MEDIA KOMIK CERITA RAKYAT MELAYU RIAU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman membaca bahasa Jepang pada mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Universitas Riau. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan mahasiswa dan dosen pengampu lainnya, peneliti menemukan beberapa kendala bagi mahasiswa yaitu kesulitan memahami bacaan karena masih banyaknya bahasa Jepang yang belum dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan media komik dengan mengadaptasi cerita rakyat Melayu Riau pada mahasiswa angkatan 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design dengan desain Pretest dan Posttest Control Group design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yng mengambil mata kuliah membaca pemahaman yang berjumlah 40 siswa. Sampel penelitian ini adalah 20 orang mahasiswa sebagai kelas eksperimen 20 orang mahasiswa lainnya sebagai kontrol. Perlakuan dalam penelitian ini sebanyak 3 kali. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes. hasil Berdasarkan Independent Sample T Test melalui SPSS Versi 25 diperoleh nilai Sig. (2-ekor) adalah 0,001. hasilnya lebih kecil dari 0,05 yang merupakan nilai dasar pengambilan keputusan pada Independent Sample T Test, maka dapat dikatakan bahwa media komik cerita rakyat Melayu Riau yang berbahasa Jepang dapat meningkatkan pemahaman membaca mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Abdullah, R. A. b. (2021). The Influence of Motivation and Learning Strategies on Academic Performance inlearning Japanese language among Malay Students: A Conceptual Framework. Review of International Geographical Education Online, 11(8), 308–317. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.08.30
Anesia, R., Anggoro, B. S., & Gunawan, I. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 53–57. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index
Barokahhuda, U., Sumarmin, R., Yogica, R., Studi, P., Biologi, P., Padang, N., & Hewan, M. J. (2021). Analisis Kebutuhan untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Manga pada Materi Jaringan Hewan Kelas XI SMA. Bioedusiana, 6(1), 88–103.
Diner, L. (2020). Efforts to increase listening ability through interactive multimedia on dokkai learning in Japanese language education program of UNNES. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(12), 69–84. https://api.elsevier.com/content/abstract/scopus_id/85079756087
Gunawan, F., Soepriyanto, Y., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Drill And Practice Meningkatkan Kecakapan Bahasa Jepang Ungkapan Sehari-Hari. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 187–198. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p187
H. Zalman. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap kemampuan Dokkai Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Padang Tahun 2018-2019. Omiyage, 3(1), 44–49.
Harismawan, W. (2020). Penggunaan Komik Berbasis Web pada Pelajaran Sejarah Siswa SMA The Use of Web-Based Comics in High School History Subjects. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2(1), 40–50. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/ijimm/article/view/634
Karmiani, S. (2018). Penggunaan Media Komik Berbahasa Inggris Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Viii Smpn 3 Teluk Kuantan. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 883. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6514
Mukti, A. A. (2016). Pengembangan Media Digital Komik Kaguya Hime (かぐやひめ) Sebagai Pengenalan Serta Peningkatan Literasi Bahasa Jepang. Ejournal.Unesa.Ac.Id. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/kejepangan-unesa/article/view/26566%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/kejepangan-unesa/article/view/26566/24333
Rahayu, N., & Azizah, S. (2021). Minat Membaca pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Universitas Riau. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(November), 1582–1587.
Saifudin, A. (2017). Penggunaan Manga Humor dalam Pembelajaran Bahasa dan Penelitian Bahasa Jepang. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 2(2), 99. https://doi.org/10.17509/japanedu.v2i2.8711
Shintaku, K. (2022). Self-directed learning with anime: A case of Japanese language and culture. Foreign Language Annals. https://doi.org/10.1111/flan.12598
Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156
Via Luviana Dewanty, Dewi Kusrini, R. A. P. (2022). Literature Review: Penggunaan Komik dalam Pembelajaran Bahasa Asing untuk Pengembangan Media Ajar Bahasa Jepang Berfokus pada Bentuk dan Tampilan Komik. Chi’e: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 10(1), 1–10.
Wahidati, L., & Kharismawati, M. (2018). Pengaruh Konsumsi Anime Dan Manga Terhadap Pembelajaran Budaya Dan Bahasa Jepang. Izumi, 7(1), 1. https://doi.org/10.14710/izumi.7.1.1-10
Zalmansyah, A. (2013). Increasing the Students’ Vocabulary by Using Comic Strips as An English Teaching Media. Kandai, 9(2), 262–275.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8999
Refbacks
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id