI: 10.33024/jpm.v1i2.1859.

Shidiq, A. F., & Raharjo, S. T. (2018) Peran Pendidikan Karakter di Masa Remaja sebagai Pencegahan Kenakalan Remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 176. DOI: 10.24198/jppm.v5i2.18369.

Soleh, D. R. (2021) Optimization of Drama Learning Model Based on ‘Dongkrek’ Traditional Theater. American Journal of Humanities and Social Science Research (AJHSSR),5(5), 388-391. Dari https://www.ajhssr.com/wp-content/uploads/2021/05/ZQ2155388391.pdf.

Sri Wahyuni, L. (2020) Peran Strategis Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 1(1), 70–76. DOI: 10.47239/jgdd.v1i1.21.

Sri Sudarso, M., & Nurhasanah, E. (2018) Implementasi Pendidikan Karakter pada Ekstrakurikuler Drama (Teater). Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 15. Dari http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/192.

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Syuhada, S. (2020) Dimensi Kognitif dan Afektif Kesadaran Hukum. Legitimasi: Jurnal Hukum Pidana dan Politik Hukum, 9(1), 133. DOI: 10.22373/legitimasi.v9i1.7330.

Taufik, T. (2013). Peran Monitoring dan Evaluasi Terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntansi, 1(2), 14. Dari https://ja.ejournal.unri.ac.id/index.php/JA/article/view/1466.

Ulya, V. F., & Anisah, Z. (2021) Pembentukan Nilai Karakter Integritas melalui Gerakan Literasi Sekolah pada Anak MI/SD. Premiere : Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 43–56. DOI: 10.51675/jp.v3i1.118.

Wahyuningsih, S., Prabawati, S. P., & Febriary, I. (2012) Revitalisasi Seni Pertunjukan Dongkrek sebagai Upaya Penguatan Identitas Daerah dan Pengembangan Aset Wisata Budaya di Kabupaten Madiun Jawa Timur. Jawa Tengah: Surakarta Fak Sastra & Seni Rupa UNS.

Widiyono, S. (2019) Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi. Populika, 7(1), 12–21. DOI: 10.37631/populika.v7i1.24.

Widodo, H. (2019) Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta. Lentera Pendidikan, 22(1), 12. DOI: 10.24252/lp.2019v22n1i4.

Wijayanti, E. (2018) Implementasi Pendidikan Karakter Kurikulum 2013 di SMK Batik 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 10. DOI: 10.2317/jpis.v28i1.6770.

Wulan, N., Wakhyudin, H., & Rahmawati, I. (2019) Ekstrakurikuler Seni Tari dalam Membentuk Nilai Karakter Bersahabat. Indonesian Values and Character Education Journal 2(1), 8. DOI: 10.23887/ivcej.v2i1.17926.

Wuryandani, W., Fathurrohman, F., & Ambarwati, U. (2016) Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian di Muhammadiyah Boarding School. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 15(2). DOI: 10.21831/cp.v15i2.9882.

Yin, R. (2012) Case Study Methods. APA handbook of research methods in psychology, Research designs: Quantitative, qualitative, neuropsychological, and biological. American Psychological Association, 2. DOI: 10.1037/13620-000.

Zulfahmi, J. (2018) Peran Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Perspektif Pendidikan Islam. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 16. Dari https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bidayah/article/view/145.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8814

Refbacks



Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id