PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II.B SDN. 004 TERATAK BULUH

Pradila Santi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa serta kegiatan pembelajaran didalam kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 B yang berjumlah 25 orang. Tempat penelitian dilakukan di SDN 004 Teratak Buluh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2 B SDN 004 Teratak Buluh, hal itu dapat dilihat dari hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD  lebih tinggi daripada hasil belajar yang belum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Peningkatan hasil belajar Matematika dari skor dasar ke siklus pertama  yaitu dari rata-rata 65 menjadi 75 dengan peningkatan sebesar 25 %. Peningkatan hasil belajar Matematika dari siklus pertama yaitu dari rata-rata 75 menjadi 90 dengan peningkatan sebesar 35 %. Dapat dilihat bahwa hasil belajar Matematika sebelum dan sesudah tindakan mengalami peningkatan.


Keywords


Kooperatif tipe STAD, Hasil belajar Matematika

References


Afifah, D. (2012). Interaksi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad, Jurnal Pedagogia , 1 (2), 145-151.

Adrian, Y. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Stad Terhadap Retensi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1 (2).

Andrian, D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil Belajar, Sikap Sosial, dan Motivasi Belajar. Jurnal Inovasi Matematika, 2(1), 65-75.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Agung, A. (2010). Metedologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta : PT. Andi Yogyakarta.

Harahap, N. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar kognitif, motivasi dan aktivitas belajar siswa pada konsep ekosistem di MTSN Model Banda Aceh. Visipena Journal, 4(2). 57-76.

Hazmiwati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar, Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (1), 178-184.

Indrawati, F. (2013). Pengaruh Kemampuan Numerik Dan Cara Belajar Terhadap Pre stasi Belajar Matematika, Jurnal Formatif 3(3), 215-223.

Isjoni, H. (2013). Cooperative learning efektifitas pembelajaran kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kristin, f. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Ditinjau Dari Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 Sd, Jurnal Scholaria, 6 (2), 74 – 79.

Lestari, I. (2013). Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika, Jurnal Formatif 3(2), 115-125.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung : PT. Rosda Karya

Rahyubi, H. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Jakarta: Nusa Media.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis-logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Formatif, 1 (1), 29-39.

Sudjana, N. (2014). Dasar-dasar proses belajar mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudana. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1)

Surya, Y, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 016 Langgini Kabupaten Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 38-53.

Wiguna. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Otak Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal Undiksha, 5 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id