KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KANTONG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SD

Sri Kundarsih

Abstract


 

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas 1 pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Faktor– faktor yang menyebabkan hasil belajar matematika masih rendah salah satunya adalah masih kurangnya penggunaan media yang menarik dan menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis efektivitas media pembelajaran kontekstual  berbasis kantong bilangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan Tes tetulis. Instrumen penelitian berupa tes dan angket. Sampel penelitian ini dilakukan dengan Purpose sampling. data Aanalisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil uji efektivitas melalui uji coba produk pada independent Paired Sampel t test, Nilai rata-rata  pre test sebesar 42.02 dan Nilai rata-rata posttest sebesar 78.81 menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar  siswa kelas 1 di SD setelah menggunakan media pembelajaran kantong bilangan.

 

 

Kata Kunci : Media Kantong Bilangan, hasil Belajar, Matematika



DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id