KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KANTONG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SD

Sri Kundarsih, Su’ad Su’ad, Santoso Santoso

Abstract


Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas 1 pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Faktor– faktor yang menyebabkan hasil belajar matematika masih rendah salah satunya adalah masih kurangnya penggunaan media yang menarik dan menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis efektivitas media pembelajaran kontekstual  berbasis kantong bilangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan Tes tetulis. Instrumen penelitian berupa tes dan angket. Sampel penelitian ini dilakukan dengan Purpose sampling. data Aanalisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil uji efektivitas melalui uji coba produk pada independent Paired Sampel t test, Nilai rata-rata  pre test sebesar 42.02 dan Nilai rata-rata posttest sebesar 78.81 menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar  siswa kelas 1 di SD setelah menggunakan media pembelajaran kantong bilangan.

 


Keywords


media kantong bilangan, hasil belajar, matematika

References


Anni, C. T. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Amini, A., & Efrina, E. (2019). Media Kantong Bilangan dalam Meningkatkan Konsep Nilai Tempat pada Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(2), 49-54.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Jaya.

Badar, A., & Ibnu, T. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Kencana.

Batubara, H. H. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Operasi Bilangan Bulat. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1-12

Bovee, C. (1997). Business Communication Today. New York :Prentice Hall.

Djamarah, S. B., dan Aswan, Z. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32-44.

Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Istirani. (2012). 58 Model Pembelajaran Innovatif. Medan: Media Persada.

Jalaliyah, K., Muhammad, H, dan Khoirul, A. (2019). Penerapan Media Kantong Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Penjumlahan Bilangan Pada Tema “ Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku” Kelas 1 MI Nurul Yaqin Gading Probolinggo. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(3), 11-16.

Kustandi, C. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia.

Jalaliyah, K., Hanief, M., & Asfiyak, K. (2019). Penerapan media kantong bilangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam penjumlahan bilangan pada tema “Benda, hewan dan tanaman di sektarku” Kelas 1 MI Nurul Yaqin Gading.. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(3), 9-16.

Johnson, B. E. (2014). Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung : Kaifa.

Hildayanti, N. (2014). Perbandingan Efektifitas antara Media Kantong dengan Media Kotak untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nilai Tempat bagi Anak Kesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 3(3), 20-45.

Lestari, E. D., Handayani, T., & Sulistiani, S. (2019). Pengunaan Media Kantong Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan siswa dalam Materi Pengurangan pada Siswa Kelas 1-A SDN Tlogomas 2 Kota Malang. . Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(1), 283-289

Nana, S. (2009). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Rossda Karya.

Nawa, A. (2018). Contextual Teaching and Learning (CTL) Approach through REACT Strategies on Improving the Students’ Critical Thinking in Writing. International Journal of Applied Management Science, 5(5), 1-5.

Piaget, J., & Barbel, I. (2010). Psikologi Anak,Terj. Miftahul Jannah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prastia, I. E. (2019). Efektivitas Media Kantong Bilangan Terhadap pengenalan Konsep Bilangan 1-10 pada anak Tuna Grahita Ringan. hasil bahwa media kantong bilangan efektif terhadap pengenalan konsep bilangan 1-10 pada anak tunagrahita ringan kelas I SDLB YapenasUnit II Sleman. WIDIA ORTODIDAKTIKA, 8(4), 400-405.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ruseffendi, E.T, dkk. (1992). Pendidikan Matematika 3,Jakarta : Depdikbud.

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar (Studi pada siswa kelas V SDN Sukarasa II Kecamatan Samarang Kabupaten Garut Tahun pelajaran 2014-2015). Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1),16-29.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suratina, T. (2001). Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakata: Bina Aksara.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu; Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Udin, W. (2007). Teori Belajar dan Pembelajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas terbuka.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Wahyuningtyas, D.T. dan Suastika, I K. (2016). Developing Learning Modules of Numbers for Primary School Students Using Contextual Teaching and Learning Approach. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2). 33-36.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id