KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS RIAU

Hesti Nursuci Rahmadani, Rr. Sri Kartikowati, Hardisem Syabrus

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kesiapan mengajar mahasiswa pada Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Riau. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif PIPS yang berjumlah 68 mahasisiwa yang diambil dari seluruh mahasiswa aktif PIPS yang berjumlah 211 mahasiswa dengan Teknik penelitian yang digunakan adalah Teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan dengan google form. Data yang  diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Diperoleh data bahwa motivasi mengajar berada pada kategori sangat baik 51% dan kesiapan mengajar pada kategori sangat baik 60%. Kemudian data diolah menggunakan bantuan SPSS versi 24. Hasilnya menunjukkan bahwa motivasi mengajar memberikan kontribusi kepada kesiapan mengajar sebesar 59%. Sisanya sebanyak 41% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian yaitu faktor minat, kapasitas intelektual, persepsi dan lainnya. Kemudian diketahui nilai konstan dimana setiap satu satuan dari nilai X akan diikuti perubahan nilai Y Artinya jika motivasi mengajar mengalami kenaikan nilai sebesar 1 unit maka akan diikuti kenaikan nilai sebesar 1 unit pula pada kesiapan mengajar dengan asumsi bahwa motivasi mengajar bersifat tetap. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan motivasi mengajar terhadap kesiapan mengajar calon guru, mahasiswa, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Riau.


Keywords


Motivasi mengajar, Kesiapan mengajar, Mahasiswa

References


Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2011. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasibuan, H. M. S. P. 2017. Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Haqqi, U. L., Witri, G., Suroyo, S., Ibrahim, B., & Hermita, N. 2021. Hubungan Antara Minat Menjadi Guru Sekolah Dasar Dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol.4. No.2. Hal.151-162

Hidayat, Y. 2020. Peningkatan Kinerja dan Motivasi Mengajar terhadap Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, II (1), 121–130 (Online) https://doi.org/10.37577/jp3m.v2i1.199 diakses pada 8 Mei 2022

Iqbal, Mohamad. 2014. Pengaruh Motivasi Mengajar dan Prestasi Belajar

Mahasiswa terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. (Online) http://repository.fe.unj.ac.id/1871/1/Cover.pdf diakses pada 12 Januari 2022

Kamalia, 2019. “Pengaruh Motivasi Mengajar dan Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS Angkatan 2015 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang”. Pembimbing Skripsi: Kusumadyahdewi, M. AB. (Online) http://etheses.uin-malang.ac.id/16264/1/15130132.pdf diakses pada Oktober 2021.

Makmun. A. S. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. 2002. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nursakinah. 2019. Pengaruh Kompensasi Finansial dan Motivasi Mengajar Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Gowa. Skripsi. (Online)http://eprints.unm.ac.id/11841/1/SKRIPSI%20NURSAKINAH%20%281494043052%29.pdf diakses pada 14 Juli 2022

Sardiman. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sari, F. P., & Aziz, N. 2019. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Yang Dimediasi Oleh Motivasi Kerja Karyawan Rocky Plaza Hotel Padang. 1–18. https://doi.org/10.31219/osf.io/ m8pn3

Siswanto. 2011. Tingkat Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta Vol. IX. No. 2. (Online) https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/issue/view/181diakses pada 12 Januari 2022

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty. 2012. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2014. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutrisno, E. 2016. Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Uno, Hamzah B. 2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuniasari, T. 2017. Pengaruh minat menjadi guru, lingkungan keluarga, dan praktik pengalaman lapangan (ppl) terhadap kesiapan menjadi guru akuntasi mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2013 FE UNY. Yogyakarta: Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id