PENGARUH MOTIVASI KERJA GURU DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN GURU SD DI TAMBAKROMO PATI

Roikatus Sa’diyah, Su’ad Su’ad, Gunawan Setiadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja pada  kedisiplinan guru SD di Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. 2) menganalisis pengaruh data  kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan  guru SD di Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. 3) menganalisis pengaruh motivasi kerja secara bersama-sama dengan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru SD di Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi kerja dan kedisiplinan guru serta kepemimpinan kepala sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) adakah pengaruh motivasi kerja guru terhadap kedisiplinan guru?, 2). adakah pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan  guru?, 3). adakah pengaruh motivasi kerja guru secara bersama-sama kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru?Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif,  Jenis penelitian korelasional atau mencari pengaruh antara variabel bebas motivasi kerja guru (X1) dan kepemimpinan kepala sekolah (X2), dengan variabel terikat: kedisiplinan guru (Y). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli  sampai Agustus 2020 di 32 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tambakromo. Jumlah populasi 204 dan sampel 150 dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Dari olah data diketahui data berdistribusi normal, homogen, linier dan tidak multikolinier. Dari uji hipotesis ditemukan: 1). terdapat hubungan variabel X1 terhadap X2 dengan persamaan Y= 36.851+0.345X1 diterima kebenarannya. Artinya setiap kenaikan satu satuan motivasi kerja akan menaikkan kedisiplinan guru sebesar 0.345 pada konstanta 36.851, kekuatan korelasi sebesar 0.670. Besarnya kontribusi variabel X1 terhadap Y sebesar 55.2%, 2). terdapat hubungan variabel X2 terhadap Y dengan persamaan  Y = 36.851+ 0.395X2. Kekuatan korelasinya sebesar 0.680 dengan kontribusi 57.8%, 3). terdapat hubungan positif antara motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru yang dinyatakan dengan persamaan  Ŷ = 36.851 +0.345X1+0.395X2. Kekuatan korelasinya sebesar 0.707. Kontribusi variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 49.9%, sedangkan 50.1% dipengaruhi oleh faktor yang lain.


Keywords


motivasi kerja, kepemimpinan , kedisiplinan, penelitian korelasi

References


Amalda, N, & Prasojo, L. D. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Tersedia di http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp. Diunduh tanggal 10 Agustus 2020 Pukul 10.25.

Amoah, S. A., & Francis, O. L. (2015). Managing School Discipline: The Students' And Teachers' Perception On Disciplinary Strategies. (British Journal of Psychology Research). Tersedia di www.eajournals.org. Diunduh tanggal 13 Agustus 2020 Pukul 10.33.

Arikunto, S. (1993). Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: P2LPTK.

Budiawati, J. (2017). Iklim, Kepuasan, Dan Motivasi Kerja Guru Di Sekolah Dasar Bpk Penabur. Tersedia di ejournal.upi.edu. Diunduh tanggal 11 Agustus 2020 Pukul 09.55.

Britt, M. (2016). Classroom Management: what does research tell us?( European Educational Research Journal) Tersedia di www.wwwords.eu. Diunduh tanggal 13 Agustus 2020 Pukul 10.54.

Djafar, H., & Nurhafizah. (2018). Pengaruh Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dan Pegawai Di Smk Muhammadiyah 3 Makassar. Tersedia di journal.uin-alaudin.ac.id. Diunduh tanggal 23 Juni 2020 Pukul 22.30.

Gusti, M. M. (2012). “Pengaruh Kedisiplinan Motivasi Kerja dan Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMKN 1 Purworejo Pascasertifikasi” Tesis. Fakultas teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Handoko, T. H. (2014). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE.

Jumriah, H. A., & Darwis, M. (2016). Disiplin Kerja Guru Dalam Melaksanakan Tugas Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Barru. Tersedia di ojs.journal.unm.ac.id. Diunduh tanggal 10 Agustus 2020 Pukul 10.10.

Khun-inkeeree, H., Masturah, A., & Kamaruddin. (2019). The Relationship of Primary School Principals’ Leadership Practice on Teachers’ Commitment. (Indian Journal of Science and Technology) Tersedia di www.researchgate.net. Diunduh tanggal 3 Juni 2020 Pukul 20.40.

Lee, H., & Mao-neng, F. L. (2015). Principal Leadership and Its Link to the Development of a School’s Teacher Culture and Teaching Effectiveness: A Case Study of an Award-Winning Teaching Team at an Elementary School.( Inter Journal of Education Polis and Leadership). Tersedia di file.eric.ed.gov. Diunduh tanggal 3 Juni 2020 Pukul 20.11.

Lemhanas. (1997). Disiplin Nasional, Jakarta : Balai Pustaka.

Liani, A., Jamhur., & Suradji, P. (2014). Kedisiplinan Guru Pada Sekolah Dasar Negeri 004 Tanjungpinang Barat. Tersedia di jurnal.umrah.ac.id. Diunduh tanggal 11 Agustus 2020 Pukul 09.30.

Sugito, A. T. (2010). Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah. Semarang :Unnes Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id