PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE BERBASIS ANIMASI PADA MATA PELAJARAN ANATOMI FISIOLOGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline berbasis animasi pada mata pelajaran Anatomi Fisiologi. Penelitian didesain dengan model penelitian Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE) dan dilaksanakan pada semester ganjil di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dengan subjek media pembelajaran Articulate Storyline berbasis animasi. Tahapan awal penelitian yaitu dengan menganalisis potensi dan masalah yang dihadapi oleh sekolah dengan menganalisis kebutuhan guru dan analisis kebutuhan siswa. Tahap kedua adalah mengumpulkan data, kemudian tahap ketiga yaitu dengan mendesain produk. Tahap keempat yaitu dengan melakukan validasi produk berupa media kepada para ahli dan tahap kelima adalah melakukan revisi media. Hasil dari validasi yang dilakukan terhadap media pembelajaran Articulate Storyline berbasis animasi pada mata pelajaran Anatomi Fisiologi Rambut menunjukkan bahwa persentase skor untuk keseluruhan aspek media sebesar 87,3% dengan kategori baik, dan untuk keseluruhan aspek materi mendapat persentase skor sebesar 79,5% dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Articulate Storyline berbasis animasi dikategorikan baik dan dapat digunakan sebagai bantuan belajar untuk siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Adesote & Fatoki. 2013. The Role of ICT in the Teaching and Learning of History in the 21st Century. Academic Journals: Educational Research and Reviews. Vol.8 (21). 2155-2159. DOI: 10.5897/ERR2013.1617
Amiroh. (2019). Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Jawa Tengah: Cipta Arta Media.
Arifin, Z., Tegeh, I. M., & Yuda Sukmana, A. I. W. I. (2021). Independent Learning through Interactive Multimedia Based on Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 244–253. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292
Awalia Izomi, dkk. (2019). Pengembangan media pembelajaran animasi powtoon pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 49-59. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Chen, Yulin. 2013. The Impact of Integrating Technology and Social Experience in the Collage Foreign Language Classroom. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology. Vol 12 (3). 169-193. http://www.tojet.net/articles/v12i3/12315.pdf
Darnawati, dkk. (2019). Pemberdaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Vol. 1, No. 1. Kendari: FKIP Uniersitas Halu Oleo. DOI: http://dx.doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i1.8780
Ermavianti, Dwi dan Susilowati, Ani. (2020). Anatomi dan Fisiologi. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1–16. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919
Hadza, C., Sesrita, A.,& Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal Of Applied Research (IJAR). Vol. 1. No. 2. DOI: https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54
Kadarsih, I., & Fitria, Y. (2022). Implementation of Learning Using Interactive Multimedia Based on Android On Theme 9 be Class V SD. 6(1), 57–65. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v6i1.41651
Kustandi, Cecep dan Darmawan, Dr. Daddy. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Kusumadewi dan Lianywati. (2015). SPA: Pengetahuan, Aplikasi, dan Manfaatnya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Minkova, Yoana. (2016). Contemporary Mutimedia Authoring Tools. International Journal Of Engineerinf Science and Computing. Vol. 6, No. 10. H 2586.
Nurcahyono, Nugroho, S.T., M.Eng. (2018). Teknik Animasi 2D dan 3D. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Puspita Sari, N. K. D., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Development of Interactive Learning Multimedia Indonesia’s Cultural Diversity Material in Social Sciences Learning for Grade IV Elementary School Students. Journal of Education Technology, 5(1), 48–59. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32053
Rafmana Hesta, dkk. (2018). Pengembangan Mutimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meninggkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, Vol. 5, No. 1. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya. DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v5i1.7898
Ratih Rosmilasari, D. M. A., & Adoe, D. P. (2021). Design and Implementation of Online Problem Based Learning (PBL) Assisted by Innovative Media to Improve Elementary School Student Learning Outcomes. Journal of Education Technology, 4(4), 456–464. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.29929
Rusman, Deni Kurniawan, Cepi Riyana. 2011. Information and Communication Technology Based Learning: Developing Teacher Professionalism. Jakarta: Rajawali Press.
Salim 2017. The Use of Edmodo E-Learning in Students of the Department of PG-PAUD at Halu Oleo University. Smart Paud Journal. Vol 1. No. 1. http://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/view/3517/2657
Saubbaisagu, Valeria. (2016). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 38(5), 3644-3654. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/5386/5093
Septiana, Y., Wibawa, C. & Trisna, S. (2022) Interactive Multimedia Based on Articulate Storylines in the Topic of Plant Anatomy and Physiology. International Journal of Elementary Education. Vol 6. No 2. pp. 182-194P-ISSN: 2579-7158E-ISSN: 2549-6050. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v6i2.46486
Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772
Shoviantari, dkk. (2019). Uji aktivitas tonik rambut Nanoemuisi Minyak kemiri. Jurnal Farmasi dan Ilmu Kefarmasian Indonesia.
Sindu, I. G. P., Santyadiputra, G. S., & Permana, A. A. J. (2020). The effectiveness of the application of Articulate Storyline 3 learning object on student cognitive on Basic Computer System courses. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(3), 290–299. https://doi.org/10.21831/jpv.v10i3.36094
Sugihartini, N., & Dewi, P. E. D. M. (2022). Developing Interactive Media For Assessment and Evaluation Course. 19(1), 56–65. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/41674.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Trianto, (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi dan Tenaga Kependidikan, Jakarta: Kencana.
Turyani, Sri Mayrawati Eka. (2016). Anatomi Fisiologi Rambut. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan.
van der Veen, C., & van Oers, B. (2017). Advances in research on classroom dialogue: learning outcomes and assessments. Learning and Instruction, 48, 1–4. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2017.04.002
Wahid, Abdul. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal ISTIQRA. Vol. 5. No. 2.
Widadijo, Wahyu Tri. (2017). 12 Prinsip Animasi Dalam Serial “Adit & Sopo Jarwo”. Jurnal Desain Komunikasi Visual.
Yolanda, S., Winarni, R., & Yulisetiani, S. (2022). The New Way Improve Learners’ Speaking Skills: Picture and Picture Learning Media Based on Articulate Storyline. Journal of Education Technology, 6(1), 173–181. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.41452
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8982
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id