PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN MATERI AJAR GEOMETRI BERBASIS RME TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Eksa Aqila Cindyana, Jesi Alexander Alim, Eddy Noviana

Abstract


Artikel ini melaporkan sebuah penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan informasi secara objektif serta mengkaji perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan metode pembelajaran berdiferensiasi berbantuan materi ajar geometri berbasis RME dengan siswa yang belajar dengan metode konvensional. Penelitian tersebut menggunakan metode kuasi eksperimen dengan jenis non equivalent control group design. Penelitian dilaksankan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 pada mata pelajaran matematika materi geometri. Subjek pada penelitian melibatkan siswa kelas 3 SD Madani Islamic School Riau yang terdiri dari kelas 3A sebagai kelas control dan 3C sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian tersebut data dikumpulkan dengan menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 6 butir soal uraian. Data statistik yang diperoleh yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang diolah menggunakan program SPSS 25. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,029. Oleh karena itu, nilai signifikansinya sebanyak < 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbantuan materi ajar geometri berbasis RME terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas 3 SD Madani Islamic School Riau.


Keywords


pembelajaran berdiferensiasi, RME, kemampuan penalaran matematika

References


Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Andini, D. W. (2016). “Differentiated Instruction”: Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman Siswa di Kelas Inklusif. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3).

Arikunto, S.(2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Awaliyah, W., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 93.

Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki, M. H., Isa, H. M., & Amin, I. M. (2020). Pembelajaran kontekstual dalam mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161–164.

Hanifah, N. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal Dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa Dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. SOSIO E-KONS, 6(1), 41–55.

Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Direktorat UPI Bandung.

Irawan, T. H., Sugiarti, T., & Agustiningsih, A. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Persegi, Persegi Panjang dan Segitiga Pada Siswa Kelas III SDN Kebonsari 04 Jember. Jurnal Edukasi, 5(1), 1489–1497.

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. PLB FIP UNP, 1–58.

Maryati, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran RME. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 20 (2), 127–130.

Meyad, N. A., Roslan, S., Abdullah, M. C., & HajiMaming, P. (2014). The Effect of Differentiated Learning Method in Teaching Arabic Language on Students Motivation. Journal of Social Science Research, 5(1), 671–678.

Mulyati, A. (2017). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SD IT Adzkia I Padang. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 90–97.

Nuralam, N., & Maulidayani, M. (2020). Capaian Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Model Air. Numeracy, 7(1), 35–48.

Pratiwi, F., Sugiarti, T., & Hutama, F. S. (2020). Penerapan teori belajar Van Hiele untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 128-138.

Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangka Pembelajaran dengan Model Doferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development Institut, 8(4), 310–319.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, C. (2017). Menanamkan Konsep Bentuk Geometri (Bangun Datar). Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 3(1), 1–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id