The Implementation Of Interactive Multimedia In Encouraging Students' Participation In Distance Learning

Chika Reyvione Ndun, Oce Datu Appulembang

Abstract


Pandemi Covid-19 mengharuskan sekolah menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh. Guru dan siswa tidak bertatap muka secara langsung dalam kelas. Sekolah mengambil kebijakan mengurangi jam pembelajaran. Guru dan siswa harus beradaptasi dengan kondisi tersebut. Pendidikan Kristen memandang siswa sebagai ciptaan Allah yang segambar dan serupa dengan Allah. Siswa diciptakan Tuhan dengan kemampuan dan keunikan yang berbeda-beda. Guru berperan sebagai fasilitator dalam kelas untuk mempersiapkan bahan ajar, metode, dan media pembelajaran yang interaktif. Siswa memberikan partisipasi berupa tanggapan, pertanyaan, jawaban, pendapat dalam diskusi, serta mampu mengikuti instruksi dan aturan yang diberikan selama proses pembelajaran. Saat praktik mengajar ditemukan masalah tingkat partisipasi siswa yang rendah.  Tujuan penulisan yaitu mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran interaktif yang dapat mendorong partisipasi aktif siswa selama pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Media pembelajaran interaktif berdampak bagi tingkat partisipasi siswa. Desain multimedia interaktif berisi fitur seperti gambar, suara, grafik, video, dan animasi yang dapat menarik perhatian siswa. Desain media ini dikombinasikan dengan konten materi yang baik maka dapat meningkatkan partisipasi siswa. Guru perlu memperhatikan kebutuhan, keunikan, dan potensi siswa. Guru perlu belajar menggunakan teknologi dalam mendesain media pembelajaran yang interaktif. Desain media pembelajaran yang interaktif harus dilakukan dengan persiapan yang baik


Keywords


multimedia interaktif; partisipasi siswa; video pembelajaran

References


Anditya, N. H., Panggabean, M. S., & Hidayat, D. (2018). The acts of academic dishonesty in a Christian school. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.19166/johme.v2i1.952

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Artianningsih, A., Witurachmi, S., & Sumaryati, S. (2013). Penerapan Mind Mapping dengan Media Prezi untuk Meningkatkan Prestasi dan Partisipasi Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret, 2(1), 13517. https://www.neliti.com/publications/13517/penerapan-mind-mapping-dengan-media-prezi-untuk-meningkatkan-prestasi-dan-partis

Bavinck, H. (2011). Reformed dogmatics: Abridged in one volume. Baker Academic.

Dewi, T. A. (2015). Implementasi Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Ekonomi di Sekolah. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(2). https://doi.org/10.24127/ja.v3i2.328

Dharmayana, I. W., Kumara, A., & Wirawan, Y. G. (2012). Keterlibatan siswa (student engagement) sebagai mediator kompetensi emosi dan prestasi akademik. Jurnal Psikologi, 39(1), 76–94. https://doi.org/10.22146/jpsi.6968

Fadlillah, M. (2017). Aliran progresivisme dalam pendidikan di Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 17–24. https://doi.org/10.24269/dpp.v5i1.322

Fikri, I. K. (2016). Penerapan Model-Model Permainan Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran Aktivitas Permainan Rounders. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 57–67. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6326.55-72

Gora, W. (2010). Pakematik: Strategi pembelajaran inovatif berbasis TIK. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan media video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman materi gaya kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45–50. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045

Hoekema, A. A. (2008). Manusia: Ciptaan Menurut Gambar Allah. Surabaya, Indonesia: Momentum.

Irawan, A., Sihkabuden, S., & Sulthoni, S. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Biologi Pembuatan Tempe dan Yoghurt. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 105–109. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045

Jefri, J., & Junaidi, J. (2019). Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Bukittinggi 2019. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 2(3), 125–132. https://doi.org/10.24036/perspektif.v2i3.74

Kembuan, E. M., & Irwansyah, I. (2019). Peran teknologi audio-visual dalam pengembangan pembelajaran anak di Sekolah Dasar Karya Anak Bangsa di Manado [The role of technology and audio-visual media in learning development at Anak Bangsa Elementary School, Manado]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 15(1), 73–92. https://doi.org/10.19166/pji.v15i1.1311

Khodijah, D. N., & Hendri, M. (2016). Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas XI MIA7 SMAN 1 Muaro Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 46–54. https://doi.org/10.22437/edufisika.v1i2.3429

Knight, G. R. (2009). Filsafat & pendidikan: Sebuah pendahuluan dari perspektif Kristen. Jakarta: Universitas Pelita Harapan.

Kuncahyono, K., & Sudarmiatin, S. (2018). Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik indahnya negeriku untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 156–163. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/6292/0

Kurniawan, D. C., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang sifat dan perubahan wujud benda kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p119

Kurniawati, T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2019). Strategi Pembelajaran Nilai Karakter Mandiri Berbantuan Video Animasi Pembelajaran untuk PAUD. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 30–38. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p030

Lestari, N. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Lakeisha.

Machali, I., & Hidayat, A. (2016). The Handbook of EDUCATION MANAGEMENT Teori dan praktik pengelolaan sekolah/madrasah di Indonesia (Vol. 1, Issue Cet. 1). Prenadamedia Group.

Maharani, Y. (2015). Efektivitas multimedia pembelajaran interaktif berbasis kurikulum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3(1), 31–40. https://www.learntechlib.org/p/209296/

Manzilati, A. (2017). Metodologi penelitian kualitatif: Paradigma, metode, dan aplikasi. Universitas Brawijaya Press.

Melinda, V. A., Degeng, N. S., & Kuswandi, D. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ips Berbasis Virtual Field Trip (Vft) Pada Kelas V Sdnu Kratonkencong. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 158–164. https://doi.org/10.17977/um031v3i22017p158

Neolaka, A., & Neolaka, G. A. A. (2017). Landasan pendidikan dasar pengenalan diri sendiri menuju perubahan hidup. Depok: Kencana.

Nugroho, I. A., & Surjono, H. D. (2019). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video materi sikap cinta tanah air dan peduli lingkungan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 29–41. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.15911

Pradana, I. B., Setyosari, P., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi cahaya. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 7(1), 26–32. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p026

Prijanto, J. H. (2017). Panggilan Sebagai Guru Kristen Wujud Amanat Agung Yesus Kristus Dalam Penanaman Nilai Alkitabiah Pada Era Digital [A Christian Teacher’s Calling in Response to Jesus Christ’s Great Commission in Instilling Biblical Values in a Digital Era]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 13(2), 99–108. https://doi.org/10.19166/pji.v13i2.325

Ranti, M. G. (2016). Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMA Menggunakan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching and Learning). Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 41–46. https://doi.org/10.33654/math.v2i1.26

Rika, B., & Patahuddin, S. (2019). Investigasi tingkat keterlibatan matematika siswa melalui analisis rancangan pelaksanaan pembelajaran ELPSA dan implementasinya di kelas. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 55–77. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6326.55-72

Saragih, M. J., Hidayat, D., & Tamba, K. P. (2019). Implikasi pendidikan yang berpusat pada Kristus dalam kelas matematika [The implications of Christ-center education for mathematics classes]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 97–107. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1695

Shalikhah, N. D. (2017). Media pembelajaran interaktif lectora inspire sebagai inovasi pembelajaran. Warta Lpm, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842

Subekti, T. (2015). Penggunaan media audio elektronika wireless microphone untuk meningkatkan partisipasi siswa SD pada pembelajaran Bahasa Indonesia. TRANSFORMASI, 11(2). https://ejournal.stmikbinapatria.ac.id/index.php/JT/article/view/64/0

Sudarma, K., & Sakdiyah, E. M. (2007). Pengaruh motivasi, disiplin, dan partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi. Dinamika Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.15294/dp.v2i2.446

Surya, H. (2009). Menjadi manusia pembelajaran. Elex Media

Komputindo.

Susana, A. (2019). Pembelajaran discovery learning menggunakan multimedia aktif. Tata Akbar.

Tamba, K. P., Saragih, M. J., & Listiani, T. (2018). Learning trajectory of quadratic inequality. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(1), 12–21. https://doi.org/10.19166/johme.v2i1.1202

Van Brummelen, H. (2009). Berjalan dengan Tuhan di dalam kelas. Universitas Pelita Harapan Press.

Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan multimedia interaktif bermuatan game edukasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8), 1024–1029. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9759




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v8i2.9796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id