STUDI LITERATUR: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR DI ERA NEW NORMAL

Mirda Indriani, Alisia Rahmadini, Dwi Inda Kurnianti

Abstract


Pendidikan karakter merupakan jalan yang harus ditempuh oleh setiap siswa baik dalam dunia pendidikan maupun dalam kehidupan sehari-hari demi membentuk karakter penerus bangsa yang berkualitas. Karakter erat hubungannya dengan nilai dan norma yang berlaku di lingkungan kehidupan manusia. Di masa kenormalan baru manusia sudah mulai beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi. Seperti yang telah diketahui, tata krama dalam bersosial media dan dalam pemanfaatan laman internet saat ini masih sangat memprihatinkan. Bagi siswa sekolah dasar yang beberapa waktu ini kebanyakan menempuh pendidikan secara daring tentu perlu mendapatkan pendidikan lebih terkait karakter dan cara bersosialisasi yang tepat. Untuk itu peran pendidikan sangat penting demi menciptakan generasi muda berkarakter sesuai dengan jati diri bangsa yang sesungguhnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dijadikan bahan referensi pada penelitian yang relevan selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur sesuai teori dan penelitian yang telah ada, kemudian kami simpulkan menjadi teori baru yang relevan. Hasil dari penelitian menyebutkan bahwa pengimplementasian pendidikan karakter sekolah dasar dimasa pandemi berjalan dengan baik. Hal ini didukung dengan berbagai upaya yang telah dilaksanakan oleh guru, dan dukungan dari sekolah serta orang tua. Dari berbagai upaya yang telah dijabarkan diatas, peneliti merekomendasikan upaya-upaya tersebut untuk diterapkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing sekolah dasar.


Keywords


implementasi, kenormalan baru, pendidikan karakter

References


Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 107–115. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407

Acoci, Faslia, & Akbar, A. (2021). Edukasi Guru Sekolah Dasar dalam Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri 1 Baadia Kota Baubau. Jurnal Abdidas, 2(5), 1099–1104. http://abdidas.org/index.php/abdidas

Aini, T. N., Akbar, S., & Winahyu, S. E. (2021). Implementasi Program Adiwiyata Berbasis Partisipatif Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 57–70. https://doi.org/10.17977/um009v39i12021p057

Akhwani, A., & Afwan Romdloni, M. (2021). Indonesian Journal of Primary Education. © 2021-Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 1–12. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Apriani, A.-N., Suwandi, I. K., Ariyani, Y. D., & Sari, I. P. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter pada Masa New Normal Covid-19 melalui Flipped Classroom. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 102–113. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i2.37909

Astuti, S., Pramudiani, P., Masykuroh, K., & Ulfah, S. (2021). Synergy of teachers and parents in integration of character values in online learning in the time of the covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan Karakter, XI(1).

Christine Diah Wahyuningsih. (2020). Kenormalan Baru Dan Perubahan Sosial Dalam Perspektif Sosilogi. Majalah Ilmiah FISIP UNTAG Semarang, 1(No. 21 Oktober 2020), 104–122.

Darmawan, A., Junaidi, I. A., & Ayurachmawati, P. (2022). ANALISIS PENANAMAN KARAKTER SOPAN SANTUN DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR. IRJE: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 210–217.

Dewi, N. P. C. P., Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2021). MEMBENTUK KARAKTER ANAK MELALUI HABITUASI DONGENG PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. JIBS: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, Volume 8(2), p.144-151. http://abdidas.org/index.php/abdidas

Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter di Persekolahan. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(2), 71–84. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.2465

Faujiah, N., Muwarni, S., & Driana, E. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Islam Daarus Shofwah Bojonggede-Bogor. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan (JPPP), 3(2), 9–20. https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.4729

Febriantina, S., Riswono, D. A., Aprilia, L., Sabrina, & Ukhfiya, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar. JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 16–26.

Hastuti, D. N. A. E., & Suyanti. (2022). Penilaian Karakter Disiplin Siswa SD Di Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan. Jurnal Jendela Pendidikan, 02(01), 61–71. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/6

Johannes, N. Y., Salamor, L., & Taihuttu, E. S. (2021). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kemitraan Dengan Keluarga Sendiri Pada Sd Negeri 2 Hulaliu. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol9issue1page1-10

Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 115–120. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.614

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1229

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Ayu, S., & Umar, M. (2020). The Implementation of Character Education Integrated To Curriculum and Learning Methods During Covid-19 Pandemic. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020%0AIMPLEMENTASI

Ni’mawati, N., Handayani, F., & Hasanah, A. (2020). Model Pengelolaan Pendidikan Karakter Di Sekolah Pada Masa Pandemi. Fastabiq : Jurnal Studi Islam, 1(2), 145–156. https://doi.org/10.47281/fas.v1i2.26

Octaviani, J. N., Utaminingsih, S., & Masfu’ah, S. (2022). PEMBENTUKAN SIKAP PEDULI SOSIAL ANAK PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI DESA PRINGTULIS, JEPARA. JIP: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(10), 3453–3462.

Permana, E. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Wayang Kertas Terhadap Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 190–196. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1028

Roziqin, K., Martati, B., & Putra, D. A. (2021). Analisis Karakter Religius Siswa Dalam Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(1), 1–6. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/12150

Rusmana, A. O. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Di SD. Jurnal Eduscience, 4(2), 74–80. https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.89

Sabrina, U., Ardianti, S., & Ermawati, D. (2021). Kendala dalam Menumbuhkan Karakter Religius Anak Usia Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3079–3089. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1233

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. IVCEJ: Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Seran, E. Y., & Mardawani. (2021). STRENGTHENING STUDENT CHARACTER VALUES IN SCHOOL LEARNING ACTIVITIES DURING THE PANDEMIC PERIOD. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 49–56. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.4142

Setiawan, A. (2021). Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 319–327. https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1795

Sianturi, Y. R. U., & Dewi, D. A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 209–212. https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.182

Suhartinah. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Mendidik Karakter Pada Masa Pandemi Bagi Siswa SD. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(1), 146–151.

Sukarno, Sularmi, Suharno, & Surya, A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar: Kajian Praksis. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 1–23.

Sumiana, & Wahyu Susiloningsih. (2020). Pendidikan Karakter Sekolah Dasar di Era New Normal. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 199–205. https://doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2731

Tera Noviantiningtyas Ripto S, & Mukmin, B. A. (2021). Analisis Implementasi Karakter Mandiri Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19Berbasis Media Asinkronus. Jurnal Basicedu, 5(4), 2045–2053.

Yuliastuti, & Sari, W. F. (2022). PERAN ORANG TUA DAN GURU KELAS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS V SD NEGERI 11 SINTUK TOBOH GADANG KAB. PADANGPARIAMAN. Ensiklopedia of Journal, 4(2), 43–47.

Yunita, Y., Anwar, A., & Hitami, M. (2022). PENDIDIKAN KEJIWAAN (AL- NAFS) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BUNAYYA PEKANBARU. Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 65–72.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id