PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENGUATAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN WINONG

Kaswi Kaswi, Gunawan Setiadi, Su`ad Su`ad

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kinerja guru karena kurangnya pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah dan kurang menjaga iklim sekolah . Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Seberapa besar pengaruh pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah terhadap  kinerja guru pada Sekolah Dasar Negeri  di Kecamatan Winong, Kabupaten Pati?, 2) Seberapa besar pengaruh  iklim sekolah terhadap  kinerja guru pada Sekolah Dasar  Negeri di Kecamatan Winong, Kabupaten Pati? 3) Seberapa besar pengaruh   pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah  dan iklim sekolah secara bersama – sama terhadap  kinerja guru pada Sekolah Dasar  Negeri di Kecamatan Winong, Kabupaten Pati? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif,  Jenis penelitian korelasional atau mencari pengaruh antara variabel bebas pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah (X1) dan iklim sekolah (X2), dengan variabel terikat: kinerja guru (Y). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli  sampai Agustus 2020 di 40 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Winong. Jumlah populasi 267 dan sampel 160 dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji Persyaratan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,uji linieritas dan uji multikolinieritas. Rencana hasil penelitian diuji menggunakan uji analisis regresi linier sederhana, uji t, analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan program SPSS. Dari olah data diketahui data berdistribusi normal, homogen, linier dan tidak multikolinier. Dari uji hipotesis ditemukan: 1). terdapat hubungan variabel X1 terhadap X2 dengan persamaan Y = 71.661 + 0.632X1 diterima kebenarannya. Artinya setiap kenaikan satu pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah akan menaikkan kinerja guru sebesar 0.632 pada konstanta 71.661, kekuatan korelasi sebesar 0.685. Besarnya kontribusi variabel X1 terhadap Y sebesar 89.6%, 2). terdapat hubungan variabel X2 terhadap Y dengan persamaan  Y =  71.661+ 0.495X2. Kekuatan korelasinya sebesar 0.697 dengan kontribusi 74.4%, 3). terdapat hubungan positif antara pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan  Ŷ = 71.661 +0.632X1+0.495X2. Kekuatan korelasinya sebesar 0.707. Kontribusi variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 79,6%, sedangkan 20,4% dipengaruhi oleh faktor yang lain.


Keywords


pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah

References


Agustina. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan Di SMP Negeri Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. tesis. Bandar Lampung. Program Sarjana FKIP Universitas Lampung Bandar Lampung.

Aghniya, H. (2017). Kinerja Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru dalam Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXIV(1). 17-25.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Basri, A. F. M., dan Rivai¸ V. (2005). Performance appraisal. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.

Chirkina, T. A, & Khavenson, T. E. (2018). School Climate A History Of The Concept And Approaches To Defining And Measuring It On Pisa Questionnaires. Russian Education & Society Journal, 60(2), 133–160.

Dirjend GTK. (2019). Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Dedeh, S. H. (2010). Pengaruh Pendidikan Latihan (Diklat) Kepemimpinan Guru Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se- Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 85 – 96

Emu, W. H. (2018). Management Of School Climate And Teachers’ Job Performance In Secondary Schools In Calabar Education Zone, Cross River State. Global Journal Of Educational Research. 17(-), 127-137.

Erna, W., Murwati, T., & Raharjo, J. (2018). The Influence Of Principal Leadership, School Culture Through Motivation On Junior High School Teacher Performance. Educational Management UNNES, 7(1), 11 – 16.

Evonne, L. E. F., & Crispina, G. K. H. (2020). The Influence Of School Climate, Teachers’ Commitment, Teachers’ Motivation On Teachers’ Work Performance Through Teachers’ Job Satisfaction. International Journal Of Advanced Research In Education And Society. 1(3): 23-35

Fatmi, A., Rizki, P., Edi, H., & Yasir, A. (2018). Influence Of School Principal And Organizational Climate Supervision On Teachers’ Performance. International Journal Of Scientific & Technology Research, 7(7), 228-236.

Hamalik, O. (2005). Pengembangan Sumber Daya Manusia: Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu . Jakarta: Bumi Aksara.

Hardjana, A. (2006). Iklim Organisasi: Lingkungan Kerja Manusiawi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 20-30.

Husnul, A. (2017). Kinerja Kepala Sekolah Dan Kinerja Mengajar Guru Dalam Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXIV (1), 25 – 35

Hoy, W. K. dan Miskel, C. G. (2014). Educational Adminitration: Teory, Research, and Practice. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Imas, S., Bukman, L., & Dessy, W. (2020). The Influence Of Principal’s Leadership And Teacher’s Performance On Student’ Achievement. International Journal Of Progressive Sciences And Technologies (IJPSAT). 20(1), 247-254.

Komariah dan Triatna. (2006). Visionery Leadership menuju Sekolah Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lazarus, N. M. (2011). School Climate and Academic Performance in High and Low Achieving Schools: Nandi Central District, Kenya. International Journal of Scientific Research in Education, 4(2), 93-104

Luis, A. G., & Wayan, G. S. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5 (3), 429-454.

Loukas, A. (2007). What is School Climate?. Jurnal : The University of Texas at Austin.

Mangkunegara, A. P., (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mudena, S. & Wilian, S. (2017). Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah Dan Iklim Kerja Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sd Negeri Di Kecamatan Mataram Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2(1), 71 – 83.

Mukhtar dan Iskandar. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Mukhlisoh, N. (2008). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan kompetensi kepala Sekolah, Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Swasta Kecamatan Bulakamba Brebes. tesis. Semarang: Program Pasca Sarjana Program Studi Manajemen Pendidikan UNNES

Muhammad, F., Syafrudin., & Joni, R. (2018). Principal’s Managerial Skill In Improving Teachers’ Performance. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 8(3), 77-81.

Mulyasa. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, S. (2015). Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta

Nurkolis. (2006). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: PT Grasindo.

Nur, A. W., Abdullaha, D. D., & Norlidah, A. (2013). School Improvement Efforts and Challenges: A Case Study of A Principal Utilizing Information Communication Technology. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103 (-), 791 – 800.

Obiajulu, C. E. (2017). Influence of School Climate on Teachers Morale in Public Secondary Schools in Delta State. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7(1), 19-24

Riggle. (2007). The Impact Of Organizational Climate Variables Of Perceived Organizational Support, Workplaceisolation, and Ethical Climate on Salesperson Psychological and Behavioral Work Outcomes. Graduate Theses and Dissertations University of South Florida

Samsudin. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung Pustaka Setia.

Sinaulan, R. L. (2016). Effect of School Climate, Work Stress and Work Motivation on Performance of Teacher. Guidena Journal, 6(2), 146–153.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama

Sulistiyanto, E. (2012). Pengaruh Pendidikan dan Latihan, Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Jepara. tesis. Semarang: Program Pasca Sarjana Program Studi Manajemen Pendidikan UPGRIS

Sulardi. (2017). Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Profesionalitas Guru Smp/Mts Muhammadiyah Di Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat. Jurnal Pendidikan, 5(2), 64 – 74.

Sophie, M., Katherine. J. R., Eunro, L., Emina Subasic., & David, B. (2017). The Impact of School Climate and School Identification on Academic Achievement: Multilevel Modeling with Student and Teacher Data. Frontiers in Psychology, 8(-), 1-21

Usman, M U. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Utami, S. T. (2016). Pengaruh Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru di MTs Se-Kecamatan Kemranjen, Banyumas. tesis. Purwokerto. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Wahjosumidjo. (2003). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjuauan Teoritik dan Permasalahannya . Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widyoko, P. E. S. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winda, W. A., & Reza, R. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11 (2), 369-387.

Wresni, P. (2020). Strengthening Of School Quality Through School Principal Leadership. International Journal On Education, Management And Innovation (IJEMI), 1(2), 151-164.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id