PENGEMBANGAN APLIKASI ECSON (Early Childhood SexeducatiON) UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA 5-6 TAHUN

Yessi Komalasari, Enda Puspitasari, Zulkifli N

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan dari Aplikasi ECSON (Early Childhood Sex educatiON) untuk mengenalkan pendidikan seks kepada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) langkah-langkah yang dilakukan yaitu: mengenal potensi dan masalah, pengumpulan data/informasi, desain produk, validasi desain produk, revisi desain, pembuatan produk dan uji coba produk. Teknik pengumpulan data dengan observasi, menyebar angket, dan analisis dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk validasi  Aplikasi ECSON dari ahli media, ahli materi, dan ahli pendidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian dapat disimpulkan bahwa validasi dari ahli materi sebesar 85% “sangat layak”, validasi dari ahli media sebesar 85% “sangat layak”, validasi dari ahli pendidik diperoleh hasil persentase sebesar 97% “sangat layak”. Hasil uji coba terbatas yang telah dilakukan memperoleh hasil persentase sebesar 92%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media ECSON (Early Childhood Sex educatiON) layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Hikmah Kecamatan Seberida.


Keywords


Aplikasi ECSON, Pengenalan Pendidikan Seks

References


Aji, N. Soesilo, Tritjahjo. Windrawanto, Yustinus. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Oleh Orang Tua Dan Guru di TK Pamekar Budi Demak. Diakses 24 Oktober 2021, dari Universitas Muria Kudus

Camelia, Lely. Nirmala, Ine. (2017). PENERAPAN PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA DINI MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (Upaya Pencegahan kekerasan dan Pelecehan Seksual Terhadap Anak Usia Dini Melalui Penerapan Pendidikan Seks Dalam Perspektif Sunnah Rasul) Vol 1 No 1. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Chomaria, Nurul. (2012). Pendidikan Seks Untuk Anak (Dari Balita Hingga Dewasa). Solo: Aqwan Jembatan Ilmu.

CNN Indonesia "KemenPPPA : Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan Meningkat di 2021" (https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211208195408-20-731671/kemenpppa-kasus-kekerasan-anak-dan-perempuan-meningkat-di-2021)

Fajar, Dwi Ario. Susanto. Ribut, Achwandi. (2014). Strategi Optimalisasi Peran Pendidikan Seks Usia Dini Di Paud Dalam Menanggulangi Pelecehan Seks Terhadap Anak Di Pekalongan. Jurnal Litbang Kota

Fatma, Z., & Maulidiyah, E. C. (2019). Pengaruh Permainan Engklek Modifikasi Terhadap Pemahaman Pendidikan Seks Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 8(2), 1–5.

Hamid, Mustofa Abi. Rahmi, Ramadhani. DKK. 2020. Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Jatmikowati, Tri. Ria Angin & Ernawati. (2015). Model dan Materi Pendidikan Seks Anak Usia Dini Perspektif Gender Untuk Menghindarkan Sexual Abuse No.3. Cakrawala Pendidikan

Justicia, Risty. (2016). Program Underwear Rules untuk Mencegah Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 9 Edisi 2.

Kurniawati,R.A. & Wahyuningsih,S. & Pudyaningtyas,A. (2020). Penerapan Pendidikan Seksualitas Melalui Media Lagu Pada Anak Usia 5-6 Tahun Guna Meningkatkan Pengetahuan Seksualitas. Jurnal Kurama Cendekia, Vol. 8 No. 3.

Marlina, S., Pransiska, R., Negeri Padang, U., Hamka, J., Tawar Padang, A., & Barat, S. (2018). Pengembangan Pendidikan Seks Di Taman Kanak-Kanak. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–12. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/Ya aBunayya/article/view/3743

Moh. Roqib. (2008). Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, 13.

Neyfa, B. C., & Tamara, D. (2016). PERANCANGAN APLIKASI E-CANTEEN BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJECT ORIENTED ANALYSIS & DESIGN (OOAD). Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik. https://doi.org/10.1136/bmj.1.6001.107

Permanda, S., Alpusari, M., & Noviana, E. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IVC SD Negeri 147 Pekanbaru. 1, 1–13.

Qibtiyah, Alimatul. 2006. Paradigma Pendidikan Seksualitas. Penerbit Kurnia Kalam Semesta.

Soesilo, Tritjahjo Danny. 2021. Pelaksanaan Parenting Pendidikan Seks (Pesek) Anak Usia Dini di PAUD Tunas Bangsa Ungaran Kabupaten Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1)

Solihin. 2015. Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), 1.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanti. 2020. Persepsi dan Cara Pemberian Pendidikan Seksual Pada Anak TK. Indramayu: Penerbit Adab.

Vitorio, Mantalean. 2021. "Komnas PA: Ada 2.700 Kasus Kekerasan Terhadap Anak Selama 2020, Mayoritas Kejahatan Seksual" dalam Kompas.com (https://megapolitan.kompas.com/re ad/2021/01/04/15361151/komnas-pa-ada-2700-kasus-kekerasan-terhadap-anak-selama-2020-mayoritas). Depok : PT Kompas Media Nusantara




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id