IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS PADA MAHASISWA PGSD

Mutiara Salsabila Awani, Eddy Noviana, Eva Astuti Mulyani

Abstract


Munculnya penyakit covid-19 di seluruh dunia termasuk di Indonesia, corona virus merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan pada manusia mulai dari flu yang biasa hingga pada penyakit yang cukup serius. Hal ini menyebabkan dampak yang begitu besar bagi berbagai bidang yang ada di Indonesia terutama dalam bidang pendidikan dan mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring, Walaupun mudah dalam proses pelaksanaan sistem kuliah daring ini, tetapi masih banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran didalam jaringan ini. Penelitian yang dipaparkan di artikel ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan yang dialami oleh mahasiswa PGSD selama melakukan proses pembelajaran dalam jaringan berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian yaitu mahasiswa angkatan 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh mahasiswa PGSD yaitu tidak menyukai pembelajaran dalam jaringan, bermain sosial media dan tidak memperhatikan dosen atau teman dalam menjelaskan materi yang diberikan, merasa bosan melaksanakan belajar dalam jaringan, tidak mampu memahami materi yang diberikan oleh dosen, peningkatan dalam hasil belajar meningkat tetapi tidak dengan pemahaman, dan kendala jaringan selama melakukan proses belajar dalam jaringan berlangsung.


Keywords


kesulitan belajar, pembelajaran online, pandemic covid-19

References


Afnibar, N, D. F., & Putra, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Kuliah Online ( Studi pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Imam Bonjol Padang ). Al-Irsyad, 11(2), 187–196.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19 Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Jurnal Pendidikan, 2 (1), 496–503.

Haqiqi, K. (2018). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ipa Siswa Smp Kota Semarang Arghob Khofya Haqiqi Sekolah Tinggi Agama Islam Kudus Tabel 1 . Sampel Penelitian berdasarkan Peringkat Sekolah. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1), 37–43.

Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.

Leonard, I. M. (2013). Kajian Penerapan E-Learning Dalam Proses. Faktor Exacta, 6(4), 278–289. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/download/239/225

M. Andi, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran.

Manapa, E. S., Sampetoding, E. A. M., Natalin, M., Sinambela, B., Sitohang, D. I. L., Ambabunga, Y. A. M., & Ardhana, V. Y. P. (2021). Analisis Terhadap Metode Kuliah Daring dan Biaya Tranposrtasi Mahasiswa Indonesia Dalam Masa Pandemi COVID-19. Journal Dynamic Saint, 5(2), 985–991. https://doi.org/10.47178/dynamicsaint.v5i2.1108

Mubarok, M. I. (2018). Upaya Menurunkan Kejenuhan Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Games Pada Siswa Kelas Xi Akuntansi Smk the Use of Group Counselling Using Games Technique To Reduce Study. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 143–154.

Nuraeni, & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi kesulitan belajar siswa dengan pendekatan kognitif. Jurnal Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 24.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Silviana, N. F. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 1-20.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pgri Madiun. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun, 8, 81–86.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Supriyanto, & Setiawati, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah (Siswa Kelas X Ips Sma Muhammadiyah 1 Metro Dalam Materi Manusia Purba Di Indonesia). Jurnal Swarnadwipa, 2(1), 27–44.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id