PENGEMBANGAN BUKU AJAR MENYIMAK PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

Ira Eko Retnosari, Tri Indrayanti

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil temuan pada mahasiswa di perguruan tinggi. Fenomena yang sering ditemukan pada mahasiswa yaitu mahasiswa masih memiliki kemampuan menyimak yang rendah. Hal ini terjadi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) UNIPA angkatan 2020. Rendahnya nilai kemampuan menyimak pada mahasiswa disebabkan minimnya bahan ajar mata kuliah menyimak. Untuk mengurangi atau meminimalisasi terjadinya kesalahan berbahasa dosen menggunakan model Four-D Models atau Model 4D.  Melalui model Four-D Models atau Model 4D, peneliti mengembangkan suatu produk yaitu modul “Menyimak”. Prosedur penelitian meggunakan langkah 4D, yaitu define, design, development, dan dissemination. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data, proses pembuatan modul menyimak sudah sesuai dengan prosedur pengembangan Thiagarajan yang dikenal dengan Four-D Models (Model 4D). Kualitas modul Menyimak ditinjau dari aspek kelayakan isi, kelayakan bahasa, mendapatkan validasi kelayakan dengan kriteria  baik yakni 94%. Hasil tes yang dilakukan mahasiswa mengalami perkembangan, rerata nilai mahasiswa memiliki keterangan tuntas.


Keywords


menyimak, 4d, modul menyimak

References


Arifin, B. (2014). Menyimak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Brown, H. & Douglas. (2002). Principles of Language Learning and Tearching: Fourth Edition. New York: Addison Wesley Longman, Inc. Pearson Education Company.

Dhieni, N. (2007). Model Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kurniawan, D., dan Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagajaran. Jurnal Siliwangi, 3(1), 214-219.

Mana, L., Hayu, A., Yusandra., Titiek, F., Atmazaki, & Ramadhan, S. (2020). Pengembangan Buku Ajar Keterampilan Menyimak Berbasis Contextual Teaching and Learning. Jurnal Kependidikan, 4(1), 152-164.

Pujiatna, T., Rosmaya, E., & Wahyuningsih, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Simak Berorientas Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa pada Mata Kuliah Menyimak. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 91-97.

Saddhono, K., dan St. Y., Salmet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Sugiyono, E. I. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Berbasis Multimedia Interaktif dalam Model Belajar Mandiri Untuk Sekolah Menengah Pertama. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 50-65.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Source Book. Minnesota: University of Minnesota




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id