PERAN ORANG TUA PADA PROSES BELAJAR SISWA DI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19

Tri Puput Syariati, Sri Utaminingsih, Santoso Santoso

Abstract


Penelitian bertujuan: 1) Mendeskripsikan pola pembelajaran guru selama masa pandemi Covid-19, 2) Mendeskripsikan pola belajar di rumah siswa selama masa pandemi Covid-19; 3) Mendeskripsikan peran orang tua dalam mendampingi belajar di rumah siswa selama masa pandemi Covid-19;. Penelitian ini jenis field research. Responden dan subjek  dalam penelitian ini adalah siswa, orang tua, kelas I sampai dengan kelas V SDN Ngelowetan Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Instrumen berupa pedoman wawancara, dan cek lis dokumen. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.. Pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisis data dalam penelitian ini menggunakan data collection, data reduction, data dispay, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian: 1) pola pembelajaran guru menggunakan daring dengan aplikasi whatshap dan youtube, pada aplikasi whatshap guru membentuk group whatshap pada masing-masing kelas, sedangkan pada aplikasi youtube guru membuat chanel youtube yang memuat video pembelajaran 2) pola belajar siswa di rumah meliputi a) pola belajar terbimbing, b) pola belajar visual auditorial, dan c) pola belajar problem solving. pola belajar ini merupakan  cara siswa belajar memecahkan masalah-masalah dalam soal yang diberikan oleh guru untuk diselesaikan.. 3) peran orang tua dalam mendampingi belajar siswa di rumah meliputi a) peran dalam mengawasi kegiatan belajar, b) peran dalam mengawasi penggunaan waktu belajar, c) peran menolong anak dalam mengatasi kesulitan belajar.


Keywords


peran orang tua, pola belajar, pandemi Covid-19

References


Abdullah, M. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta : Penerbit Aswaja Pressindo.

Akbar, A. (2011). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Anak, [online],

Akbar, Z. (2017). Program Peningkatan Keterlibatan Orang Tua melalui Kegiatan Seni pada Anak Usia Dini. Jurnal Sarwahita, 14 (1), 53-60.

Alawiyah, D. N. (2015). Teori Belajar Robert M. Gagne. Diperoleh dari http://ditanadia12.blogspot.com/2015/05/teori-belajar-robet-m-gegne.html? m=1. Diakses tanggal 20 Agustus 2018 jam 08.30

Anitah W, Sri., dkk. (2009). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka Press.

Astuti, D. (2013). Analisis Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 4 (1), 64-71

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Duri, K., & Prihartanti, N. (2019). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Emmy, R. (2008). Menjadi Ortu Cerdas Tips Mendampingi Anak Belajar. Jakarta: Penerbit Kanisius

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education, 19, 18-26.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 tentang Standar proses Pendidikan dasar dan Menegah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 03, 102

Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Preanada Media

Prasetyo, F., & Ahmad, D. (2018). Pendampingan Orang Tua dalam Proses Belajar. Skripsi. Yogyakarta: Program Sarjana Universitas Sanata Dharma pYogyakarta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

WHO. (2020). Situasi Penyebaran Penyakit Coronavirus (COVID-19), [online],

http://almasakbar45.blogspot.com/2011/05/peran-orang-tua-dalampendampingan-anak.html, diakses tanggal 13 April 2020)

http://dx.doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019,




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id