PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK CERITA RAKYAT MELAYU UNTUK PENINGKATAN MINAT BACA MAHASISWA

Adisthi Martha Yohani, Nana Rahayu, Yenny Aristia Nasution

Abstract


Minimnya variasi media ajar dalam pembelajaran bahasa asing berimbas pada kurangnya motivasi mahasiswa dalam pembelajaran membaca. Penelitian ini bertujuan untuk membuat materi ajar yang memasukkan unsur budaya Melayu ke dalam komik untuk meningkatkan minat baca siswa. Kajian semacam ini memerlukan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model prosedural. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model 4-D. Penelitian pengembangan ini dilakukan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, FKIP, Universitas Riau selama bulan Juni-Oktober 2022. Prototipe media pembelajaran yang dibuat melalui penelitian ini dinilai oleh 3 validator menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dilakukan dengan menentukan nilai validasi. Skor rata-rata penilaian tampilan teks komik adalah 81,22% dengan kategori sesuai. Penilaian tampilan gambar memiliki validitas dan skor rata-rata 85,37 persen. Skor rata-rata untuk mengembangkan peran komik sebagai bahan pembelajaran adalah 80,53 persen dan dikategorikan baik. Dari keempat kriteria penilaian validasi media komik tersebut, diperoleh skor sebesar 81,22%, dengan kata lain komik memiliki validitas yang baik sebagai media ajar.


Keywords


Pengembangan, Komik, Minat membaca

References


Abdullah, R. A. b. (2021). The Influence of Motivation and Learning Strategies on Academic Performance in Learning Japanese Language Among Malay Students: A Conceptual Framework. Review of International Geographical Education Online, 11(8), 308–317. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.08.30

Diana, C., Trianto, A., & Purwadi, A. J. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Muatan Lokal Teks Cerita Fantasi Smpn 1 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(3), 343–356. https://doi.org/10.33369/jik.v5i3.19222

Diner, L. (2020). Efforts to increase listening ability through interactive multimedia on dokkai learning in Japanese language education program of UNNES. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(12), 69–84. https://api.elsevier.com/content/abstract/scopus_id/85079756087

Djafri, F. (2018). Analisis Naratif Pada Proses Pembelajaran Bahasa Jepang di Perguruan Tinggi dan Pengaruhnya Terhadap Pilihan Masa Depan Pembelajar Setelah Lulus. JLA (Jurnal Lingua Applicata), 1(2), 105. https://doi.org/10.22146/jla.34516

Djafri, F. (2019). Book Review: Jizoku Kanou na Daigaku no Ryuugakusei Seisaku: Ajia Kakuchi to RFenkei Shita Nihongo Kyouiku ni Mukete (Sustainable University’s International Students Policy: Toward Japanese Language Eduacation in Collaboration with Various Asian Countries. JLA (Jurnal Lingua Aplicata), 3(1), 53–56. https://jurnal.ugm.ac.id/jla/article/download/55370/27814

Dörnyei, Z. (2021). Teaching and researching motivation: New directions for language learning. In Teaching and Researching Motivation. https://doi.org/10.4324/9781351006743

Dörnyei, Zoltán. (2018). Motivating Students and Teachers. In The TESOL Encyclopedia of English Language Teaching (pp. 1–6). https://doi.org/10.1002/9781118784235.eelt0128

Fawziah, F. (2017). Nilai Karakter pada Kearifan Lokal dalam Karya Sastra. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis …. https://pusdiklattekniskemenag.e-journal.id/andragogi/article/view/19

Hidayati, R., Permadi, T., & Sastromiharjo, A. (2020). Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV TUNJUK AJAR MELAYU RIAU DALAM SASTRA KLASIK SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER BANGSA. Seminar International Riksa Bahasa XIV, 731–740. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa

Jaohari, A. L. (2021). The Effectiveness Of Japanese Learning Through Anime (Study On Student Of Japanese Language Department Widyatama University). Review of International Geographical Education Online, 11(6), 311–315. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.06.37

Kartika, Diana; Astuti, Yuni; Bakar, Yusrizal; Mardius, A. (2017). Pengenalan Bahasa Dan Budaya Jepang Bagi Guru Introduction of Japanese Language and Culture for Teachers. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 161–165.

Prima Diana Khaled, Hendri Zalman, dan M. A. P. (2019). Pengaruh Penggunaan Comic Strip Terhadap Kemampuan Menulis Teks Transaksional Bahasa Jepang Siswa Kelas Xii Sma Pgri 3 Padang Tahun Ajaran 2018/2019. Omiyage, 2(1).

Rahayu, N., & Azizah, S. (2021). Minat Membaca pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Universitas Riau. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(November), 1582–1587.

Rokiah, P., & Soubakeavathi, R. (2010). Malaysian Undergraduates’ Beliefs, Views and Motivation for Learning Japanese as a Third Language. Proceedings of The Second Asian Conference on Education 2010, IAFOR, P970-985, 12(6), 970–985.

Sari, E. S. (2017). Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa FBS UNY. Litera, 16(1), 105–113.

Setyaningsih, W. H., & Djafri, F. (2020). Pembelajar Bahasa Jepang dan Budaya Literasi Abad 21. Chi’e: Journal of Japanese Learning and Teaching, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/chie.v8i1.37471

Shintaku, K. (2022). Self-directed learning with anime: A case of Japanese language and culture. Foreign Language Annals. https://doi.org/10.1111/flan.12598

Triadi Sya’dian. (2016). Bunkasai, Kajian Semiotika Budaya Kontemporer Dari Pengaruh Film Jepang. Jurnal Proporsi, 2(1), 35–47.

Wahidati, L., & Kharismawati, M. (2018). Pengaruh Konsumsi Anime Dan Manga Terhadap Pembelajaran Budaya Dan Bahasa Jepang. Izumi, 7(1), 1. https://doi.org/10.14710/izumi.7.1.1-10




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8945

Refbacks



Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id