DAMPAK MEMBACA KOASE PADA PEMAHAMAN DASAR MITIGASI BENCANA BANJIR SISWA KELAS IV SD NEGERI 13 PEKANBARU

Juliana Juliana, Eddy Noviana, ZetraHainul Putra

Abstract


Artikel ini berfokus pada dampak yang mempengaruhi pengetahuan mitigasi bencana banjir siswa kelas IV sekolah dasar negeri 13 pekanbaru dengan menggunakan media pembelajaran KOASE (Komik Anak Sekolah). Kategori pengetahuan mitigasi bencana (banjir) siswa yang ditinjau dalam artikel ini meliputi kategori gain ternormalisasi yakni tinggi, sedang, rendah, tidak terjadi penurunan dan terjadi penurunan. Penelitian dalam artikel ini dilakukan pada 40 siswa di sekolah dasar negeri 13 pekanbaru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah 30 butir soal tes pengetahuan mitigasi bencana (banjir) yang terdiri dari butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melihat perolehan rata-rata tes awal 42,95 dan 49,50 pada rata-rata tes akhir dengan rata-rata peningkatan 0,1156 yang termasuk kedalam kategori interpretasi rendah.


Keywords


media pembelajaran, membaca KOASE, pengetahuan mitigasi bencana banjir

References


Afriki., Farani, Al., & Anggari, Siti. (2014). Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV, Tema 3: Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Subtema 3: Ayo Cintai Lingkungan dan Pembelajaran 4. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Anggari, St., Afriki., & Wulan, R. (2017). Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV, Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 2 Barang dan Jasa Pembelajaran 2. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi). Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Asrori, M. (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Hasanah, I., Wahyuni, S., & Wahyu, R. B. (2016). Pengembangan Modul Mitigasi Bencana Berbasis Potensi Lokal yang Terintegritas dalam Pelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5(3), 226.

Noviana, E., Kurniaman, O., Guslinda, Munjiatun, &Putri, R. E. (2019). KOASE (Komik Anak Sekolah) untuk sekolah dasar. Pekanbaru: Taman Karya (Anggota IKAPI)

Saputro, H. B., & Soeharto. Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan karakter pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD (2015). Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 61-72.

Suarmika, P. E., & Utama, E. G. (2017). Pendidikan Mitigasi Bencana di Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Analisis Etnopedagogik). Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 2(2), 18-24.

Sudjana. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. (2017). Metode Pendidikan Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sundayana, R. (2014). Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Supardi, U.S. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id