PENERAPAN METODE KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SDN 018 HARAPAN TANI DI INDRAGIRI HILIR RIAU

Amad Solong

Abstract


Artikel ini berupa penelitian tindakan kelas. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar dan disiplin belajar siswa di kelas V di SDN 018 Harapan Tani. Subjek penelitian ini melibatkan 37 siswa kelas V SDN 18 Harapan Tani yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswi perempuan. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes hasil belajar siswa. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif yang disajikan dengan angka serta menggambarkan suatu permasalahan sesuai dengan fakta yang ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah adanya tindakan berupa penerapan model pembelajaran konstektual. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada ulangan harian pertama rata-rata berjumlah 83 dengan persentase peningkatan 13.3% dibandingkan dengan data awal. Selanjutnya pada ulangan harian kedua ditemukan nilai rata-rata hasil belajar siswa berjumlah 94 dengan persentase sebesar 15.6%. Terbukti dengan adanya tindakan pembelajaran berupa penerapan model pembelajaran konstektual pada mata pelajaran PKn siswa berhasil meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan disiplin belajar siswa. Perbandingan disiplin siswa dalam belajar terjadi peningkatan pada tiap siklus I dan II. Pada siklus I ditemukan data sebesar 62% dengan kategori cukup baik dan pada siklus II ditemukan persentase sebesar 86%  dengan kategori sangat baik. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan penerapan metode pembelajaran konstektual dapat meningkatkan disiplin belajar siswa.


Keywords


metode pembelajaran konstektual, hasil dan disiplin belajar siswa, mta pelajaran Pkn

References


Amir, M. F. (2015). Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (pp. 34-42).

Akbal, M. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembangunan karakter bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial (Vol. 2, pp. 485-493).

Daryanto. (2007). Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta.

Dwi, I, V. (2013). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Fotosintesis. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, 01 (02), 21-29.

Hadianti, L. S. (2017). Pengaruh Pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa (Penelitian deskriftif analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan UNIGA, 2(1), 1-8.

Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta : Multi pressindo.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kurniawan, M. I. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 37-45.

Munib, A. dkk. (2012). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/ MKDK-LP3 Universitas Negeri Semarang.

Purwanto., M. (2006). Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rini, E. S. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 9(2).

Sudjana, N. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Wibowo, A. P., & Wahono, M. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan: usaha konkret memperkuat multikulturalisme di Indonesia. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 196-205.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id