MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENERAPAN SUPERVISI PENDIDIKAN DI SDN 004 TELUK BINJAI

Iskandar Iskandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui penerapan supervisi pendidikan. Guru yang professional harus mampu mendorong peserta didik agar mampu mengoptimalkan potensinya guna mencapai prestasi yang maksimal. Selain itu supervisi merupakan upaya dalam meningkatkan, menyelaraskan, serta membina pada peningkatan pendidik di sekolah secara individual ataupun kelompok dengan berkelanjutan. Supervisi pendidikan sering diartikan sebagai upaya peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran melalui bimbingan profesional oleh pengawas sekolah. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan di SDN 004 Teluk Binjai. Subjek penelitian ini adalah guru, jumlah guru sebanyak 24 orang. Dua siklus yang memperlihatkan hasil kemampuan atau pemahaman guru semakin meningkat. dapat kita lihat pada pra-siklus kompetensi guru dalam proses pembelajaran sebesar 66.66 yang berarti ingkat kompetensi guru dalam proses pembelajaran berada pada rentangan 65-74 yang tergolong cukup. Siklus I hasil observasi yang dilakukan terhadap kompetensi guru kemudian dianalisis dan menghasilkan nilai rata-rata sebesar 70.83 yang berarti tingkat kompetensi guru berada pada rentangan 65-74 yang tergolong cukup. Siklus II kemudian dianalisis dan diperoleh rata-rata sebesar 87.50 dengan persentase kompetensi guru yang berarti tingkat kompetensi guru berada pada rentangan 75-89 yang tergolong baik.


Keywords


Profesionalisme, Supervisi Pendidikan

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta

Atmodiwiryo, S. (2011). Manajemen Pengawasan dan Supervisi Sekolah. Jakarta: PT. Ardadizya jaya

Choiriatun, D. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Membuat Soal Hots Melalui Kegiatan Iht Di Sdn 01 Nongsa Kota Batam Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 215

Danim, Sudarwan., & Khairil. (2011). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Daryanto., & Tasrial. (2011). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gavamedia

Hendarman., & Rohanim. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Manajer Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Istianah, I. (2019). Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Sman 1 Cikarang Utara Dan Man Kabupaten Bekasi. Rasi Pendidikan. 26(1), 26(1)

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Kurniasih, I. (2017). Kompetensi Pedagogik, Teori dan Praktik Untuk Peningkatan Kinerja dan Kualitas Guru. Jakarta: Kata Pena

Mardhiah, Ainon., Yusrizal, & Usman., Nasir. (2014). Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Supervisi Akademik Di Smp Negeri 3 Peusangan Kabupaten Bireuen. Jurnal Administrasi Pendidikan. 4(2), 1-11

Muhammad. (2022). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Supervisi Pendidikan di SDN 017 Seberang Tembilahan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (1), 144-149. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8800

Mulloh, Tamim., & Muslim, Qodir., Abd. (2022). Analisis Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Journal Publicuho. 5(3). 763-775. DOI : https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i3.29

Purwanto, N. (2010). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Riyanto, M. (2015). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Supervisi Akademik Di SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(1)

Rusyan. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru, Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sagala, Syaiful. (2013). Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Sahertin, Piet A. (2010). Konsep Dasar Dan Tehnik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Shulhan, M. (2013). Supervisi Pendidikan: Teori Dan Praktek Dalam Mengembangkan SDM Guru. Surabaya: Penerbit Acima Publishing

Supraptono, E. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Drill Berbantuan Multimedia Interaktif Dalam Materi Microsoft Excel 2007. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. 16(4)

Suradi, A. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1)

Suyanto, & Djihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global). Jakarta: Esensi Erlangga Group




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.9016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id