KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN SCRABBLE PADA SISWA SMP DI KABUPATEN BOGOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media scrabbled mampu meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa SMP. Yang kedua untuk menjelaskan proses pembelajaran yang menggunakana media scrabbled. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan minimnys kemampuan menulis siswa SMP. Selain itu perlunya guru untuk menggunakan media pembelajaran yang efesien dan tepat bgi par siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Responden dari 3 SMP yang ada di kabupaten Bogor. Jumlah responden sebanyak 94 siswa. Hasil peneltiian ini adanya peningkatan nilai pada siklus 2 dan 3. Nilai kenaikan total sebesar 8 poin. Disamping itu siswa lebih percaya diri dan cepat membentuk kalimat –kalimat yang berisikan teks ekplanasi. Proses pembelajaran diawali dengan proses pembukaan, inti dan penutup. Pembelajaran dengan media scrabbled dapat membentuk dari sebuah kata menjadi sebuak alinea yang baik. Bagi para guru dianjurkan dapat mengembangkan media lain yang sejenis atau yang berbeda. Pembelajaran ini memerlukan persiapan yang harus dilakukan seperti menyiapkan media, waktu dan bimbingan yang terarah.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Budiarti, W. N., & Riwanto, M. A. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E Modul) Keterampilan
Berbahasa dan Sastra Indonesia SD untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Mahasiswa PGSD. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 97-104.
Cahyani, I., Sastromiharjo, A., & Idris, N. S. (2019, April). Teaching Writing Explanation Text Using
Multimedia-Based Pakem Model to Fifth Grade Students in Elementary School. In International Conference on Interdisciplinary Language, Literature and Education (ICILLE 2018) (pp. 181-187). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icille-18.2019.39
Erfianti, F. (2020). Media Permainan Scrabble Sebagai Alternatif Penguasaan Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTS. semnasbama, 4, 216-228. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/595/546
Grabowski, J., Mathiebe, M., Hachmeister, S., & Becker-Mrotzek, M. (2018). Teaching perspective taking and coherence generation to improve cross-genre writing skills in secondary grades: A detailed explanation of an intervention. Journal of Writing Research, 10(2), 331-356. DOI: https://doi.org/10.17239/jowr-2018.10.02.06
Hsb, M. H. F., Gafari, M. O. F., & Hadi, W. (2021, January). The Development of Teaching Materials to Write Explanatory Text Using an Ecological-Based Flipbook for Grade XI Students at SMA Negeri 1 Padangsidimpuan 2021. In 6th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2021) (pp. 657-661). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211110.157
Jannah, R. (2014). Penggunaan Metode Scramble dengan Media Scrabble untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas II SD. KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN, 5(4).
Juita, H. R., & Widiyarto, S. (2019, March). The Effectiveness of Cooperative Learning Methods: A case study of writing learning at Junior High School. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018) (pp. 266-268). Atlantis Press.
Khaira, M., Ritonga, M., & Halim, S. (2021, June). The Effectiveness of Scrabble Game Media in Improving Learning Outcomes. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1933, No. 1, p. 012128). IOP Publishing. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1933/1/012128/meta
Manurung. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Grasindo
Nur Hidayah, R. (2019). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode quantum learning dan media video pada siswa kelas X IPA I SMA Negeri 2 Blora tahun ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, IKIP PGRI BOJONEGORO). http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/68/
Ningsih, K. D. (2020). Peningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasimenggunakan Media Pembelajaran Gambar Fenomena Alam Pada Kelas VIII B Mts Negeri I Purworejo Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(1). http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/article/view/499
Putri, D., & Syahrul, R. (2019). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 62-69.
Parancika, R. B. (2019, April). An Application of the Creative Problem Solving Model in Analyzing the Structure of Complex Explanatory Text on XI Grade SMKN 4 Bandung. In International Conference on Interdisciplinary Language, Literature and Education (ICILLE 2018) (pp. 301-304). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icille-18.2019.62
Rahmawati, P. N., Sulaiman, S., & Siswoyo, A. A. (2018). Pengembangan Media Permainan Scrabble Berbasis Macromedia Flash Untuk Materi Menulis Karangan Sederhana Bahasa Indonesia Kelas III SDN Betiting. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 13-28. https://eco-entrepreneur.trunojoyo.ac.id/widyagogik/article/view/4559
Sardila, V. (2015). Strategi pengembangan linguistik terapan melalui kemampuan menulis biografi dan autobiografi: sebuah upaya membangun keterampilan menulis kreatif mahasiswa. An-Nida', 40(2), 110-117.DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v40i2.1500
Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka Melalui Web Sekolah. Madaniya, 2(3), 283-294.
Salfera, N. (2017). Meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas VII. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 32-43.DOI : https://doi.org/10.29210/12017295
Syofiani, S., Zaim, M., Ramadhan, S., & Agustina, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Siswa
Melalui Pemanfaatan Media Teka-teki Silang: Menciptakan Kelas yang Menyenangkan. Ta'dib, 21(2), 87-98.
Syuhada, I. Z., Wilantara, P., & Febrina, N. (2021, March). The Effect of Multimedia Presentation on the
Explanation Text Writing Skills of Eighth Grade at Al-Bukhary Rantauprapat Islamic Junior High School 2020-2021 Academic Year. In First International Conference on Science, Technology, Engineering and Industrial Revolution (ICSTEIR 2020) (pp. 313-317). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.051
Sobari, T., & Nurohmi, N. (2019, April). The Use of 3M Technique With Three Dimensional Media in
Teaching Writing Explanation Text to Students Of Vocational School. In Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things, 20 October 2018, Yogyakarta, Indonesia. http://dx.doi.org/10.4108/eai.19-10-2018.2281362
Widaningsih, I. (2019). Strategi dan inovasi pembelajaran bahasa indonesia di era revolusi industri 4.0. Uwais Inspirasi Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=N0-gDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA130&dq=Ida+Widaningsih+&ots=N1_zKzglpX&sig=XqswlBZ2wYVJUEFJlmmHBQJ_A6Q&redir_esc=y#v=onepage&q=Ida%20Widaningsih&f=false
Widiyarto, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Scrabble Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas X, SMA Tugu Ibu, Depok, Jawa Barat. Deiksis, 9(03), 323-335.
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79-96.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8994
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id