UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PAIKEM SISWA KELAS 1 SD NEGERI 024 LIMAU MANIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

hennizal hennizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui pendekatan PAIKEM siswa kelas 1 SD Negeri 024 Limau Manis Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 024 Limau Manis Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 berjumlah 11 siswa, yaitu 7 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan empat kali pertemuan. Setiap siklus menggunakan prosedur pelaksanaan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa data perilaku aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan kategori amat baik 11,36% dan siklus II yang berkategori amat baik 22,73%. Dengan demikian terjadi peningkatan 11,37%. Untuk hasil belajar pada siklus I, rata-rata yang tuntas 73,63% dan siklus II 85,45%. Dengan demikian terjadi peningkatan 11,82%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri 024 Limau Manis Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.


Keywords


hasil belajar, Matematika, pendekatan PAIKEM

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id