PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENYIMAK BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN PEGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER POSITIF PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Foni Yulia Putri, Ramalis Hakim, Desyandri Desyandri, Darnis Arief, Risda Amini, Yeni Erita

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak siswa. Hal ini disebabkan oleh kurang tepatnya bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Mengembangkan bahan ajar menyimak berbasis media audio visual diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Berdasarkan hal tersebut dikembangkan bahan ajar menyimak berbasis media audio visual dengan pengintegrasikan pendidikan karakter positif peserta didik kelas V sekolah dasar. Tujuan yang hendaknya dicapai dalam pengembangan bahan ajar ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar menyimak berbasis media audio visual yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development).  Model pengembangan  yang digunakan yaitu model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi RPP dan bahan ajar. Data kepraktisan dikumpul melalui lembar observasi keterlaksanaan RPP dan angket respon guru serta siswa. Keefektifan dilihat dari aktivitas dan proses hasil belajar siswa berupa penilaian karakter dan keterampilan menyimak siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dari uji validitas yang dilakukan menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan sangat valid. Hasil observasi, angket, dan wawancara dengan guru juga menyatakan bahwa bahan ajar ini praktis. Pada tahap uji efektivitas, didapatkan hasil rata-rata. Hasil penilaian keterampilan menyimak berbasis media audio visual siswa untuk penilaian keterampilan proses juga telah berada pada kategori sangat baik, dan didapatkan hasil bahwa 93% siswa  mampu menyimak berbasis media audio visual. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar menyimak berbasis media audio visual untuk kelas V SD yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.


Keywords


keterampilan menyimak, media audio visual

References


Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berorientasi Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Alih. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Allen, K. Eileen dan Lynn R. Marrotz. (2008). Profil Perkembangan Anak. Terjemahan oleh Valentino. 2010. Jakarta: Indeks.

Arief S. & Sadirman. (2009). Media Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Basrowi dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta

Beni, A. S. (2008). Metode Penelitian. Bandung : Pustaka Setia

Chandra., Arief, D., Kharisma, K., M. Habibi., & Suriani, A. (2020). Writing Literacy As An Effort To Build Positive Character Of Elementary School Students. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 4(1), 99-110. DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v4i1.7863.

Chandra, Mayarnimar, M Habibi. (2018). Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 72-80. Publication Date 31 Juli 2018. Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Jippsd/Article/View/100050/100033

Darmansyah. (2011). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.

Darnis, A. (2014) The Development Of Narrative Writing Learning Model For Elementary Schools in Padang. Working Paper. FIP UNP, Padang.

Darnis, A. (2018). Pengembangan Literasi Menulis Prosa. Dengan Mengunakan Guided Writing sebagai upaya pecerdasan karakter menuju generasi Emas Untuk Siswa SD. Project Report. PGSD FIP UNP, Padang http://repository.unp.ac.id/27171/

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas

Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Djago, T. (1991). Pendidikan Bahasa Indonesia I. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi

Djago, T. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ghazali, A. & Syukur. (2010). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hartinah, S. (2010). Pengembangan Peserta Didik. Bandung: Refika Aditama.

Haryadi dan Zamzami. (1997). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Hujair, S. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Safiria Insania Press

Isah, C., dan Hodijah. (2008). Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung : UPI Press

Iskandarwassid dan Sunendar, D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Mohammad, J. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL. Jakarta : Prestasi Pustakaraya

Mubin dan Cahyadi, A. (2006). Psikologi Perkembangan. Ciputat: Quantum Teaching.

Muhaimin, dkk. (2009). Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.

Muhardila, F., Sulaeman, Y., & Chandra, C. (2020). Pengembangan LKS Tematik Bahasa Indonesia Kelas V Melalui Kegiatan Lesson Study Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6 (1), Publication date 2 Januari 2020. http://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/1559

Mulyasa, E. (2009a). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, M. (2011a). KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nana, S., dan Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Alqensindo

Ngalim, P. (2006). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pertiwi, A., & Taufina, T. (2019). Model Experiential Learning Dalam Pembelajaran Menulis Laporan Pengamatan Siswa Bagi Kelas V Sekolah Dasar. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(9). Http://103.216.87.80/Students/Index.Php/Pgsd/Article/View/6867

Putra, N. (2012). Research and Development, Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Resmini, N., dan Dadan, J. (2007). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung: UPI Press.

Rosdiana, Y., dkk. (2009). Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Rubin, D. (1995). Teaching Elementary Language Art an Integrated Approach. USA: Allyn and Bacon.

Saddhono, K., dan St.Y. Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Saleh, A. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan

Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Terjemahan oleh Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti. 2007. Jakarta: Erlangga.

Semiawan, C. R. (2008). Catatan Kecil tentang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, H. D. (2010). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Production.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno dan Mohamad, Y. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Surapranata, S. (2006). Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Rosdakarya.

Susanto. (2007). Pengembangan KTSP dengan Perspektif Manajemen Visi. Jakarta: Matapena.

Syaiful, B. D., dkk. (2006). Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta

Taufina. (2015). Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra Indonesia di SD. Padang: Sukabina Press

Taufina dan Chandra. (2017). Developing The Big Questions And Bookmark Organizers (Bqbo) Strategy–Based Literacy Reading Learning Materials In The 4th Grade Of Elementary School, The 9th International Conference For Science Educators And Teachers (ICSET 2017). Retrieved 29 April 2018 From Https://Www.Atlantispress.Com/Proce Edings/Icset-17/25886637

Taufina, Dkk. (2018). Development Of Teaching Material For Narrative Writing Using Graphic Organizer Type Circle Organizer In Elementary School. Advances In Social Science, Education And Humanities Research International Conference On Language, Literature, And Education. Vol 263. Di Ambil Pada Tanggal 22 Desember 2018 Dari Http://Journal.Ipts.Ac.Id/Index.Php/ED/Article/View/846

Taufina, Dkk. (2018). Implementation Of Character Education And Improvement Of Skill Writing Descriptive In Class 4 SDN 075043 Oladano. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia. Vol 2 No 2. Di Ambil Pada Tanggal 22 Desember 2018 Dari Http://Bk.Ppj.Unp.Ac.Id/Index.Php/Aiptekin/Article/View/139

Taufina. (2016). Mozaik Keterampilan Berbahasa Di Sekolah Dasar. Bandung: CV. Angkasa.

Tomkins, G. E., dan Hoskisson, K. (1991). Language Arts Content and Teaching Strategies. New York: Macmillan Publishing Company.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Umar. (2006). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta; Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Weriyanti, F Firman, T Taufina, A Zikri . (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Dengan Strategi Question Student Have Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (2), 476 - 483. Http://Www.Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu/Article/View/374

Wina, S. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Yamin, M. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yunismar. (2019). Keefektifan Strategi Menulis Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Mengarang Narasi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(6), 1255-1263. DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7887.

Yusuf L. N, Syamsu dan Nani M.Sugandhi. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id