PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 018 HARAPAN TANI

Rina Syarvitra

Abstract


Model pembelajaran Group Investigation adalah model pembelajaran yang mengajak siswa untuk berperan serta dalam kelompok untuk mengungkapkan pendapatnya serta siswa dituntut untuk melakukan kerja sama dengan para anggota kelompoknya. Artikel ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA. Penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tersebut dilaksanakan di SDN 018 Harapan Tani. Subjek penelitian tersebut melibatkan 28 siswa kelas V (Lima). Penerapan model pembelajaran Group Investigation dilihat dari hasil belajar siswa. Yaitu aspek pengetahuan (Siklus I : rata-rata 64.92, dan ketuntasan klasikal 60.71%, Siklus II: rata-rata 72.39, dan ketuntasan klasikal 78.57%), aspek sikap (Siklus I : rata-rata 64.28 dan 78.57, Siklus II: rata-rata 85.71 dan 92.85), dan aspek keterampilan (Siklus I : rata-rata 64.28 dan 78.57, Siklus II: rata-rata 85.71 dan 92.85). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation yang dilakukan oleh guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.


Keywords


group investigation, hasil belajar siswa, IPA

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Arisanti, D. (2012). Peran guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas x SMA PGRI 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9).

Aunnurahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Damayanti, E., Wasitohadi., Rahayu, T. S. (2018). Upaya peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran group investigation berbantuan media video Pada siswa. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter,1(1), 361-366. doi: 10.31764/pendekar.v1i1.384.

Harahap, S.S. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Sikap Demokratis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 1(1). 268-272

Indartik. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation Pada Siswa Kelas VI Semester I SDN 01 Nambangan Lor Kota Madiun. Jurnal Edukasi Gemilang. 3(3). 1-7

Indriasih, A. (2015). Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Di Kelas III SD. Jurnal Pendidikan, 16(2), 128-137.

Kurniasih, I. & B. Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe think pair share untuk meningkatkan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2).

Mawardi. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 8(1). 26-40.

Muliyantini, P. & Parmiti, D. P. (2017). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 91-98. doi: 10.2388/jisd.v1i2.10143.

Muzzilawati, S., Aeni, A. N., Hanifah, N. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan media potret budaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2101-2110. doi: 10.17509/jpi.v2i1.12427.

Putu. Ketut., & Dewa. (2016). Studi Komparatif Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Dan Snowball Throwing Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas X SMA Laboratorium Undiksha. Karmapati. 5(2). 1-10

Shobirin, M. (2016). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Deepublish.

Sumertha, I. G. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2), 195-202. doi:10.23887/jp2.v2i2.17908.

Supraptono, E. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Drill Berbantuan Multimedia Interaktif Dalam Materi Microsoft Excel 2007. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. 16(4).

Trianto. 2012. Model PembelajaranTerpadu. Jakarta: BumiAksara.

Umaroh, M. (2013). Upaya Meningkatan Kecerdasan Bahasa melalui Model Cooperative Learning pada Siswa Kelompok B di RA Muslimat NU Desa Kandang Kecamatan

Comal Kabupaten Pemalang. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(1).

Widiana, I Wayan. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. 6(2).

Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2012). Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan alat peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).

Wijaya, Aji. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Group Investigation Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Widyagogik. 5(2). 1-11

Wijiasih, A. T. (2017). Hubungan Aktivitas Belajar Dan Disiplin Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Gugus Werkudara Petanahan Kabupaten Kebumen (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id