PENINGKATAN PEMAHAMAN MENYIMAK BAHASA INGGRIS MAHASISWA MENGGUNAKAN TEKNIK ‘CLUSTERING’

Maria Safriyanti, Rumiri Rotua Aruan

Abstract


Keterampilan menyimak perlu didukung oleh pendekatan, strategi, atau teknik untuk membantu pembelajar bahasa asing untuk meningkatkan pemahaman mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman menyimak mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris di Universitas Riau dengan menggunakan teknik clustering. Penelitian tindakan kelas menjadi desain penelitian ini. Ada tiga siklus yang dilakukan dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil data menunjukkan pada siklus I bahwa 51,.3% mahasiswa mampu memahami dialog melalui teknik clustering. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan pemahaman menyimak dengan persentase 61. 6%. Pada siklus terakhir terjadi peningkatan 74. 4% pada pemahaman menyimak mahasiswa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik clustering pada kegiatan kelas pemahaman menyimak secara positif mendorong dan membantu mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan pemahaman menyimak bahasa Inggris.


Keywords


kemamouan menyimak siswa, teknik clustering

References


Brown, H., & Douglas. (2001). Teaching by Principles. New York: Pearson Education Inc.

Buzan, T. (1999). The Buzan Study Skill Handbook. New York: Penguin Group.

Gay, L. R., & Airasian. (2000). Educational Research. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Mills, G. E. (2000). Action Research: A Guide for the Teacher Researcher. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Nunan, D. (2000). Second Language teaching and Learning. Massachusset: An International Thomson Publishing Company.

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. Yogyakarta: PT. BPFE-Yokyakarta.

Oshima, A., & Ann, H. (2006). Writing Academic English. New York: Pearson Education.

Response Writing Rubric. http://summary-writing-score-rubric.pub. Diakses pada Agustus 2019.

Rico, G. (2000). Writing the Natural Way. New York: penguin Putnam, Inc.

Rost, M. (1990). Listening in Language learning. United Kingdom: Longman Group.

Rubin, J. (1995). A Guide for Teaching of Second language Listening. San Diego: Domonic Press, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id