PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN PENILAIAN SECARA OBJEKTIF MELALUI WORKSHOP DI SD NEGERI 008 MORONG KECAMATAN SUNGAI LALAK KABUPATEN INDRAGIRI HULU
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan guru dalam menyusun penilaian di Sekolah Dasar Negeri 008 Morong Kecamatan Sungai Lalak Kabupaten Indragiri Hulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyususn penilaian secara objektif di Sekolah Dasar 008 Morong. Tindakan yang akan dilakukan adalah workshop penyusunan model pembelajaran. Jenis penelitian tindakan yang dipilih adalah jenis emansipatori. Hasil dari penelitian menunjukan, pada aspek kesesuaian dengan tujuan pembelajaran, pada siklus I mendapat nilai 62.5 dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II mendapat nilai 90.6 dengan kriteria amat baik. Aspek prilaku, pada siklus I mendapat nilai 59.3 dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II, mendapat nilai 87.5 dengan kriteria amat baik. Aspek penggunaan bahasa, pada siklus I mendapat nilai 68.7 dengan kriteria baik, dan pada siklus II mendapat nilai 90.6 dengan kriteria amat baik. Dengan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan workshop di Sekolah Dasar Negeri 008 Morong Kecamatan Sungai Lalak dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun penilaian secara objektif.
Kata kunnci : Workshop, menyusun penilaian secara objektif.
ABSTACT
This research is motivated by the low ability of teachers in compiling assessments in the 008 Morong Primary School in Sungai Lalak District, Indragiri Hulu. The purpose of this study was to improve the ability of teachers to formulate an objective assessment at 008 Morong Primary School. The action to be taken is a workshop on the preparation of learning models. The type of research chosen is the type of emancipatory system. The results of the study show, in the aspect of conformity with the learning objectives, in the first cycle the score was 62.5 with sufficient criteria, while in the second cycle the score was 90.6 with very good criteria. Behavioral aspects, in the first cycle got a score of 59.3 with sufficient criteria, while in the second cycle, got a score of 87.5 with very good criteria. Aspects of language use, in the first cycle got a score of 68.7 with good criteria, and in the second cycle got a value of 90.6 with very good criteria. With the results of this study it can be concluded that the application of workshops in the 008 Morong Primary School in Sungai Lalak can improve the ability of teachers to form judgments objectively.
Keywords: Workshop, formulate an objective assessment.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6805
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id