KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 003 BENAI KECIL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Z. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 001 Binamang. Jurnal PAJAR (Pendidik dan Pengajar), 1 (2), 256-263.
Halimah, A.M. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Keliling Kelas untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas III SD Negeri 013 Pagaran Tapah Darussalam. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(1), 98-107.
Hasniwati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Pictue and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II A SD Negeri 004 Cendirejo Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3 (1), 189-196.
Isjoni. (2007). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Karlin, H., & Margaretha. (2002). Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi II. Bandung; Bina Media Informasi.
Kusdinar, D. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan Penerapan Metode Demonstrasi Siswa Kelas IV SD Negeri 010 Banjar Panjang Kecamatan Kerumutan. Jurnal PAJAR (Pendidik dan Pengajar), 5 (3), 307-316.
Meiherty, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Memperbaiki Proses Pembelajaran dan Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 21 Balai Makam Kecamatan Mandau. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 312-320.
Mudjiman, H. (2014). Belajar mandiri (Self-Motivated Learning). Surakarta: UNS Press.
Mulyatiningsih, E., & Suprihartin, S.E.Y. (2005). Efektifitas Pembelajaran Kontruktivisme dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Mulok Pada SLTP. Universitas Yogyakarta.
Rohaeni. (2016). Efektivitas Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mikroskop. Universitas Negeri Semarang. Online https://lib.unnes.ac.id/28065/1/4401409001.pdf
Sadali. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivistik dengan Pendekatan Siklus Belajar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Cakrawala: Jurnal Pendidikan dan Wacana Pendidikan, 9(1), 47-54.
Suparman., Hardjo, S., & Astutik, K. (2016). Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbasis Konstruktivisme dengan Model Kooperatif Tipe Time Assisted Individualization (TAI) pada Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 17(1), 67-80.
Suyatin. (2016). Penggunaan Metode Latihan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 001 Ukui Satu Kecamatan Ukui. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 254-265.
Tirtarahardja, U., dan Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.
Purwanto. (2018). Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 015 Beringin Jaya Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(5), 719-724.
Yulaelawati, E. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran: Filososfi, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7868
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id