PERANAN ORANG TUA UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR ANAK DI DESA KELING NGASEM

Nurma Zakiyyatu Fitria, Masturi Masturi, Ika Ari Pratiwi

Abstract


Artikel ini menejelaskan tentang motivasi belajar anak usia Sekolah Dasar di Desa Keling dan metode peranan orang tua yang diterapkan orang tua terhadap motivasi belajar anak usia Sekolah Dasar di Desa Keling Ngasem RT 1 / RW 7. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Keling Ngasem RT 1 / RW 7 Kecamatan Keling Kabupaten Jepara, dengan jumlah subjek 6 orang tua anak, dan 6 anak usia Sekolah Dasar sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memberikan peranannya orang tua di desa Keling Ngasem berperan sebagai korektor, informator, motivator, organisator dan fasilitator. Fokus peranan orang tua dalam penelitian ini dalam hal pembentukan jam belajar anak, pendampingan belajar anak dan pemberian reward. Penerapan peran tersebut mampu meningkatkan motivasi belajar anak, menjadi lebih disiplin belajar dan waktu bermain dan belajar dapat teratur dengan baik. Adapun saran dalam penelitian ini bagi orang tua tetap memberikan peranan yang positif supaya anak tetap memiliki motivasi belajar baik di rumah atau pun di sekolah.


Keywords


peran orang tua, motivasi belajar, anak usia sekolah dasar

References


Anas, S. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Amna, E. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Jurnal Lantanida, 5(2), 20-30.

Diana, S. (2017). Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa. Jurnal bimbingan dan konseling Indonesia: Teori dan Aplikasi, 5 (2), 90-100.

Dimyati, M. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hening, H. A. (2019). Peran Orangtua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Usia 6-12 Tahun (Studi pada Program Home Visit di Homeschooling Sekolah Dolan Malang). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7 (3), 40-56.

Iftitah, M. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal JCE Journal Of Childhood Education, 4(2), 80-95.

Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Preanada Media Group.

Lisa, M., dkk. (2017). Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Pada Keluarga Nelayan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 5(4), 100-110.

Maman, S., & Asih. (2016). Manajemen Pendidikan Usia Dini: Filosofi, Konsep, Prinsip, dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Muthmainnah. (2012). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 70-98.

Oemar, H. (2007). Proses Belajar. Jakarta: Bukit Aksara.

Purwanto. (2013). Motivasi Belajar dalam Pendidikan Islam. Jurnal At-Tajdid, 2 (2), 88-111.

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Selvia S., & Rumbewa, dkk. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains, 2(2), 65-80.

Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor – faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Winarsih, V. (2009). Psikologi Pendidikan. Medan: Latansa Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id